Komunikasi Antar Kelompok di Dalam Game Dota 2

Irvan Kurnia, Anne Maryani

Abstract


Abstract. One of the biggest groups of Online Games in Indonesia for research by authors in forming their groups is the RRQ division Dota 2. In the professional ways, forming a team is the basis for the dynamics of the group. If during the forming of the group is good, in the future the group will grow strongly. This research aims to discover and analyze: (1) How are the stages of forming RRQ Dota 2 team; (2) How are the stages of development of the RRQ Dota 2 team group; (3) Why are there frequent changes in group members in the RRQ Dota 2 team. The method used in this study is a qualitative method with a case study approach through open and in-depth interview, observation, literature, and documents relevant to research. This research was conducted on the RRQ Dota 2 team which is one of the largest Online Game teams in Indonesia. The research subjects consisted of four informants such as Yusuf Kurniawan and Wilbert Marco as key informants and two as supporting informants. The concepts and supporting theories in this study include Group Forming Theory, Model Forming and Group Effectiveness Factors. Based on the results of the research, it was found how group dynamics carried out by the RRQ Dota 2 team included: (1) Formation of the RRQ Dota 2 group based on the game player's rating in the game (2) Group develompent through various stages from the initial meeting to the evaluation of the team (3) Factors not achieving the target so that the player is excluded from the team.

Keywords: Group Communication, Dota 2, RRQ, Group Dynamic

Abstrak. Salah satu kelompok Game Online yang terkenal di Indonesia untuk diteliti penulis dalam pembentukan kelompoknya adalah tim RRQ divisi Dota 2. Di dalam dunia profesional, pembentukan kelompok menjadi dasar atas dinamika kelompok tersebut. Jika dalam masa pembentukan kelompok tersebut baik, maka kedepannya kelompok itu akan tumbuh dengan kuat. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan menganalisis: (1) Tahap-tahap pembentukan tim RRQ Dota 2; (2) Tahap-tahap perkembangan kelompok tim RRQ Dota 2; (3) kerap terjadinya pergantian anggota kelompok di tim RRQ Dota 2. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus melalui teknik wawancara terbuka dan mendalam, observasi, studi pustaka, dan dokumen yang relevan dengan penelitian. Penelitian ini dilakukan kepada tim RRQ Dota 2 yang merupakan salah satu tim Game Online terbesar di Indonesia. Subjek penelitian terdiri dari empat informan yakni Yusuf Kurniawan dan Wilbert Marco sebagai informan kunci dan dua orang sebagai informan pendukung. Konsep dan teori pendukung dalam penelitian ini diantaranya Teori Pembentukan Kelompok, Model Pembentukan kelompok dan Faktor Keefektifan Kelompok. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan dinamika kelompok yang dilakukan oleh tim RRQ Dota 2 diantaranya: (1) Pembentukan kelompok RRQ Dota 2 berdasarkan rating pemain permainan tersebut di dalam game (2) Perkembangan kelompok melalui berbagai macam tahap dari awal mula bertemu hingga evaluasi tim (3) Faktor tidak tercapainya target sehingga pemain tersebut dikeluarkan dari tim.

Kata Kunci: Komunikasi Kelompok, Dota 2, RRQ, Dinamika Kelompok


Keywords


Komunikasi Kelompok, Dota 2, RRQ, Dinamika Kelompok

Full Text:

PDF

References


Arifin, Bambang Syamsul. 2015. Dinamika Kelompok, Bandung: Pustaka Setia.

John, Stephen W. Little. 2009. Teori Komunikasi. Jakarta: Salemba Humanika.

Johnson, David W. 2016. Dinamika Kelompok: Teori Dan Keterampilan. Jakarta: Indeks.

Mulyana, Dedy. 2005. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Robins, Stephen P. 2000. Perilaku Kelompok, Edisi 16. Jakarta: Salemba Empat.

Uchjana, Onong. 2008 Dinamika Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Uchjana, Onong. 2015. Ilmu Komunikasi: Teori Dan Praktek. Bandung: Rosda.

Widjaja, A. W. 2000. Ilmu Komunikasi Pengantar Studi. Bandung: Penerbit Rineka Cipta.




Flag Counter