Augmented Reality sebagai Media Promosi Click Square

Desy Mayasari, Ike Junita Triwardhani

Abstract


Abstract. The use of Augmented Reality is growing at this time, Augmented Reality is very to use and interisting to apply on things that need imagination imagery in 3D. These advantages that makes Augmented Reality as an attractive media campaign. It is utilized well by Click Square, by using Augmented Reality as a promotional medium to provide specific information and to attract peoples for come to Grand Opening Click Square.The purpose of this research is to know the implementation, benefits, dan barriers of Augmented Reality as apromotional media in Grand Opening Click Square. This goals has a purpose to give a more information about what factors are making Augmented Reality as an one of many Click Square promotional media. The method used in this research is quantitative method through a descriptive approach to describe the findings. Researchers collect data through interviews, literature review, and document review from various parties concerned with Augmented Reality as a promotional media.From the result of research, researchers get a result that aplication of Augmented Reality as a promotional media is interactive and interesting for peoples. Users can interact directly with a promotional media with playing some scanning game. The user scans on billboard, poster, and flayer about Click Square Grand Opening promo. While scanning, a short video will appear on they cell phone’s screen, they will get detailed information about the event and points. This Augmented Reality greatly enhance the effectiveness of promotion. Also, make print media campaign get more value. However, there are still some obstacle encountered in the use of this Augemnted Reality. The Obstacle is there is some doubt about this AR apliaction, demage to the application system, and internet network needs are still limited.

Keywords: Promotion, New Media, Augmented Reality

 

Abstrak. Penggunaan Augmented Reality semakin berkembang pada saat ini, Augmented Reality sangat mudah digunakan dan menarik untuk diterapkan pada hal-hal yang membutuhkan gambaran imajinasi dalam bentuk 3D. Kelebihan ini yang menjadikan Augmented Reality sebagai media promosi yang menarik. Hal ini dimanfaatkan dengan baik oleh Click Square, dengan menggunakan Augmented Reality sebagai media promosi untuk memberikan informasi yang spesifik dan juga untuk menarik massa pada salah satu acara besarnya yaitu Grand Opening Click Square.Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui penerapan, manfaat dan hambatan dari Augmented Reality sebagai media promosi dalam acara Grand Opening Click Square. Tujuan ini dimaksudkan untuk memberikan informasi lebih tentang faktor-faktor apa saja menjadikan Augmented Reality sebagai salah satu media promosi Click Square. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan kuantitatif melalui pendekatan deskriptif untuk menjabarkan hasil temuan. Peneliti mengumpulkan data melalui wawancara, studi kepustakaan, dan studi dokumen dari berbagai pihak yang berkaitan dengan Augmented Reality sebagai media promosi.Dari hasil penelitian yang dilakukan, peneliti memperoleh hasil bahwa penerapan Augmented Reality sebagai media promosi yang interaktif, juga untuk menarik massa, dimana dapat berinteraksi langsung dengan pengunjungnya yang termasuk aplikasi gamifikasi yang mengharuskan pengguna melakukan permainan scanning media promosi cetak berupa billboard, poster, ataupun flyer untuk mendapatkan informasi lebih berupa video yang memperlihatkan bintang tamu dan juga menghasilkan poin. Augmented Reality juga bermanfaat untuk meningkatkan efektivitas kegiatan promosi dengan adanya video konten dan informasi. Dengan adanya aplikasi ini menjadikan media cetak mendapatkan nilai lebih. Click Square menjumpai hambatan dalam penerapan Augmented Reality sebagai media promosi di antaranya adalah keraguan beberapa pihak akan aplikasi ini, sistem aplikasi mengalami kerusakan, dan kebutuhan jaringan internet untuk mendapatkan aplikasi ini.

Kata Kunci: Promosi, Media Baru, Augmented Reality

Keywords


Promosi, Media Baru, Augmented Reality

Full Text:

PDF

References


Davis, Fred D. 1989. “User Acceptance of Information Tecnology: System Characteristics, User Perceptions and Behavioural Impactsâ€

Merisavo, Marco. 2006. “The Effects of Digital Marketing Communication on Customer Loyalty: An Intergrative Model and Research Propositions.†ISSN 1235-5674

Widagdo, Herry. 2011. Analisis Pengaruh Kualitas Layanan dan Promosi Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Komputer pada PT XYZ Palembang, Vol. 1, No. 1.

Selang, Christian A. D. 2013. â€Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Konsumen pada Fresh Mart Bahu Mall Manado.†Vol. 1, No 3.

Triwardhani, Ike Junita.2012. “Pengelolaan Komunikasi Pekerja Anak di Industri Kecil Boneka Kain Kopo Bandung†dalam Jurnal MIMBAR. Vol. 28, No. 2. Hal 211-218 .




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.13528

Flag Counter   Â