Strategi Kreator dalam Membuat Konten Instagram

Dinda Fazadina, Indri Rachmawati

Abstract


Abstract: Brocode Barbershop is the only barbershop in the city of Bandung that has neatly arranged and appealing Instagram Content. By utilizing Instagram as a medium to convey information, Brocode conducts marketing activities through contents designed by a creator from the Brocode side. The aim of this study is to find out the reasons for using Instagram as a medium to convey information, to find out the process of creating content on Brocode’s Instagram and to find out the creator’s strategy in visualizing messages on Brocode’s Instagram account. Researcher used qualitative research methods with a case study approach, which is aimed to dig information in more depth, especially in making Instagram content. Data collection techniques used in this research are interviews, observation, documentation and literature study. The research subjects or key informants in this research are Brocode's internal parties, namely the CEO and COO, whereas for the supporting informants are experts related to content creation, consumers who have visited Brocode Barbershop and active followers of the Brocode Instagram account. The results of this study show the reasons for using Instagram content, including market needs, effective media and also as a means of branding. The process of making the content begins with the process of planning, uploading, and finally the evaluation process. Creator's strategy in visualizing the message is in the form of information content, marketing content, and entertainment content.

Keyword: Marketing Communication, Content, Instagram


Abstrak: Brocode Barbershop adalah satu-satunya barbershop di kota Bandung yang mempunyai konten Instagram yang tertata dengan rapih dan menarik. Dengan memanfaatkan media Instagram sebagai media menyampaikan informasi, Brocode melakukan kegiatan pemasarannya melalui konten-konten yang dirancang oleh seorang kreator dari pihak Brocode. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui alasan menggunakan konten Instagram sebagai media dalam menyampaikan informasi, untuk mengetahui proses pembuatan konten pada Instagram Brocode dan untuk mengetahui strategi kreator dalam memvisualisasikan pesan pada akun Instagram Brocode. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, yaitu ingin menggali informasi secara mendalam khususnya dalam pembuatan konten Instagram. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan studi kepustakaan. Subjek penelitian atau key informant dalam penelitian ini ialah pihak internal Brocode yaitu CMO dan COO, sedangkan untuk narasumber pendukung ialah seorang ahli yang berkaitan dengan pembuatan konten, konsumen yang sudah pernah mengunjungi Brocode Barbershop dan followers aktif akun Instagram Brocode. Hasil dari penelitian ini menunjukkan alasan penggunaan konten Instagram diantaranya kebutuhan pasar, media yang efektif dan juga sebagai sarana branding. Dalam proses pembuatan kontennya dimulai dengan tahapa proses perencanaan, uploading, dan terakhir proses evaluasi. Strategi kreator dalam memvisualisasikan pesannya berupa konten informasi, konten pemasaran, dan konten hiburan.

Kata Kunci: Komunikasi Pemasaran, Konten, Instagram.



Keywords


Komunikasi Pemasaran, Konten, Instagram

Full Text:

PDF

References


Diamond, Stephanie. 2015. The Visual Marketing Revolution. Cetakan ke-1. Dvi Shifa Intika Sari. Jakarta: PT Serambi Ilmu Semesta.

Fandi, Ranny dan Tim Stiletto Book. 2019. How to Win Instagram. E-book. Yogyakarta: Stiletto Book.

Lubis, Eva Riyanty. 2018. Panduan Cepat dan Mudah Belajar Internet Marketing. E-book. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.

Morissan. 2010. Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Edisi Pertama E-Book. Jakarta: Prenadamedia Group.

Silalahi, Tomson Sabungan dkk. 2019. Pemuda Milenial. E-Book. Sukabumi: Jejak.

Ratnasari, Anne dkk. 2017. Promosi Penjualan Produk Melalui Instagram. Jurnal Komunikasi. 2(2): 101-103.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.22281

Flag Counter   Â