Hubungan antara Promosi Penjualan Brand Pakaian dengan Minat Beli Calon Konsumen

Iqbal Jati Ramadhan, Indri Rachmawati

Abstract


Abstract. As it is known that every brand needs marketing as an effort to increase sales, including a clothing brand. Marketing activities or commonly known as marketing have been developing for a long time, from distribution and sales activities alone, now developing into efforts to bring producers together with consumers. This is a step to introduce products through promotional programs to consumers one step better. Discounts are a sales promotion tool that can be used by a brand company to attract potential customers to buy. Therefore, the problem in this study is formulated into "Is there a relationship between frequency, quality, quantity, time and the accuracy of promotional targets on the promo up to 50% Hammerstout Denim with buying interest from potential consumers on Instagram @ Hammerstoutdenim?" The purpose of this study was to determine the relationship between the up to 50% discount promo made by Hammerstout Denim and the buying interest of potential consumers on Instagram @hammerstoutdenim. The method used in this research is a quantitative method with a correlational research approach. The population chosen in this study were potential consumers who commented on Instagram @hammerstoutdenim in August 2020 - October 2020, and totaled 187 people who were reduced to a sample and totaled 128 people. The data collection techniques used in this study were questionnaires, observation, and literature study. The data analysis techniques used in this research are descriptive analysis techniques and inferential analysis techniques. The results of this study are the existence of a strong relationship between frequency, quality, quantity, time and the accuracy of promotion targets on the promo up to 50% Hammerstout Denim with the buying interest of potential consumers on @hammerstoutdenim instagram’s

Keywords: Sales Promotion, Brand, Instagram, Followers, Purchase Interest

Abstrak. Sebagaimana diketahui bahwa setiap brand membutuhkan Sebagaimana diketahui bahwa setiap brand membutuhkan pemasaran sebagai salah satu usaha untuk meningkatkan penjualan tak terkecuali sebuah brand pakaian. Kegiatan pemasaran atau lazim dikenal dengan istilah marketing telah lama berkembang, dari mulany kegiatan distribusi dan penjualan saja kini berkembang menjadi usaha mempertemukan produsen dengan konsumen. Hal itu merupakan langkah untuk memperkenalkan produknya melalui program promosi kepada konsumen selangkah lebih baik. Diskon adalah salah satu alat promosi penjualan yang dapat dilakukan oleh sebuah perusahaan brand untuk menarik minat beli calon konsumennya. Maka dari itu permasalahan dalam penelitian ini dirumuskan menjadi “Apakah terdapat hubungan frekuensi,kualitas,kuantitas, waktu dan ketepatan sasaran promosi  pada promo up to 50 % Hammerstout Denim dengan minat beli calon konsumen di Instagram @Hammerstoutdenim?â€. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan promo diskon up to 50%  yang dilakukan oleh Hammerstout Denim dengan minat beli calon konsumen di Instagram @hammerstoutdenim. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan penelitian berupa korelasional. Populasi yang dipilih dalam penelitian ini adalah calon konsumen yang memberikan komentar di instagram @hammerstoutdenim pada bulan agustus 2020 – Oktober 2020, dan berjumlah 187 orang yang diperkecil menjadi sampel dan berjumlah 128 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner,observasi, dan studi pustaka. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknis analisis deskriptif dan teknik analisis inferensial. Hasil dari penelitian ini adalah Adanya hubungan yang kuat antara frekuensi,kualitas,kuantitas,waktu dan ketepatan sasaran promosi pada promo up to 50% Hammerstout Denim dengan minat beli calon konsumen di instagram @hammerstoutdenim.

Kata kunci: Promosi Penjualan, Brand , Instagram , Calon Konsumen, Minat Beli.


Keywords


Promosi Penjualan, Brand , Instagram , Calon Konsumen, Minat Beli.

Full Text:

PDF

References


Abdul Aziz ,Asymar Syaid .2016. Pengaruh Harga, Promosi Penjualan, dan Proses (Pelayananan)Terhadap Kepuasan Konsumen Di Kedai EYCKMAN.diakses2Jan2017,http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/14389

Agus, Hermawan. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip and Keller, Kevin Lane .2013. Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Edisi 13, Erlangga.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Management. 15e Global edition. Pearson

Kotler, Philip and Gary Amstrong. 2012. Prinsip –prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Onong, Uchjana Effendy. 2003. Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi Cet. III, Bandung: Citra Aditya Bakti.

Rakhmat Jalaludin & Subandi. 2017. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung:

PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantatif, Kualitatif,

R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprapto Tomy. 2009. Pengantar Teori Dan Manajemen Komunikasi. Jakarta: PT.Buku Kita.

Website Resmi Hammerstout Denim hammerstoutdenim.com




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.25867

Flag Counter   Â