Penggunaan Instagram Sebagai Media Pormosi Vaksin Difteri PT Bio Farma (Persero)

Ilham Aldy Putra, Yulianti Yulianti

Abstract


Abstract.The health of the Indonesian people was threatened by the extraordinary occurrence of diphtheria. Indonesia is the country with the highest number of diphtheria victims from all countries in the world. The treatment is still unknown, but prevention has been known with certainty that is using vaccines.PT. Bio Farma (Persero) is a state-owned company engaged in the field of vaccines. Seeing diseases that have spread in 28 provinces, PT Bio Farma (Persero) as a state-owned company does not remain silent. They really play a role with the health of the people of Indonesia. However, PT Bio Farma is unique in promoting diphtheria vaccines and educating the Indonesian people to use one of the new media, Instagram.This study uses qualitative methods with a case study approach. In collecting research data, researchers conducted interviews with the corporate communication and technical team of PT Bio Farma (Persero), observations and literature studies to obtain information about the activities that have been carried out and help the credibility of the research resultsThe results of this study found that the strategy of Instagram usage was based on the identification of target targets and corporate research, promotional activities through Instagram accounts were carried out by optimizing Instagram features that were maximized with Instagram advertising services, InstagramAds, and choosing Instagram as a customized promotional media for diphtheria vaccines. with corporate concept planning and design.

Keywords: Diphtheria, Instagram, Potion, New Media



Abstrak. Kesehatan masyarakat Indonesia sempat terancam dengan adanya kejadian luar biasa penyakit difteri. Indonesia menjadi negara dengan jumlah korban difteri terbanyak dari seluruh negara di dunia. Pengobatannya masih belum di ketahui pasti, namun pencegahannya telah diketahui dengan pasti yaitu menggunakan vaksin.PT. Bio Farma (Persero) adalah perusahaan BUMN yang bergerak di bidang vaksin. Melihat penyakit yang sudah menyebar di 28 Provinsi, PT Bio Farma (Persero) sebagai perusahaan milik negara tidak tinggal diam. Mereka sangatlah berperan dengan kesehatan masyarakat Indonesia. Namun uniknya PT Bio Farma dalam mempromosikan vaksin difteri serta mengedukasi masyarakat Indonesia menggunakan salah satu new media yaitu Instagram.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Dalam mengumpulkan data penelitian, peneliti melakukan wawancara kepada tim corporate communicationdan technical PT Bio Farma (Persero), observasi serta studi kepustakaan untuk mendapatkan informasi mengenai kegiatan yang telah dilakukan serta membantu kredibilitas hasil penelitian. Hasil penelitian ini menemukan bahwa strategi penggunaan Instagram didasari dari identifikasi target sasaran dan riset korporat, kegiatan promosi melalui akun Instagram dilakukan dengan optimalisasi fitur-fitur Instagram yang dimaksimalkan dengan jasa layanan iklan dari Instagram yaitu InstagramAds, serta pemilihan Instagram sebagai media promosi vaksin difteri sendiri disesuaikan dengan perencanaan dan perancangan konsep korporat.

Kata kunci : Difteri, Instagram, Pomosi, Media Baru


Keywords


Difteri, Instagram, Pomosi, Media Baru

Full Text:

PDF

References


Ardianto, Elvinaro. 2010. Metode Penelitian Untuk Public Relatios Kuantitatif Dan Kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Atmoko Dwi, Bambang. 2012. Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Jakarta: Media Kita.

Denis McQuail. 2011. Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Erlangga.

Dunn, S. Watson and Barban, Arnold M. Advertising: Its Role in Modern Marketing. Hinsdale, Illinois: Dryden Press

Effendy, Onong Uchjana. 2008. Dinamika Komunikasi. Bandung: Penerbit Remadja Karya CV.

Effendy, Onong Uchjana. 2009. Ilmu Komunikasi : Teori dan Praktek. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Evans, Dave, 2008. Social Media Marketing An Hour A Day, Canada: Wiley Publishing, Inc.

Fikom Unisba. 2016. Buku Panduan Penulisan Usulan Penelitian dan Skripsi. Bandung: Fikom Unisba.

Kertamukti, R, 2015, Strategi Kreatif dalam Periklanan. Konsep Pesan, Media, Branding, Anggaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Kotler, Philip, 2002, Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium, Jilid 2, Jakarta: PT Prenhallindo.

Kotler, Philip and Amstrong, Gary. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Liliweri, Alo. 2011. Komunikasi Serba Ada Serba Makna. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Lister Martin. 2009. New Media: a critical introduction, Newyork: Routledge.

M Nisrina. 2015. Bisnis Online, Manfaat Media Sosial Dalam Meraup Uang. Yogyakarta: Kobis.

Moleong, J Lexy, Prof. Dr. 2006, Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakaya.

Moleong, J Lexy, Prof. Dr. 2009, Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakaya.

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Mulyana Deddy, 2011. Ilmu Komunikasi. Bandung: PT. Rosdakarya.

Notoatmodjo, S. 2007. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta : Rineka Cipta

Puntoadi, Danis. 2011. Meningkatkan Penjualan Melalui Social Media. Elex-Gramedia.

Rakhmat, Jalaludin, 2003. Psikologi Komunikasi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Simamora, Henry. 2000. Manajemen Pemasaran Internasional, Jilid II. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Tjiptono Fandy. 2000. Manajemen Jasa. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Widjaja A W. 2002. Komunikasi dan Hubungan Masyarakat. Jakarta: Bumi Aksara.

Widjaja, A. W dan Wahab, M. Arisyk. 1987. Ilmu Komunikasi, Pengantar Studi. Jakarta: PT Bumi Aksara

Yin, Robert. K, 2009, Studi Kasus; Desain dan Metode, Jakarta; Raja Grafindo Persada.

Aditiya Mardiastuti. “Kemenkes: Hingga November, Ada 32 Korban Meninggal Akibat Difteri"https://news.detik.com/berita/3763050/kemenkes-hingga-november-ada-32-korban-meninggal-akibat-difteri diakses pada tanggal 10 April 2018

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. “Hasil Survey 2017” https://apjii.or.id/survei2017/kirimlink diakses pada 14 April 2018

Databoks Katadata. “Berapa Pengguna Instagram dari Indonesia” https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2018/02/09/berapa-pengguna-instagram-dari-Indonesia diakses pada 14 April 2018

Fitri Wulandari. “Ganasnya Difteri Sepanjang 2017, Kasusnya Terbesar di Dunia” http://www.tribunnews.com/kesehatan/2017/12/28/ganasnya-difteri-sepanjang-2017-kasusnya-terbesar-di-dunia diakses pada tanggal 10 April 2018

Mayfield Antony. 2008. What Is Social Media?. ICrossing http://www.icrossing.com/uk/sites/default/files_uk/insight_pdf_files/What%20is%20Social%20Media_iCrossing_ebook.pdf diakses 20 April 2018

Septianda Perdana. “Indonesia Pemilik Pabrik Vaksin Terbesar ”https://www.viva.co.id/berita/bisnis/363561-indonesia-pemilik-pabrik-vaksin-terbesar-dunia diakses pada tanggal 11 April 2018

Ferdinan Waskita. “Bio Farma Siapkan Pasokan Vaksin Difteri Berkualitas ”http://www.tribunnews.com/kesehatan/2017/12/12/bio-farma-siapkan-pasokan-vaksin-difteri-berkualitas diakses pada tanggal 12 April 2018

Dianastuti, Wafda Afina. 2016. Penggunaan Instagram Sebagai Media Promosi Kuliner Kota Semarang. Skripsi. Universitas Dipenogoro.

Paramitha, Cindy Rizal Putri. 2011. Analisis Faktor Pengaruh Promosi Berbasis Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan dalam Bidang Kuliner. Skripsi. Universitas Dipenogoro.

Putri, Nanda Kurnia. 2017. Program Edukasi Imunisasi Melalui Media Sosial di PT Bio Farma (Persero). Skripsi. Universitas Pasundan.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.16072

Flag Counter