Hubungan antara Penerimaan Informasi Produk Ipok Aleuh Melalui Instagram dengan Keputusan Membeli Konsumen

Prada Riyana Kusumah, Dede Lilis Chaerowati

Abstract


Abstract. Ipok Aleuh has the opposite meaning from Ipok aleuh itself itmeans “kopi heula†in the Indonesia languange is “kopi dulu†. A coffe shop that have exellency which is easily to find from internet or we called social media and one of them is instagram. Ipok Aleuh had a lot of information the product at instagram to draw attention the customer for buying this product. Because of that the researcher is interested in researching the relationship acceptance of product information via Instagram Ipok Aleuh with consumer buying decisions. This research using the quantitative methods of the type of correlational research. The theory used is the Cognitive Respon Theory from E. Belch and A.Belch, Social Media Marketing Theory (4c) from Hauer, and Purchasing Decisions. The analysis technique used is descriptive analysis and inferential analysis using the Spearman rank formula. The sample from this study was 100 people from 10.300 follower who were taken by simple random technique. Based on the results of the research show that (1) there is a relationship between information context of product Ipok Aleuh through Instagram with consumer buying decision, (2) there is a relationship between communicate information product Ipok Aleuh through Instagram with consumer buying decision, (3) there is a relationship between collaborate information product of Ipok Aleuh through Instagram with consumer buying decision, (4) there is a relationship between connecting information of product Ipok Aleuh through Instagram with consumer buying decision.

Keywords: Cognitive Respon Theory, Sosial Media Marketing (4), Purchase Decision, Ipok Aleuh, Instagram, Consumer Buying Decision.



Abstrak. Ipok Aleuh ini mempunyai arti kebalikan dari tulisan Ipok Aleuh itu sendiri yang berartikan kopi heula yang dalam bahasa indonesianya ialah kopi dulu. Sebuah gerai kopi memiliki keunggulan yang menonjol dimana semua itu dapat diketahui dari suatu informasi yang sekarang ini zaman semakin canggih dimana informasi didapat dari sosial media salah satumya instagram yang dimana informasi tersebut dapat mempengaruhi minat dan keputusan. maka dari itulah Ipok Aleuh banyak melakukan informasi produknya di instagram guna menarik perhatian konsumen untuk memutuskan membeli produknya. Karena dari itu peneliti tertarik meneliti mengenai hubungan penerimaan informasi produk Ipok Aleuh melalui Instagram dengan keputusan membeli konsumen. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis penelitian korelasional. Teori yang digunakan adalah Teori Respon Kognitif dari E. Belch dan A.Belch, Teori Sosial Media Marketing (4c) dari Hauer, dan Teori Keputusan Pembelian. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif serta analisi inferensial dengan menggunakan rumus rank spearman. Sampel dari penelitian ini adalah 100 orang dari 10.300 follower yang diambil dengan cara teknik acak sederhana. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) terdapat hubungan antar konteks informasi produk Ipok Aleuh melalui Instagram dengan keputusan membeli konsumen, (2) terdapat hubungan antar mengkomunikasikan informasi produk Ipok Aleuh melalui Instagram dengan keputusan membeli konsumen, (3) terdapat hubungan antar mengkolaborasikan informasi produk Ipok Aleuh melalui Instagram dengan keputusan membeli konsumen, (4) terdapat hubungan antar mengkoneksikan informasi produk Ipok Aleuh melalui Instagram dengan keputusan membeli konsumen.

 Kata Kunci: Teori Respon Kognitif, Sosial Media Marketing (4c), Keputusan Pembelian, Ipok Aleuh, Instagram, Keputusan Membeli Konsumen.


Keywords


Teori Respon Kognitif, Sosial Media Marketing (4c), Keputusan Pembelian, Ipok Aleuh, Instagram, Keputusan Membeli Konsumen.

Full Text:

PDF

References


Belch, George E. & Michael A. Belch. 2003. Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communication Perpective. New York: McGraw-Hill.

Davis, Gordon, 1991, Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen Bagian I Pengantar, PT. Pustaka Binaman Pressindo, Jakarta.

Indika, Deru & Jovita, Cindy. 2017. “ Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen “, dalam Jurnal Bisnis Terapan Vol.01, No.1, 1 Juni 2017 ( hal 27)

Kasali, Rhenald (2008). Membidik Pasar Indonesia, Segmentasi Targeting Positiioning. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi Ketiga Belas Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Setiadi, Nugroho J. 2010. Perilaku Konsumen. Cetakan 4. Edisi revisi. Jakarta : Kencana.

Marseli, N,D. Chaerowati, D,L. Pengembangan Komunikasi Pemasaran di Perusahaan Provider, dalam Prosiding Manajemen Komunikasi. Vol 3, No 1, 2017 (Hal 66-72)




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.15600

Flag Counter   Â