Tanda Komunikasi antar Pribadi Siswa Tunarungu dengan Guru dalam Rangka Menghindari Kekerasan

Uswatun Khasanah, Rini Rinawati

Abstract


Abstract. Silenced is a South Korean film adapted from a true story about young deaf students are victims of violence by several people in the school environment. The film features a new teacher figure who seeks to help students avoid violence. Good interpersonal communication is very influential in trying to avoid violence. Based on this background, the research questions are formulated as follows: (1) What is the sign of openness of interpersonal communication of deaf students with teacher in order to avoid violence in Silenced film seen from Roland Barthes semiotics? (2) What is the sign of empathy of interpersonal communication of deaf students with teacher in order to avoid violence in Silenced film seen from Roland Barthes semiotics? (3) What is the sign of supportiveness of interpersonal communication of deaf students with teacher in order to avoid violence in Silenced film seen from Roland Barthes semiotics? (4) What is the sign of positiveness of interpersonal communication of deaf students with teacher in order to avoid violence in Silenced film seen from Roland Barthes semiotics? (5) What is the sign of equality of interpersonal communication of deaf students with teacher in order to avoid violence in Silenced film seen from Roland Barthes semiotics?. The results of this study are: (1) Sign of openness in Silenced film through the process of being closed and slowly becoming open. (2) The sign of empathy in Silenced film is that there are aspects of feelings, though and desires. (3) Signs of supportiveness in Silenced film are in the from of mental support, time and effort. (4) Signs of positiveness in Silenced film, namely the relationship between students and teacher show appositive attitude. (5) Signs of equality in Silenced film show equality of social status , rights, and gender.

Keywords:  Silenced Film, Interpersonal Communication, Deaf Students, Violence, Semiotic.



Abstrak. Silenced merupakan sebuah film asal Korea Selatan yang diadaptasi dari kisah nyata mengenai siswa-siswa tunarungu yang menjadi korban kekerasan oleh beberapa oknum di lingkungan sekolah. Film ini menampilkan sosok guru baru yang berusaha membantu para siswa agar terhindar dari kekerasan. Komunikasi antarpribadi yang baik sangat berpengaruh dalam usaha menghindari kekerasan. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka pertanyaan penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: (1) Bagaimana tanda keterbukaan  komunikasi antarpribadi siswa tunarungu dengan guru dalam rangka menghindari kekerasan dalam film Silenced dilihat dari semiotika Roland Barthes? (2) Bagaimana tanda empati komunikasi antarpribadi siswa tunarungu dengan guru dalam rangka menghindari kekerasan dalam film Silenced dilihat dari semiotika Roland Barthes? (3) Bagaimana tanda dukungan komunikasi antarpribadi siswa tunarungu dengan guru dalam rangka menghindari kekerasan dalam film Silenced dilihat dari semiotika Roland Barthes? (4) Bagaimana tanda rasa positif komunikasi antarpribadi siswa tunarungu dengan guru dalam rangka menghindari kekerasan dalam film Silenced dilihar dari semiotika Roland Barthes? (5) Bagaimana tanda kesetaraan komunikasi antarpribadi siswa tunarugu dengan guru dalam rangka menghindari kekerasan dalam film Silenced dilihat dari semiotika Roland Barthes?. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan analisis semiotik Roland Barthes, yaitu dengan cara menemukan penenda (signifed) dan petanda (signified), kemudian dilakukan pembagian makna denotasi dan konotasi. Data primer dalam penelitian ini adalah film Silenced dan data sekundernya yaitu dari penelitian pustaka dan wawancara.  Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Tanda keterbukaan dalam film Silenced  melalui proses  dari sikap tertutup dan perlahan menjadi terbuka. (2) Tanda empati dalam film Silenced yaitu terdapat aspek perasaan, pikiran dan keinginan. (3) Tanda dukungan dalam film Silenced yaitu berupa dukungan mental, waktu dan tenaga. (4) Tanda rasa positif dalam film Silenced yaitu hubungan antara siswa dan guru saling menunjukan sikap positif. (5) Tanda  kesetaraan dalam film Silenced menunjukan adanya kesetaraan status sosial, hak, dan gender.

Kata Kunci: Film Silenced, Komunikasi Antarpribadi, Siswa Tunarungu, Kekerasan, Semiotika.

 


Keywords


Film Silenced, Komunikasi Antarpribadi, Siswa Tunarungu, Kekerasan, Semiotika.

Full Text:

PDF

References


Liliweri, Alo. 2015. Komunikasi Antar-personal. Jakarta: Kencana.

Sobur, Alex. 2009. Semiotika Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Somantri, T. Sutjihati. 2012. Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: PT. Refika Aditama.

Tinarbuko, Sumbo. 2008. Semiotika Komunikasi Visual: Metode Analisis Tanda dan Makna pada Karya Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Jalasutra.

Wiryanto. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta : Grasindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.16001

Flag Counter