Hubungan Fiersa Besari sebagai Brand Ambassador Eiger Adventure dengan Minat Beli Komunitas Pendaki Gunung Bandung

Zaren Marcellino, Indri Rachmawati

Abstract


Abstract. One of advertising strategies that company do is tge use of brand ambassador. This research is trying to explain how the relations between fiersa besari as a brand ambassador with buying intention of mountain climber community at Bandung The object of this research is one of outdoor stuff brand that already famous in Indonesia is eiger adventure that choose to use Fiersa Besari as their product ambassador. The outdoor equipment business competition is getting tougher, brand ambassadors are expected to have an impact on consumers buying interest. To align the characteristics of the brand ambassadors using the VisCAP model consisting of, visibility, credibility, attraction and power. This viscap model use as brand ambassador variable (X) supporter, mean while buying intention as variable Y support by buyin intentions indicator transactional intention, referencial intention, preferencial intention, and exploration intention. Quantitative methods with correlation approach used in this research to test whether there’s a relation between those two variables. The sample of this research is the community of Bandung mountain climbers as many as 79 people. Data processing techniques using rank spearman correlation through SPSS Windows 23 software. This research’s results shows that the element visibility of Fiersa Besari as eiger adventure brand ambassador has a meaningful enough relation with buying intention, the element credibility of Fiersa Besari as eiger adventure brand ambassador has a meaningful enough relation with buying intention, the element attraction of Fiersa Besari as eiger adventure brand ambassador has a meaningful enough relation with buying intention, the element power of Fiersa Besari as eiger adventure brand ambassador has a meaningful enough relation with buying intention.

Keywords : Advertising, Brand Ambassador, Buying Intentions, Eiger Adventure, Fiersa Besari.

 

Abstrak. Salah satu strategi periklanan yang dilakukan perusahaan adalah penggunaan brand ambassador atau duta merek. Penelitian ini berusaha menjelaskan bagaimana hubungan Fiersa Besari sebagai brand ambassador dengan minat beli komunitas pendaki gunung Bandung. Objek penelitian ini adalah salah satu merek perlengkapan outdoor ternama asal Indonesia yaitu Eiger Adventure memilih menggunakan jasa Fiersa Besari yang merupakan seorang selebriti sebagai brand ambassador. Persaingan bisnis perlengkapan outdoor kian ketat, brand ambassador diharapkan memberikan dampak terhadap minat beli konsumen. Untuk meluruskan karakteristik brand ambassador menggunakan VisCAP model yang terdiri dari visibility, credibility, attraction dan power. Model VisCAP ini sebagai indikator dan pendukung variabel (X) brand ambassador, sedangkan variabel (Y) minat beli, dengan indikator yang terdiri dari minat transaksional, minat referensial, minat preferensial, dan minat eksploratif. Metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional digunakan dalam penelitian ini untuk menguji ada tidaknya hubungan antara kedua variabel tersebut. Sampel penelitian ini adalah komunitas pendaki gunung Bandung sebanyak 79 orang. Teknik pengolahan data menggunakan korelasi rank spearman melalui software SPSS Windows 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa unsur visibility Fiersa Besari sebagai brand ambassador Eiger Adventure memiliki hubungan yang cukup berarti dengan minat beli, unsur credibility Fiersa Besari sebagai brand ambassador Eiger Adventure memiliki hubungan yang cukup berarti dengan minat beli, unsur attraction Fiersa Besari sebagai brand ambassador Eiger Adventure memiliki hubungan yang cukup berarti dengan minat beli,  unsur power Fiersa Besari sebagai brand ambassador Eiger Adventure memiliki hubungan yang cukup berarti dengan minat beli.

 Kata Kunci: Periklanan, Brand Ambassador, Minat Beli, Eiger Adventure, Fiersa Besari.


Keywords


Periklanan, Brand Ambassador, Minat Beli, Eiger Adventure, Fiersa Besari.

Full Text:

PDF

References


Ferdinand, Augusty. 2002. Pengembangan Minat Beli Merek Ekstensi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kertamukti, Rama. 2015. Strategi Kreatif dalam Periklanan: Konsep Pesan, Media, Branding dan Anggaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran Jilid 2, edisi ketiga belas, terjemahan Bob Sabran. Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2003, 2011. Prinsip – Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Royan, Frans M. 2005. Marketing Selebrities: Selebriti dalam Iklan dan Strategi Selebriti Memasarkan Diri Sendiri. Jakarta: Elex Media Komputindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.15007

Flag Counter