Kajian Positioning Air Mineral AMDK Perhutani dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Air Mineral

Dwiyoga Prayogi Dachyarna, Nurhastuti Nurhastuti

Abstract


Positioning merupakan sesuatu hal yang melibatkan perubahan dari calon konsumen untuk lebih mengetahui produk dari perusahaan yang mengiklankan produknya. Dalam hal ini, positioning Air Mineral dalam Kemasan (AMDK) Perhutani menciptakan cara merubah pikiran calon konsumen untuk berpaling kepada produk yang di pasarkannya. Alasan lain penulis meneliti positioning dari Air Mineral dalam Kemasan (AMDK)  Perhutani dalam membangun merek di dunia perusahaan air mineral diantaranya yaitu pertama sebelumnya Perhutani dikenal dengan produk seperti madu biasa dan madu liar yang mempunyai kualitas baik di mata masyarakatnya. Namun dalam waktu dekat ini, pihak Perhutani mengeluarkan produk air mineral bernama “AMDK†Perhutani di mana tidak semua masyarakat mengenal produk itu sendiri. Selain itu, ternyata air mineral “AMDK†Perhutani sangat dikenal oleh masyarakat Jepang karena air tersebut berbeda dengan air mineral biasa. Kebanyakan air mineral “AMDK†Perhutani di ekspor ke Negara Jepang setiap minggunya karena masyarakat Jepang sangat berminat terhadap air “AMDK†Perhutani yang berbeda dengan air mineral biasanya. Air “AMDK†Perhutani lebih dingin dan lebih segar karena air tersebut di ambil dari mata air pegunungan yang berada di daerah Jawa Barat.

Tujuan penelitian untuk mengetahui penempatan kekuatan nama produk, mengetahui penempatan posisi perusahaan, serta untuk mengetahui memainkan penempatan posisi produk Air Mineral dalam Kemasan (AMDK) Perhutani dalam menghadapi persaingan bisnis air mineral. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif yang bertujuan untuk menjelaskan, meringkaskan berbagai kondisi, berbagai situasi yang timbul di masyarakat yang menjadi objek penelitian itu berdasarkan apa yang terjadi. Teknik pengumpulan data berupa, wawancara, observasi, dan studi kepustakaan.

Berdasarkan hasil pembahasan yang menunjukkan bahwa menempatkan kekuatan nama, penempatan posisi perusahaan, serta memainkan penempatan posisi produk air mineral dalam kemasan (AMDK) Perhutani dalam memasarkan dan memperkenalkan produk AMDK Perhutani lebih menonjolkan harga yang lebih murah dibandingkan dengan produk air lain, AMDK juga dalam segi kedinginan air lebih dingin dan lebih murni dibandingkan dengan air mineral produk lain, hal tersebut berdasarkan survey dari masyarakat Jepang yang tertarik dan menyukai AMDK yang dingin alami dibandingkan dengan air mineral lainnya.

 


Keywords


Positioning, Penempatan Kekuatan Nama, Penempatan Posisi Perusahaan, Memainkan Penempatan Posisi

References


Craven, Mark. 2002. Terjemahan Positioning dalam Strategi Pemasaran, Jakarta : PT. Salemba Emban Patria

Kahafi. 2007. Achieving Excellence Through Customer Service. Terjemahan. Jakarta : Rajawali Pers.

Rakhmat, Jalaluddin. 2007. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Ries, Al. 2002. Positioning : The Battle For Your Mind. Jakarta : PT. Salemba Emban Patria

Saladin, Djaslim. 2001. Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, Pelaksanaan dan Pengendalian. Bandung: Pustaka Bani Quraisy

Setiadi, S. M. 2003. Komunikasi Pemahaman dan Penerapannya. Jakarta : BPK Gunung Mulia.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.2874

Flag Counter   Â