Komunikasi Antarpribadi dalam Pemasaran Produk Ssewn untuk Mempertahankan Loyalitas Pelanggan

Shafira Siti Hafshah, Dede Lilis Chaerowati

Abstract


Abstract. Ssewn was founded in June 2016, derived from the word "sewn". This product is made and manufactured with great attention to the impact on the environment, with a variety of products produced to reduce plastic waste on earth. In the sale, Ssewn approached interpersonal communication, in order to maintain customer loyalty. Based on this phenomenon, the purpose in this research is: to find out the interpersonal communication strategies carried out in marketing; to know the relationships that are built through interpersonal communication in product marketing; to find out the reason interpersonal communication is carried out in product marketing; and to find out the obstacles faced in product marketing, which is to maintain customer loyalty. Researcher using qualitative method, case study approach. Data collection techniques by interviewing, observing, documenting, and studying literature. Determination of informants by purposive sampling: 2 owners and 5 consumers. Data analysis techniques with data reduction, data presentation, and verification. And its validity is tested by source triangulation and method triangulation. The results of this study the strategy of using interpersonal communication and building relationships through consideration of rewards, costs, results, and the level of comparison can produce customer loyalty attitudes that include customer trust, customer commitment to be loyal to Ssewn (emotion commitment), positive consumer responses (switching cost), customer publicity attitude (word of mouth), and customer cooperation attitude with Ssewn in sales (cooperation).

Keywords: Interpersonal communication, marketing, social exchange, customer loyalty.


Abstrak. Ssewn didirikan pada bulan Juni 2016, berasal dari kata “sewn†yang berarti dijahit. Produk ini dibuat dan diproduksi dengan sangat memperhatikan dampak terhadap lingkungan, dengan berbagai produknya yang diproduksi untuk mengurangi sampah plastic di bumi. Dalam penjualannya, Ssewn melakukan pendekatan komunikasi antarpribadi, demi mempertahankan loyalitas pelanggannya. Berdasarkan fenomena tersebut, maka tujuan penelitian ini yaitu: untuk mengetahui strategi komunikasi antarpribadi yang dilakukan dalam pemasaran; untuk mengetahui hubungan yang dibangun melalui komunikasi antarpribadi dalam pemasaran produk; untuk mengetahui alasan komunikasi antarpribadi dilakukan dalam pemasaran produk; dan untuk mengetahui hambatan yang dihadapi dalam pemasaran produk, demi mempertahankan loyalitas pelanggan. Metode penelitian ini adalah kualitatif, pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Penentuan informan dengan purposive sampling: 2 pemilik dan 5 konsumen. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, serta verifikasi. Dan diuji keabsahannya dengan triangulasi sumber serta triangulasi metode. Hasil dari penelitian ini adalahHasil dari penelitian ini strategi penggunaan komunikasi antarpribadi dan membangun hubungan melalui pertimbangan ganjaran, biaya, hasil, dan tingkat perbandingan mampu menghasilkan sikap loyalitas pelanggan yang meliputi kepercayaan pelanggan (trust), komitmen pelanggan untuk setia pada Ssewn (emotion commitment), tanggapan konsumen yang positif (switching cost), sikap publisitas pelanggan (word of mouth), dan sikap kerja sama pelanggan dengan Ssewn dalam penjualan (cooperation).

Kata Kunci: Komunikasi antarpribadi, pemasaran, pertukaran sosial, loyalitas pelanggan.


Keywords


Komunikasi antarpribadi, pemasaran, pertukaran sosial, loyalitas pelanggan.

Full Text:

PDF

References


Afriyadi, F. 2015. Efektivitas Komunikasi Interpersonal antara Atasan dan Bawahan Karyawan PT. Borneo Enterprsindo Samarinda. Jurnal Ilmu Komunikasi 3(1), 362-376.

Budyatna, M. 2015. Teori-teori mengenai Komunikasi

Antarpribadi: Edisi Pertama. Jakarta: Kencana.

Firmansyah, A. 2018. Perilaku Konsumen, Sikap, dan Pemasaran. Yogkakarta: DeePublish.

Firmansyah, A. 2019. Pemasaran: Dasar dan Konsep. Pasuruan: CV. Penerbit Qiara Media.

Fitrah, & Luthfiyah. 2017. Metodologi Penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Sukabumi: CV. Jejak.

Fitriah, M. 2018. Komunikasi Pemasaran melalui Desan Visual.

Yogyakarta: DeePublish.

Iriantara, Y. 2014. Komunikasi Antar Pribadi. Banten: Universitas Terbuka.

Liliweri, A. 2017. Komunikasi Antar Personal. Jakarta: Prenada

Media.

Mardialis, A. 2006. Meraih Loyalitas Pelanggan. Jurnal Manajemen Bisnis 9(2), 111-119.

Nurwidayat, A. 2015. Analisis Pengaruh Pelayanan dan Keragaman Barang terhadap Loyalitas Konsumen. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rakhmat, J. 2013. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja

Rosda Karya.

Triwardhani, I. J., & Chaerowati, D. L. 2019. Interpersonal Communication among Parents and Children in Fisherman Village in Cirebon Indonesia. Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication 35(2), 277-292.

West, R., & Turner, L. H. 2008. Pengantar Teori Komunikasi: Analisis dan Aplikasi. Jakarta: Salemba Humanika.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.23386

Flag Counter   Â