Pemanfaatan Instagram sebagai Media Komunikasi Masyarakat Kota Cimahi dalam Berbagi Infnormasi Melalui Akun @Info_Cimahi

Tresna Dewi Apriyanti, Zulfebriges Zulfebriges

Abstract


Abstract. Research context that the researcher will discuss is regarding the use of Instagram by the @info_cimahi account manager. Currently, there are many accounts that use Instagram as a business media, propaganda, entertainment, and a community. Not even a few are found accounts that are in the name of a particular city. This then became an interesting phenomenon in Indonesia, considering that Indonesia consists of many cities to hundreds of districts or cities. The objectives of this study are (1) to find out the reasons for choosing Instagram as a medium of communication and sharing local information in Cimahi City society, (2) to find out the communication process of @info_cimahi account manager with followers in sharing information (3) to find out the communication process in maintaining a cooperative relationship between @info_cimahi Instagram account manager and advertiser, (4) to find out the utilization of Instagram social media by the @info_cimahi account manager. Research methodology is used qualitative and a case study approach. The technique for data collecting is by conducting interviews with the founder of the account @info_cimahi, observing it by observing similar social media, and documentation in the form of Instagram quotes. The results of the research conducted, the reason for choosing Instagram by the manager of @info_cimahi account is because there are many Instagram users in Indonesia, there are many features that can be used as an effective means of communication, and requests from advertisers. The strategy that is carried out for communication process between managers and followers runs effectively, such as creating an attractive profile, making interesting and correct content, and making interesting captions. The strategy that is carried out for the communication process between account managers and advertisers runs effectively is by conducting sales promotions, filtering and making a one-door communication channel. The @info_cimahi account manager has been able to take advantage of all the features on Instagram, but their usage is not entirely optimal.

Keywords: Social media, Instagram, Info Cimahi



Abstrak. Konteks penelitian yang dibahas adalah pemanfaatan Instagram yang dilakukan oleh pengelola akun @info_cimahi. Saat ini banyak di temui akun-akun yang memanfaatkan instagram sebagai media bisnis, dakwah, hiburan, hingga komunitas. Bahkan tak sedikit ditemui akun-akun yang mengatasnamakan suatu kota tertentu. Hal ini kemudian menjadi fenomena yang menarik di Indonesia, mengingat Indonesia merupakan negara yang terdiri dari banyak kabupaten dan kota. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui alasan pemilihan instagram sebagai media komunikasi dan berbagi informasi lokal masyarakat Kota Cimahi (2) untuk mengetahui proses komunikasi pengelola akun @info_cimahi dengan pengikut dalam berbagi informasi local, (3) untuk mengetahui proses komunikasi antara pengelola akun instagram @info_cimahi dengan pengiklan, (4) untuk mengetahui pemanfaatan media sosial instagram oleh pengelola akun @info_cimahi. Metodologi penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara dengan pendiri akun @info_cimahi, observasi dengan mengamati media sosial sejenis, dan dokumentasi berupa gambar kutipan Instagram. Hasil dari penelitian yang dilakukan, alasan pemilihan Instagram oleh pengelola akun @info_cimahi ialah karena banyaknya pengguna Instagram di Indonesia, terdapat banyak fitur yang dapat digunakan sebagai sarana komunikasi yang efektif, dan permintaan dari pengiklan. Strategi yang dilakukan agar proses komunikasi antara pengelola dan pengikut berjalan efektif diantaranya adalah membuat profil yang menarik, membuat konten yang menarik dan benar, serta membuat caption yang menarik. Strategi yang dilakukan agar proses komunikasi antara pengelola akun dan pengiklan berjalan dengan efektif ialah dengan melakukan promosi penjualan, filterisasi dan membuat alur komunikasi satu pintu. Pengelola akun @info_cimahi telah dapat memanfaatkan seluruh fitur pada Instagram, namun penggunaannya tidak seluruhnya maksimal.

Kata Kunci : Media sosial, Instagram, Info Cimahi


Keywords


Media sosial, Instagram, Info Cimahi

Full Text:

PDF

References


Atmoko Dwi, Bambang. 2012. Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Jakarta: Media Kita.

Dwiningrum, Siti Irene Astuti. 2009. Desentralisasi dan Partisipasi Masyarakat dalam Pendidikan.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Daft, R. and R. Lengel. 1984. “Information richness: a new approach to managerial behaviour and organization Design”, Research in Organizational Behaviour, Vol.6.

Effendy, Uchjana Onong. 1986. Dinamika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Liliweri, Alo. 2011. Komunikasi Serba Ada Serba Makna. Jakarta: Kencana.

Mulyana, Deddy. 2008. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Mangkoesoebroto, Guritno. 2000. Ekonomi Publik. Edisi 3. Yogyakarta: FE UGM.

Nasrullah, Rulli. 2012 .Komunikasi Antarbudaya di Era Budaya Siber. Jakarta: Kencana.

Nurudin. 2012. Media Sosial Baru dan Munculnya Revolusi Proses Komunikasi. Yogyakarta: Buku Litera.

Ruttan dan Hayami. 2009. Dilema Ekonomi Desa: Suatu Pendekatan Ekonomi Terhadap Perubahan Kelembagaan di Asia.Jakarta :Yayasan Obor Indonesia

Sugihartati, Rahma. 2014. Perkembangan Masyarakat Informasi dan Teori Sosial Kontemporer. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Soerjono, Soekanto. 1990. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Rajawali

Widjaja, A.W. 1986. Komunikasi dan Hubungan Masyarakat. Jakarta: Bina Aksara.

Zulkifli Abd. Latiffa & Safiee, Nur Ayuni Safiera. 2015. “New Business Set Up for Branding Strategies on Social Media – Instagram”, dalam jurnal Procedia Computer Science.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.16196

Flag Counter