Hubungan Iklan 3.3 Shopee Fashion Sale dengan Perilaku Konsumtif Pengguna YouTube

Tiara Putri Rantika, O Hasbiansyah

Abstract


Abstract. The advertising world that at this time most companies use the YouTube platform to promote their products / services. One company that utilizes the YouTube platform to promote its products is Shopee, with the theme of advertising 3.3 Shopee Fashion Sale period 3 February - 3 March 2020. The use of this advertisement can influence the audience in consumptive behavior especially after seeing this Shopee ad through YouTube. This study aims to determine whether there is a relationship between advertising Shopee Fashion Sale via YouTube for consumptive behavior. This research method uses quantitative methods with correlation studies. The population of this research is millennial generation who like advertising 36 Shopee Fashion Sale through YouTube as many as 369 people, with sampling using the Slovin 10% formula of at least 79 respondents. Data collection methods in this study used a questionnaire. The data analysis technique used in this study uses statistical analysis presented in tabular and descriptive form. The result showed that there was a significant relationshop between 3.3 Shopee Fashion Sale ads and the Consumptive Behavior of YouTube Users.

Keywords: Advertising, Shopee, YouTube, Consumptive Behavior.

 

Abstrak. Dunia periklanan yang pada saat ini kebanyakan perusahaan menggunakan platform YouTube untuk mempromosikan produk/jasanya. Salah satu perusahaan yang memanfaatkan platform YouTube untuk mempromosikan produknya adalah Shopee, dengan tema iklan 3.3 Shopee Fashion Sale periode 3 Februari – 3 Maret 2020. Penggunaan iklan ini dapat mempengaruhi khalayak dalam berperilaku konsumtif khususnya setelah melihat iklan Shopee ini melalui YouTube. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara iklan 3.3 Shopee Fashion Sale melalui YouTube terhdap perilaku konsumtif. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan studi korelasi. Populasi penelitian ini adalah generasi milenial yang menyukai iklan 3.3 Shopee Fashion Sale melalui YouTube sebanyak 369 orang, dengan pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin 10% minimal 79 responden. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan analisis statistik yang disajikan dalam bentuk tabel dan penjabaran deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara iklan 3.3 Shopee Fashion Sale dengan Perilaku Konsumtif Pengguna YouTube.

Kata Kunci: Iklan, Shopee,YouTube, Perilaku Konsumtif.


Keywords


Iklan, Shopee,YouTube, Perilaku Konsumtif.

Full Text:

PDF

References


Ammarie, R. H., & Nurfebiaraning, S. (2019). PENGARUH IKLAN POP-UP BUKALAPAK VERSI PAHLAWAN PADA YOUTUBE TERHADAP SIKAP KHALAYAK. Jurnal Manajemen Komunikasi. https://doi.org/10.24198/jmk.v2i2.12871

Fauziah, N. F. P. B. W. N. (2013). HUBUNGAN ANTARA KONFORMITAS DENGAN PERILAKU KONSUMTIF PADA MAHASISWA DI GENUK INDAH SEMARANG. Jurnal Psikologi Undip. https://doi.org/10.14710/jpu.12.1.1-14

Kusuma, D. F., & Sugandi, M. S. (2019). Strategi Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Digital Yang Dilakukan Oleh Dino Donuts. Jurnal Manajemen Komunikasi, 3(1), 18. https://doi.org/10.24198/jmk.v3i1.12963

Liliweri, A. (2010). Strategi Komunikasi Masyarakat. LKiS Yogyakarta.

Muttaqin, Z. (2012). Facebook Marketing Dalam Komunikasi Pemasaran Modern. Teknologi, 1(2), 103–109. https://doi.org/10.26594/teknologi.v1i2.63




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.22897

Flag Counter   Â