Strategi Event Organizer dalam Menyelenggarakan Pameran

Farida Nursiyam, Anne Ratnasri

Abstract


Abstract. Nowadays, the industrial of world of business has been growing really well in Indonesia especially in services companies. This can be seen from the increasing number of companies that engaged in some fields, and one of them is Event Organizer. Event organizer itself is a service company that organize a particular activity or events in a systematic and organized manner. PT. Mediatama Binakreasi is an event organizer company which in the near future will hold an event in the form of a trade show called INACRAFT 2018.The research is focused on the strategy of Event Organizer PT. Media Binakreasi in carrying out the INACRAFT 2018 event. The purpose of this research is to find out the event management that is conducted by PT. Mediatama Binakreasi. What kind of media that is used for in informing INACRAFT 2018 trade show and how come Online Media is the main media to inform the informations to the audience. The theories that we used is Management function theory by George R Terry which is Planning, organizing, Actuating and Controlling. These four management functions are abbreviated as POAC. The research method that i used is a qualitative research method with an approaching to a case study. PT. Mediatama Binakreasi has done some event management really well and professionally. This is indicated by the stages of management functions that are implemented starting from Planning, Organizing, Actuating and Controlling. PT. Mediatama Binekreasi is considered to finished the event. The success indicator of the event is by finding the number of visitors, Participants, the level of buyers, the trade contracts and retail sales which is always increasing every year. The media used is to inform the event in different types of media, this can be proven by 47 media partners who works together in INACRAFT 2018. However, the main media that we used is online media. This is because the community is now a phone users that already know the applications such as Social media.

Keywords : event organizer, exhibition, INACRAFT 2018

               

Abstrak. Saat ini Industri dunia bisnis kian berkembang dari waktu ke waktu hal ini juga dirasakan pada perusahaan- perusahaan jasa di Indonesia. Hal ini bisa dilihat dari semakin banyaknya perusahaan yang bergerak di bidang tersebut, salah satunya Event Organizer. Event Organizer sendiri merupakan perusahaan jasa penyelenggara sebuah kegiatan atau acara-acara tertentu secara sistematis dan terorganisir. PT. Mediatama Binakreasi adalah perusahaan Event Organizer yang pada waktu dekat akan mengadakan sebuah event berupa pameran dagang dengan nama INACRAFT 2018.Penelitan ini difokuskan pada strategi event organizer yakni PT.Mediatama  Binakreasi dalam melaksanakan event INACRFAT 2018. Tujuan dari pada penelitian ini adalah untuk mengetahuimanajemen event yang dilakukan oleh PT. Mediatama Binakreasi. Media komunikasi apa yang banyak digunakan dalam menginformasikan pameran dagang  INACRAFT 2018, serta mengapa media online menjadi media andalan untuk menginformasikan media online pada khalayak.Teori yang digunakan adalah teori fungsi manajemen George R. Terry dalam bukunnya Principle of Management (dalam Sukarna, 2011 : 10) , membagi empat fungsi, dasar manajemen, yaitu  planning (perencanaan), organizing (pengorganisasian), actuating (pelaksanaan), dan controlling (pengawasan). Keempat fungsi manajemen ini disingkat dengan POAC :. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil dari penelitian ini adalah dalam pelaksanaan event INACRAFT 2018,  PT. Mediatama Binakreasi telah melakukan manajemen event dengan baik dan profesional. Hal ini ditunjukkan dengan adanya tahapan fungsi manajemen yang diterapkan  mulai dari planning (perencanaan), organizer (pengorganisasian), actuating (pelaksanaan) dan controlling (pengawasan). PT Mediatama Binakreasi dianggap telah sukses melaksanakan kegiatan. hal ini dilihat dari indikator keberhasilan kegiatan melalui jumlah pengungjung, peserta, tingkat pembelian (buyer), kontrak dagang dan penjualan retail yang dari tahun ke tahun semakin meningkat. Kemudian diketahui bahwa media yang digunakan untuk menginformasikan event yakni dari segala jenis media, hal ini dapat dibuktikan dengan 47 media partner yang bekerja sama di event INACRAFT 2018. Akan tetapi yang menjadi media andalan adalah media online, hal ini dikarenakan masyarakat saat ini merupakan pengguna gadget tentunya disertakan dengan aplikasi media online didalamnya, seperti mesin pencari dan juga media sosial.

Kata Kunci : event organizer, pameran, INACRAFT 2018


Keywords


event organizer, pameran, INACRAFT 2018

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari . 2006. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeta.

Dalilah, Dyah. 2011. Manfaat Media Sosial Bagi Humas. Jurnal Universitas Muhammadiyah Malang.

Goldblatt, Joe. 2002. Special Events. Third edition. New York : John Wiley and Sons

Megananda, Yudhi, Wijaya, Johanes Arifin, 2009, 7 Langkah Jitu Membangun Bisnis Event-Organizer. Jakarta, BIP.

Noor, Any. 2017 . Manajemen Event. Cetakan ke-3. Bandung : Alfabeta.

Rangkuti, Freddy. 2009. Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Ruslan, Rosady. 2006. Manajemen Humas dan Manajemen Komunikasi (konsepsi dan aplikasi), Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sukarna, Drs. 2011. Dasar-dasar Manajemen. Bandung : Mandar Maju.

Suryana. 2010. Kewirausahaan: Pedoman, Praktis, Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat.

Jurnal :

Ratnasari, Anne. 2015. Implementasi Komunikasi Pemasaran dalam Menghadapi Persaingan Bisnisâ€. Prosiding SNaPP2015 Sosial, Ekonomi, dan Humaniora. Dalam :

http://proceeding.unisba.ac.id/index.php/sosial/article/view/377/pdf. Diakses 6 Agustus 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.13524

Flag Counter   Â