Hubungan Kegiatan Promosi Brand Ambassador dengan Minat Siswa Menggunakan Aplikasi Ruangguru

Mustika Aulia Lukman, Rini Rinawati

Abstract


Abstract. In this increasingly fierce business competition, companies are required to be more creative and use appropriate promotional activities, so using brand ambassadors as activities to promote Ruangguru applications is highly
recommended to attract the attention of the audience to use Ruangguru application products. Ruangguru as the largest technology-based education service provider in Indonesia using brand ambassadors as a form of promotional activities, Iqbaal Ramadhan was chosen to be Ruangguru's brand ambassador as a young figure who was considered successful as an actor and very concerned with education. Interest in using is a form of consumer desire to use or reuse a particular object and is an interest in the company. The method used is a correlational method using data collection techniques such as questionnaires that are supported by observations and interviews that are tested for validity and reliability. The sample of this study was 53 students of SMPN 2 Bandung using a simple random sampling technique. Based on the hypothesis and sub-hypothesis data, namely X and Y, which are used from all aspects (transference, congruence, credibility, attractiveness, and power) contained in the brand ambassador show results in the form of correlation strength in the medium category and by source credibility. So it is clear that Iqbaal Ramadhan's promotional activities as brand ambassadors have a relationship with
the interests of students of SMPN 2 Bandung to use the Ruangguru application.

Keywords: Brand Ambassador, Interest in Using, Ruangguru application.

 

Abstrak. Di dalam kondisi persaingan usaha yang semakin ketat ini, perusahaan dituntut harus lebih kreatif dan menggunakan kegiatan promosi yang tepat, sehingga menggunakan brand ambassador sebagai kegiatan untuk mempromosikan aplikasi Ruangguru sangat dianjurkan demi menarik perhatian khalayak untuk menggunakan produk aplikasi Ruangguru. Ruangguru sebagai penyedia layanan pendidikan berbasis teknologi terbesar di Indonesia menggunakan brand ambassador sebagai bentuk kegiatan promosi, Iqbaal Ramadhan terpilih menjadi brand ambassador Ruangguru sebagaimana sosok muda yang dinilai sukses sebagai aktor dan sangat peduli dengan pendidikan. Minat menggunakan merupakan bentuk keinginan konsumen untuk menggunakan atau menggunakan kembali suatu objek tertentu, dan merupakan suatu kepentingan bagi perusahaan. Metode yang digunakan adalah metode korelasional dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa kuesioner yang ditunjang oleh observasi dan wawancara yang teruji validitas dan reliabilitasnya. Sampel dari penelitian ini adalah siswa SMPN 2 Bandung sebanyak 53 orang dengan menggunakan teknik simple random sampling. Berdasarkan data hipotesis dan subhipotesis yaitu X dan Y yang digunakan dari semua aspek (transference, congruence, credibility, attractiveness dan power) yang terdapat pada brand ambassador menunjukkan hasil berupa kekuatan korelasi dalam kategori sedang dan sesuai dengan source credibility. Sehingga jelas bahwa kegiatan promosi Iqbaal Ramadhan sebagai brand ambassador memiliki hubungan dengan minat siswa SMPN 2 Bandung untuk menggunakan aplikasi Ruangguru.

Kata Kunci: Brand Ambassador, Minat Menggunakan, Aplikasi Ruangguru.

Keywords


Brand Ambassador, Interest in Using, Ruangguru application

Full Text:

PDF

References


Gaynor Lea-Greenwood. (2012). Fashion Marketing Communication. John Wiley&Sons, Ltd.

IPWIJA, D. S. (n.d.). BELAJAR MANAJEMEN DIMULAI DARI SINI. Ahlimedia Book.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen pemasaran Jilid 1. In Jakarta.

Riley, M. W., Hovland, C. I., Janis, I. L., & Kelley, H. H. (1954). Communication and Persuasion: Psychological Studies of Opinion Change. In American Sociological Review.

Rosyad, U. N. (2011). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terhadap Perluasan Pangsa Pasar. Mimbar: Jurnal Sosial Dan Pembangunan, 27(2), 213–224.

Walgito, B. (2004). Pengantar psikologi umum. Andi.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.22793

Flag Counter   Â