Pengaruh Product Placement Iklan Samsung Galaxy Note 10 terhadap Minat Beli
Abstract
Keywords: Product Placement, Samsung Galaxy Note 10, Purchase Interest.
Abstrak. Product placement adalah cara yang digunakan untuk meningkatkan kegiatan promosi sebuah produk atau jasa dengan menampilkan sesuatu produk dengan kesan bahwa keberadaan produk tersebut seolah-olah menjadi bagian dari cerita film. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh product placement iklan Samsung Galaxy Note 10 dalam Drama Korea Dr. Romantic Kim Season 2 terhadap minta beli Mahasiswa Fakultas Kedokteran UNISBA 2017. Teori yang digunakan untuk mendukung penelitian ini antara lain, teori product placement dan teori minat beli. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif regresi berganda. Populasi pada penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Kedokteran UNISBA 2017 yang pernah menonton Drama Dr. Romantic Kim Season 2 dengan jumlah 182 orang. Sampel menggunakan rumus Solvin diperoleh 65 orang responden. Uji prasyarat analisis dengan uji asumsi klasik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya pengaruh product placement iklan Samsung Galaxy Note 10 terhadap minat beli.
Kata kunci: Product Placement, Samsung Galaxy Note 10, Minat Beli.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Avery, R. J., dan Ferraro, R. (2000). “Verisimilitude or Advertising? Brand Appearances on Prime-Time Televisionâ€, dalam The Journal of Consumer Affairs.Vol. 34 No. 2. (hlm. 217-244).
Balasubramanian, S.K., Karrh, J.A., dan Patwardhan, H. (2006). “Audience Response to Product Placements – An Integrative Framework and Future Research Agendaâ€, dalam Journal of Advertising. Vol. 25, No. 3. (hlm. 115-141).
Ghozali, Imam. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS Edisi Ke-4. Semarang:Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Kristanto, Harris dan Ritzky Karina M.R. Brahmana. (2016). “Pengaruh Product Placement pada Film Indonesia terhadap Brand Awareness dan Purchase Intention Masyarakat Surbayaâ€, dalam Jurnal Manajemen Pemasaran. Vol. 10 No. 1. (hlm. 21).
Schiffman, Leon G & Kanuk, Leslie Lazar. (2008). Perilaku Konsumen. Edisi ke 7. Jakarta: PT Indeks.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.22854
  Â