The Correlation of Brand Image in Apple Product with Purchase Decision of Balikpapan University Students

Halimatussa Diyah, Nurhastuti Nurhastuti

Abstract


Abstract. this research entitled "The Correlation Of Brand Image In Apple Product With Purchase Decision Of Balikpapan University Students", which aims to determine the correlation of the iPhone product brand to the decision of the University of Balikpapan Student purchase. Brand is an element that reflects the whole of a product and service. Brands have a psychological influence in determining purchasing decisions. This is caused by the image that appears in the minds of consumers so that ultimately affect consumers in buying these products. The cosumer will be more likely to be interested in choosing a product with a good image. This shows that brand image affects purchasing decisions. The method used is quantitative correlation research method. The data collection technique is in the form of a questionnaire of research with 100 respondents and interviews with one of the respondents and a library study relavan. The results showed that in determining the correlation to purchase iPhone products influenced by brand image that is the Favorability of brand, Strength of brand, and Uniqueness of brand. In this study the uniqueness of the brand is the most powerful in influencing the decision to buy iPhone product with the value of correlation coefficient of 0.804, then Favorability of the brand with a correlation coefficient of 0.729 in influencing purchasing decisions, and strength of the brand with a correlation coefficient of 0.689. Then all the elements have a strong influence on the decision of purchasing University of Balikpapan Students to iPhone products.

Keywords: Brand Image (Brand image), Brand Advantage, Brand Strength, Uniqueness, Purchasing Decisions.

 

Abstrak. Penelitian ini berjudul “Hubungan Brand Image Produk iPhone Dengan Keputusan Pembelianâ€, yang bertujuan untuk mengetahui hubungan yang terdapat dalam merek produk iPhone dengan keputusan pembelian Mahasiswa Universitas Balikpapan. Merek merupakan suatu elemen yang mencerminkan keseluruhan dari suatu produk dan jasa. Merek memiliki hubungan psikologis dalam menentukan keputusan pembelian. Hal ini disebabkan oleh citra (image) yang muncul dalam benak konsumen sehingga pada akhirnya memhubungani konsumen dalam membeli produk tersebut. Ini menunjukkan bahwa citra merek (brand image) memhubungani keputusan pembelian. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian korelasi kuantitatif. Teknik pengumpulan datanya yaitu berupa angket penelitian dengan 100 responden dan wawancara dengan salah satu responden dan studi kepustakaan yang relavan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menentukan keputusan pembelian produk iPhone dihubungani oleh citra merek (brand image) yaitu keunggulan merek, kekuatan merek, dan keunikan merek. Pada penelitian ini keunikan merek adalah yang paling kuat dalam memhubungani keputusan pembelian produk iPhone yaitu dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,804, lalu keunggulan merek dengan koefisien korelasi sebesar 0,729 dalam memhubungani keputusan pembelian, dan kekuatan merek dengan koefisien korelasi sebesar 0,689. Maka seluruh unsur memiliki hubungan yang kuat dengan keputusan pembelian Mahasiswa Universitas Balikpapan dengan produk iPhone.

Kata Kunci: Citra Merek (brand image), Keunggulan Merek, Kekuatan Merek, Keunikan Merek, Keputusan Pembelian


Keywords


Citra Merek (brand image), Keunggulan Merek, Kekuatan Merek, Keunikan Merek, Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Alfian, B. 2012. Hubungan Citra Merek (Brand Image) Dengan Pengambilan Keputusan

Pembelian Mobil Toyota Kidjang Inova Pada PT. Hadji Kalla Cabang Polman

Makasar: Skripsi Universitas Hasanuddin

Kotler, Philip. 2007. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Indeks

_____, Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Penerbit Erlangga. Jakarta

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.13689

Flag Counter   Â