Strategi Komunikasi Pemasaran Produk Labmaya.com

Zulfa Haitan Rachman, Ike Junita Triwardhani

Abstract


Abstract. Marketing communication strategy is very important in a company. Open competition and globalization give pressure and encouragement for any company or organization to always be able to learn and learn, in order to adapt quickly and easily. PT INOSI is a Consulting, Training and Development that can conduct consultancy, training and development of IT and Management. PT INOSI has product Labmaya.com. Labmaya.com is an online virtual experiment system based on web technology and virtual reality technology. This is digitalization and lab virtualization. But the first step that must be done in order to Labmaya.com product known nationally is with marketing communication strategy is done in order to attract attention. The purpose of this research is to find out why make Labmaya.com product based on virtual online, knowing communication planning done by PT INOSI in Labmaya.com product, knowing marketing method by PT INOSI in Labmaya.com product and knowing the obstacle faced by PT INOSI on product Labmaya.com. The research method used is qualitative through case study approach. This approach aims to examine as much data as possible about the subject under study ie marketing communication strategy PT INOSI in Labmaya.com product in National built by Team Labmaya. The result of this research that until this moment Labmaya.com product not yet known nationally. Although marketing communications are done well. It turns out that people who have not much knowledge or lack of knowledge about Maya Laboratory Applications. So that feels not effective for now. Though current technological advances are very helpful for the development of education in Indonesia.

Keyword: Labmaya.com Product, Communication, Marketing Communication Strategy, Virtual Laboratory

 

Abstrak. Strategi komunikasi pemasaran sangatlah penting dalam suatu perusahaan.  Persaingan terbuka dan globalisasi memberikan tekanan dan dorongan bagi setiap perusahaan atau organisasi untuk selalu dapat belajar dan belajar, agar dapat beradaptasi dengan cepat dan mudah. PT INOSI merupakan Consulting, Training and Development yang dapat melakukan konsultan, pelatihan dan pengembangan IT dan Manajemen. PT INOSI memiliki produk yaitu Labmaya.com. Labmaya.com merupakan sistem eksperimen virtual online yang didasarkan pada teknologi web dan teknologi virtual reality. Ini adalah digitalisasi dan virtualisasi laboratorium. Namun langkah awal yang harus dilakukan agar produk Labmaya.com dikenal secara Nasional yaitu dengan strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan agar dapat menarik perhatian.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mengapa membuat produk Labmaya.com berbasis virtual online, mengetahui perencanaan komunikasi yang dilakukan PT INOSI pada produk Labmaya.com, mengetahui metode pemasaran yang dilakukan PT INOSI pada produk Labmaya.com dan mengetahui hambatan yang dihadapi PT INOSI pada produk Labmaya.com. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif melalui pendekatan studi kasus. Pendekatan ini bertujuan untuk menelaah sebanyak mungkin data mengenai subjek yang diteliti yaitu strategi komunikasi pemasaran PT INOSI dalam produk Labmaya.com di Nasional yang dibangun oleh Tim Labmaya. Hasil penelitian ini bahwa sampai detik ini produk Labmaya.com belum dikenal secara nasional. Walaupun komunikasi pemasaran yang dilakukan sudah baik. Ternyata bahwa masyarakat yang belum banyak mengetahui atau kurangnya pengetahuan mengenai Aplikasi Laboratorium Maya. Sehingga dirasa belum efektif untuk saat ini. Padahal kemajuan teknologi saat ini sangatlah membantu untuk perkembangan pendidikan di Indonesia.

Kata Kunci: Produk Labmaya.com, Komunikasi, Strategi Komunikasi Pemasaran, Virtual Laboratory


Keywords


Produk Labmaya.com, Komunikasi, Strategi Komunikasi Pemasaran, Virtual Laboratory

Full Text:

PDF

References


Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

____________________. 2002. Manajemen Pemasaran Analisa Perencanaan, Implementasi dan Control, Edisi Kesembilan, Jilid 1 dan Jilid 2. Jakarta: Prenhallindo.

Daryanto. 2013. Media Pembelajaran: Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gaya Media.

Jurnal:

Wahyono. 2011. â€Strategi Pemasaran Daerah Sebagai Upaya Meningkatkan Peluang Investasi di Kota Semarangâ€, dalam Jurnal Dinamika Manajemen Vol.2,No.1, Maret 2011 (hal. 92-100).

Junita, Ike. 2004. “Mengembangkan Suasana Pendidikan Berbasis Learning Oriented Dalam Pembelajaran Kewirausahaan Mahasiswaâ€, dalam Jurnal Sosial dan Pembangunan Vol 20, No.4, Desember 2004 (hal 1-15).




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.13579

Flag Counter   Â