Hubungan Kualitas Pelayanan Vapehitz Vape Store terhadap Loyalitas Pelanggan

Hendi Darmawan, UN Rosyad

Abstract


Abstract. Customer loyalty certainly illustrates the customer satisfaction with a company. To attract customers, good service quality is needed so that it can lead to satisfaction from consumers, which of course will generate customer loyalty. This resulted in very tight competition among retail companies because each company strives to be at the forefront of meeting the needs of its customers. One action to satisfy consumers is by providing services to consumers as well as possible. This study aims to find out how the relationship between Vapehitz Vape Store service quality and customer loyalty. The theory used by this study is Parasuraman's theory of service quality. The research method used in this study is descriptive and correlational methods. The data analysis method used is quantitative analysis, namely through multiple regression analysis and processed using SPSS 24. Software The overall results of this study that the service quality of Vapehitz Vape Store has a relationship with loyalty from its customers.

Keywords: Service Quality, Vapehitz, Vape Store, and Customer Loyalty

Abstrak. Loyalitas pelanggan tentunya menggambarkan kepuasan yang dirasakan pelanggan terhadap sebuah perusahaan. Untuk menarik pelanggan diperlukan kualitas pelayanan yang baik sehingga dapat menimbulkan kepuasan dari konsumen yang tentunya akan menghasilkan loyalitas konsumen tersebut. Hal ini mengakibatkan persaingan antar perusahaan retail menjadi sangat ketat karena setiap perusahaan berusaha untuk menjadi yang terdepan dalam memenuhi kebutuhan konsumennya. Salah satu tindakan untuk memuaskan konsumen adalah dengan cara memberikan pelayanan kepada konsumen dengan sebaik-baiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara kualitas pelayanan Vapehitz Vape Store dengan loyalitas pelanggan. Teori yang digunakan oleh penelitian ini adalah teori Solomon tentang kualitas pelayanan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dan korelasional. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif yaitu melalui analisis regresi berganda dan diproses dengan menggunakan software SPSS 24. Hasil keseluruhan dari penelitian ini bahwa kualitas pelayananan Vapehitz Vape Store memiliki hubungan dengan loyalitas dari para pelanggannya.

Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Vapehitz, Vape Store, dan Loyalitas Pelanggan


Keywords


Kualitas Pelayanan, Vapehitz, Vape Store, dan Loyalitas Pelanggan

Full Text:

PDF

References


A. Parasuraman, V. A. 2011. A Conceptual Model of Service Quality and Its Implication forr Future Reaserch. Service Quality, 2015-220.

Azwar, Saifuddin. 2010. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Giddens, Nancy. 2002. Brand Loyalty. European Journal of Marketing. Vol 15

Husein, Umar. 2011. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis Edisi 11. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Solomon, Michael R. 2012. Consumer Behavior: Ninth Edition. New Jersey: Pearson Education

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. 2011. Pemasaran Jasa. Yogyakarta: C.V Andi Offset

Tjiptono, Fandy. 2012. Pemasaran Jasa. Yogyakarta: C.V Andi Offset

Zeithmal, B. P. (2015). Dimensi Kualitas Jasa (SERVQUAL). Dalam F. E. Danang Sunyoto, Manajemen Pemasaran Jasa (hal. 288-289). Yogyakarta: Caps.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.16775

Flag Counter   Â