Pengaruh Strategi Pemasaran Politik Pasangan Calon Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum terhadap Elektabilitas pada Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018

Rizki Hendrianto, Zulfebriges Zulfebriges

Abstract


Abstract. Communication in political marketing in a democratic country will always grow and develop which displays the profile of potential leaders, in the pressure of the leader's personal image and characteristics that are depicted can represent the social, economic, cultural, political structure of a society. In the process of organizing regional head elections, the political marketing process is very important, political marketing is used to socialize with strategies to steal people's hearts including political marketing activities that are used by candidates as a means of introducing themselves and promoting themselves to potential voters. Ridwan Kamil and Uu Ruzhanul Ulum are one of the candidates for governor and deputy governor candidates in West Java province in 2018. In order to realize the candidate for governor and vice governor Ridwan Kamil and Ruzhanul Ulum Act using a political marketing mix strategy which aims to increase the level of electability in the governor election West Java 2018, so that it can be elected as Governor and Deputy Governor of West Java for the period 2018-2022. This study aims to determine the effect of the Political Marketing Strategy of Candidate Candidate Kwan Ridwan and the Ulum Ruzhanul Law on Electability in the 2018 West Java Governor Election. Data collection techniques in this study were carried out using questionnaires or questionnaires, while the method used in this study was to use descriptive and verification methods. The population in this study were the beginner voters of students in Bandung 20 and 8 SMA, while the analysis technique used was using simple linear regression analysis. Based on the results of the study, the results showed that the political marketing strategy through the product has a significant effect on electability with the amount of contribution influence of 51.7%, political marketing strategy through price has a significant effect on electability with the amount of contribution of 47.9%, political marketing strategy through place has a significant influence on electability with the magnitude of the contribution of the influence of 56.8% and the political marketing strategy through promotion has a significant effect on electability with the amount of the contribution of the influence of 48.2%

Keywords : marketing strategy , marketing politic  , electability


Abstrak. Komunikasi dalam pemasaran politik dalam negara demokrasi akan selalu tumbuh dan berkembang yang menampilkan profil calon pemimpin, pada tekanan citra dan karakteristik pribadi pemimpin yang digambarkan dapat mewakili struktur sosial, ekonomi, budaya, politik suatu masyarakat. Dalam proses penyelengaranaan pemilu kepala daerah, proses pemasaran politik sangatlah penting, pemasaran politik digunakan untuk bersosialisasi dengan strategi-strategi untuk mencuri hati rakyat termasuk dengan kegiatan marketing politik yang dimanfaatkan oleh kandidat sebagai alat memperkenalkan diri dan mempromosikan diri kepada para calon pemilih. Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum merupakan salah satu calon kandidat gubernur dan wakil gubernur pada provinsi jawa barat tahun 2018. Guna merealisasikannya calon kandidat gubernur dan wakil gubernur Ridwan Kamil dan UU Ruzhanul Ulum menggunakan strategi marketing mix political yang ertujuan untuk meningkatkan tingkat elektabilitas pada pemilihan gubernur jawa barat  2018, sehingga dapat terpilih sebagai gubernur dan wakil gubernur jawa barat periode 2018-2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Strategi Pemasaran Politik Pasangan Calon Ridwan Kamil dan UU Ruzhanul Ulum terhadap Elektabilitas pada Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, dilakukan dengan menggunakan  kuisioner atau angket, sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptif dan verifikatif. Populasi dalam penelitian ini adalah para pemilih pemula para siswa di SMA 20 dan 8 Bandung, sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian maka, didapatkan hasil bahwa strategi pemasaran politik melalui product memiliki  pengaruh yang signifikan terhadap elektabilitas dengan besaran konstribusi pengaruhnya sebesar 51.7%, strategi pemasaran politik melalui price memiliki pengaruh yang signifikan terhadap elektabilitas dengan besaran konstribusi pengaruhnya sebesar 47.9%, strategi pemasaran politik melalui place memiliki pengaruh yang signifikan terhadap elektabilitas dengan besaran konstribusi pengaruhnya sebesar 56.8% dan strategi pemasaran politik melalui promotion memiliki pengaruh yang signifikan terhadap elektabilitas dengan besaran konstribusi pengaruhnya sebesar 48.2%.

Kata kunci : Strategi Marketing , MarketingPolitik , Elektabilitas


Keywords


Strategi Marketing , MarketingPolitik , Elektabilitas

Full Text:

PDF

References


Firmansyah. 2008. Mengelola Partai Politik. Jakarta :Yayasab Obor Indonesia

Firmansyah. 2012. Marketing Politik Antara Pemahaman Dan Realitas. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS

Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Haroen, Dewi. 2014. Personal Branding. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Nimmo. 2006. Komunikasi Politik, Khalayak dan Efek. Bandung : Remaja Rosdakarya

Sumber lain :

Kango, Andries. 2014. Marketing Politik dalam Komunikasi Politik. Jurnal Farabi, Vol 11. No 1 Juni 2014, 1-27.

Nurfitriani. 2017. Pemasaran Politik Bupati Bima Terpilih pada Pilkada Kabupaten Bima Tahun 2015. Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik UMA, 71-78.

https://nasional.kompas.com/read/2014/03/29/1153482/Media.Sosial.dalam.Kampanye.Politik) diakses 18 maret 2018 pkl 16.18WIB




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.14459

Flag Counter