Efektifitas Media Sosial dan Pemasaran Via Online

Albi Anugerah Pangestu, Udung Noor Rosyad

Abstract


Abstract. Technology is increasingly developing and can be accepted by all people both old and young. With this information technology, making someone create a communication media that can include the general public, namely social media. There are various kinds of social media, one of them, Instagram which is a place for buying and selling transactions, NAH project is one of the companies that markets its products via online through Instagram social media. With this in mind, this study aims to determine (1) the effectiveness of the NAH project online communities in increasing product sales among the Indonesia Sneakers Team Bandung community (2) the effectiveness of the NAH project interaction in increasing product sales among the Indonesia Sneakers Team Bandung community (3) effectiveness of Sharing of Content NAH project in increasing product sales among the Indonesia Sneakers Team Bandung community (4) effectiveness of NAH project accessibility in increasing product sales among the Indonesia Sneakers Team Bandung community (5) effectiveness of the NAH project credibility in increasing product sales among the Indonesia community Bandung Sneakers Team. This research is quantitative descriptive type which only parses one variable, namely (X). This descriptive research was made systematically, factually, and accurately about the facts and the nature of certain regional populations. In this study, researchers tried to describe and describe through field data. In this study, respondents selected by researchers were members of the Indonesia Sneakers Team Bandung, the population owned by community members was 80 people and the researcher used total sampling, which meant taking the entire population from community members. The results of this study proved that the online marketing activities carried out by the project were effective and considered good.

Keywords: Social Media, Online Marketing, NAH project.

Abstrak. Teknologi semakin berkembang dan dapat di terima oleh semua kalangan baik yang tua ataupun yang muda. Dengan adanya teknologi informasi tersebut, membuat seseorang menciptakan suatu media komunikasi yang dapat mencakup khalayak ramai, yaitu media sosial. Ada berbagai macam media sosial salah satunya, instagram yang menjadi tempat bertransaksi jual beli, NAH project merupakan salah satu perusahaan yang yang memasarkan produknya via online melalui media sosial instagram. Dengan adanya hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) efektifitas online communities NAH project dalam meningkatkan penjualan produk di kalangan komunitas Indonesia Sneakers Team Bandung (2) efektifitas interaction NAH project dalam meningkatkan penjualan produk di kalangan komunitas Indonesia Sneakers Team Bandung (3) efektifitas Sharing of Content NAH project dalam meningkatkan penjualan produk di kalangan komunitas Indonesia Sneakers Team Bandung (4) efektifitas Accessibility NAH project dalam meningkatkan penjualan produk di kalangan komunitas Indonesia Sneakers Team Bandung (5) efektifitas credibility NAH project dalam meningkatkan penjualan produk di kalangan komunitas Indonesia Sneakers Team Bandung. Penelitian ini berjenis kuantitatif deskriptif yang hanya mengurai satu variabel yaitu (X). Penelitian deskriptif ini di buat secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta–fakta dan sifat populasi daerah tertentu. Dalam penelitian ini, peneliti mencoba menggambarkan dan mendeskripsikan melalui data yang di peroleh. Dalam penelitian ini, responden yang dipilih peneliti adalah anggota komunitas Indonesia Sneakers Team Bandung, populasi yang dimiliki anggota komunitas sebanyak 80 orang dan peneliti menggunakan total sampling yang artinya mengambil seluruh populasi dari anggota komunitas. Hasil dari penelitian ini terbukti bahwa kegiatan pemasaran via online yang dilakukan nah project sudah efektif dan dinilai baik.

Kata Kunci: Media Sosial, Peasaran via Online, NAH project.


Keywords


Media Sosial, Peasaran via Online, NAH project.

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. 2005. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta

Ardianto, Elvinaro. Dkk. 2007. Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Kotler, Philip 2002, Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium, Jilid 2, PT Prenhallindo, Jakarta

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2016. Manajemen pemasaran. Edisi 13 Jilid 1 Jakarta: Erlangga

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

As’ad, H. Abu Rumman dan Anas Y. Alhadid. “The Impact of Social Media Marketing on Brand Equity: An Empirical Study on Mobile Service Providers in Jordanâ€. Review of Integrative Business and Economics Research. Vol. 3:1, 2014.

Rosyad, U. N. (2011). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terhadap Perluasan Pangsa Pasar. Mimbar: Jurnal Sosial dan Pembangunan, 27(2), 209-220.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.26295

Flag Counter   Â