Pengaruh Toko Offline terhadap Kepercayaan Pembeli Online di Media Sosial Instagram

Muhammad Wildan Al Watsiq, Zulfebriges Zulfebriges

Abstract


Abstract. The development of the digital world which is very fast and increasingly modern pushes various kinds of system changes, both directly and indirectly, for example the trading system, how to trade and the marketing system. The increasing development of the internet has resulted in changes that affect life, where many people are turning to shop offline but also online. Instagram is a very popular social media, and is widely used by online shops. Components that must be considered in making shopping decisions over the internet are trust (trust), because trust is an important factor that is the basis for the application of business activities that use internet media including making transactions through online stores. Amang Amenk Gallery is one of the stores that provide a variety of Sundanese accessories (delay), to support its promotional activities, Amenk Gallery promotes its products with online stores, through social media Instagram @amenkgallery and also presents offline stores, with the presence of offline and online stores, Amang Amenk Gallery hopes to get the ease and trust of to potential buyers.

The purpose of this study is to find out how the influence of offline stores consisting of exterior, general interior, store layout and interior display on the trust of online buyers on Instagram account @amenkgallery on Instagram.

Data collection techniques in this study, carried out using a questionnaire or questionnaire, while the method used in this study was to use descriptive and verification methods. The population in this study are followers who have made online purchases on the Instagram account @amenkgallery and come directly to the Amank Ameng Gallery store, based on accidental sampling technique using the formula unknown population, as many as 100 followers gained as respondents.

Based on the results of research based on the results of data processing with multiple linear regression analysis, the results obtained that simultaneously offline stores through the exterior, general interior, store layout and interior display have a significant effect on online buyer confidence with the amount of contribution of 63.2%, while based on the results partially, interior displays do not have a significant effect on online buyer confidence.

Keywords : Offline Store, Store Atmosphere, Trust and Instagram.


 

Abstrak. Perkembangan dunia digital yang sangat pesat dan semakin modern mendorong berbagai macam perubahan sistem, baik secara langsung maupun tidak langsung, contohnya sistem perdagangan, cara bertransaksi dan sistem pemasaran. Meningkatnya perkembangan internet mengakibatkan terjadinya perubahan-perubahan yang mempengaruhi kehidupan, dimana banyak masyarakat yang beralih melakukan berbelanja toko offline namun juga toko online. Instagram merupakan salah satu media sosial yang sangat populer, dan banyak digunakan oleh online shop. Komponen yang harus diperhatikan dalam melakukan keputusan belanja melalui internet adalah kepercayaan (trust), karena trust adalah faktor penting yang merupakan dasar bagi aplikasi kegiatan bisnis yang menggunakan  media internet termasuk melakukan transaksi melalui online store.Amang amenk gallery merupakan salah satu toko yang menyediakan berbagai macam aksesoris orang sunda (kesundaan), untuk menunjang kegiatan promosinya, amenk gallery mempromosikan produk-produknya dengan toko online, melalui media sosial instagram @amenkgallery dan juga menghadirkan toko offline, dengan hadirnya toko offline dan online, amang amenk gallery berharap mendapatkan kemudahan dan kepercayaan dari pada calon pembeli

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh toko offline yang terdiri dari exterior, general interior, store layout  dan interior display  terhadap kepercayaan pembeli online akun instagram @amenkgallery di instagram.

Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, dilakukan dengan menggunakan  kuisioner atau angket, sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptif dan verifikatif. Populasi dalam penelitian ini adalah para followers yang pernah melakukan pembelian online pada akun instagram @amenkgallery dan datang langsung ke toko amank ameng gallery, berdasarkan teknik sampling accidental sampling  dengan rumus unknown populations, maka diperoleh sebanyak 100 orang followers sebagai responden.

Berdasarkan hasil penelitian yang didasarkan pada hasil pengolahan data dengan analisis regresi linier berganda, diperoleh hasil bahwa secara simultan toko offline melalui exterior, general interior, store layout dan interior display memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepercayaan pembeli online  dengan besaran konstribusinya yaitu sebesar 63.2%, sedangkan berdasarkan hasil secara parsial, interior display tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepercayaan pembeli online.

Kata Kunci: Toko Offline, Store Atmosphere, Kepercayaan dan Instagram



Keywords


Toko Offline, Store Atmosphere, Kepercayaan, Instagram

Full Text:

PDF

References


Arikunto,Suharsimi.2002. Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Propos al. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Berman, dan Evan, 2007. Manajemen Ritel. Penerbit Erlangga, Jakarta

Kotler, Philip. 2010. Manajemen Pemasaran. Edisi tiga belas Bahasa Indonesia.Jilid 1 dan 2.Jakarta : Erlangga.

Littlejohn, Stephen W & Karen A. Foss.2009. Teori Komunikasi, edisi 9. Jakarta: Salemba Humanika

Sudjana. 2002. Metode Statistika. Edisi keenam. Bandung : Tarsito

Sugiyono, 2009, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta

________.2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

________.2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

________.2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta

________.2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitataif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta

Yilmaz, A. dan Atalay, C. 2009. A theoretical analyze on the concept if trust in organizational life. European Journal of Social Sciences. 8:2, 341-352




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.20461

Flag Counter   Â