manajemen event pameran pernikahan tradisional lintas warna

fernando is suhendra, Ike Juanita Tri Wardhani

Abstract


Event merupakan salah satu instrumen komunikasi yang banyak dimanfaatkan oleh perusahaan untuk memperkenalkan diri kepada khalayaknya. Pameran Pernikahan Tradisional 2015 yang diadakan di bale asri PUSDAI Bandung pada tanggal 16-18 Januari 2015 merupakan salah satu pameran pernikahan tradisional terbesar se-Jawa Barat pada awal tahun ini yang diadakan oleh Lintaswarna Event Organizer. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mengetahui Perencanaan Event Pameran Pernikahan Tradisional Lintaswarna. 2) Mengetahui Pengorganisasian Event Pameran Pernikahan Tradisional Lintaswarna . 3) Mengetahui Pengarahan Event Pameran Pernikahan Tradisional Lintaswarna. 4) Mengetahui Pengawasan Event Pameran Pernikahan Tradisional Lintaswarna.Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Secara harfiyah, metode deskriptif adalah metode penelitian untuk membuat gambaran mengenai situasi atau kejadian, sehingga metode ini berkehendak mengadakan akumulasi data dasar belakaHasil penelitian ; penetapan tujuan dimana lintas warna ingin mengumpulkan semua perancang busana tradisional dan memperkenalkan cara baru bagaimana menjual produk mereka dalam event ini, dan penetapan sumber daya manusia. Lintaswarna menggunakan manajer event, staff marketing, staff logistik, dan staff acara. Dalam penetapan biaya, lintaswarna menggunakan 60% biaya pribadi untuk pengelolaan event. Untuk pengorganisasian, lintaswarna menjadwal semua proses event dari perencanaan hingga pelaksanaan event tersebut. Dalam pengarahan event, manajer event mengarahkan semua staff agar bisa memaksimalkan kinerjanya dan mempersiapkan kemungkinan yang terjadi pada saat acara event berlangsung. Untuk Pengawasan lintaswarna memasrahkan kepada tiap – tiap supervisor staff untuk mengawasi kinerja tiap – tiap staff masing – masing untuk keleluasaan waktu

Keywords


manajemen, event, tradisional, pameran, lintaswarna

References


Effendy, Omong Uchjana .1999 ,Hubungan Masyarakat Komunikologis , Bandung

Handoko, Hani T. 2003. Manajemen.Yogyakarta. Penerbit: BPFE

Manullang M., & Manullang M. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia. (edisi-1), Yogyakarta : BPFE-Yogyakarta.

Robbins, Stephen P., (2001). Organizational Behavior, 9th Ed. Upper Saddle River New Jersey 07458 : Prentice Hall International.

Ruslan, Rosady. 1999. Manajemen Humas dan Manajemen Komunikasi.Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Ruslan, Rosady.2006.Manajemen Public relations dan Media Komunikasi, Konsepsi dan Aplikasi.Jakarta.Raja Grafindo Persada

Stoner, James A.F. 2006.Manajemen Jilid I. Edisi Keenam. Jakarta : Salemba Empat.

Wiryanto. 2005. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Gramedia Wiasarana Indonesia




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.2159

Flag Counter   Â