Strategi Tagline Mcd “I’m Lovin It†terhadap Brand Awareness

Nabila Raudhatul Zannah, Nurhastuti Nurhastuti

Abstract


Abstract. McDonald's is one of the world's leading No 1 restaurants. This Hamburger Resto has Tagline which reads "I'm Lovin it". McDonald present in Indonesia, especially the city of Bandung with a variety of menus are served to adjust the needs of Bandung's community food. Companies engaged in the field of food is now in great demand by almost all circles of society. This study aims to know the success of McDonald's Tagline "I'm Lovin it" to Brand Awareness for Bandung city community, especially visitors of McDonald Simpang Dago Resto. The population used in this study is visitors McDonald Simpang dago Bandung restaurant. Samples taken in this study were 81 respondents through manual questionnaire division. Sampling technique using accidental sampling technique. The results of the research show some sub variables of the ad theory SUPER-A states that with 6 concepts that meet the criteria as a good advertisement, eating McDonald's Tagline "I'm Lovin it" succeeds on Brand Awareness among the people of Bandung, for visitors Resto McDonald Simpang Dago.

Keywords: McDonald, Brand Awareness, SUPER-A Theory

 

Abstrak. McDonald merupakan salah satu resto ternama    No 1 di Dunia. Resto Hamburger ini memiliki Tagline yang berbunyi “I’m Lovin it†. McDonald hadir di Indonesia khususnya Kota Bandung dengan berbagai menu yang di sajikan menyesuaikan kebutuhan pangan masyarakat Kota Bandung. Perusahaan yang bergerak dalam bidang pangan ini kini banyak diminati oleh hampir semua kalangan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui Keberhasilan Tagline  McDonald “I’m Lovin it†terhadap Brand Awareness bagi masyarakat kota bandung, khususnya pengunjung Resto McDonald Simpang dago. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini pengunjung resto McDonald Simpang dago Bandung. Sampel yang diambil pada penelitian ini sebanyak 81 responden melalui pembagian kuisioner secara manual. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Hasil Penelitian menunjukan beberapa sub variabel dari teori Iklan SUPER-A menyatakan bahwa dengan 6 konsep yang memenuhi kriteria sebagai iklan yang baik, makan Tagline McDonald “I’m Lovin itâ€Â  berhasil terhadap Kesadaran merek (Brand Awareness) di kalangan masyarakat Kota Bandung, Khususnya bagi pengunjung Resto McDonald Simpang Dago.

Kata Kunci: McDonald, Brand Awareness, Teori SUPER-A

ikhwanaldiii@gmail.com

Keywords


McDonald, Brand Awareness, Teori SUPER-A

Full Text:

PDF

References


A, Shimp,Terence. 2003. Periklanan Promosi & Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran.Terpadu, Jilid I ( edisi 5), Jakarta: Erlangga.

J.Setiadi, Nugroho. 2008, Perilaku Konsumen, Jakarta: PT Kencana

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran. Alih Bahasa Benjamin Molan, Edisi Milenium. Jakarta:Prenhalindo

Purba, Amir dkk. 2006. Pengantar Ilmu Komunikasi. Medan:Pustaka Bangsa Prss.

Rosyad, Udung Noor. 2011. “Pengaruh Komunikasi Pemasaran terhadap Perluasan Pangsa Pasar†dalam Mimbar Vol. 27, No. 2, Desember 2011(hal. 213-224

http://repository.untirta.ac.id/TA/KS/KS04/KS0402/2016/KS040200072/pengaruh-pesan-iklan-tokopedia-versi-%EF%BF%BDciptakan-peluangmu%EF%BF%BD-terhadap-minat-berbisnis-online.html. Diakses pada 28 juni 2018, pukul 20.19 WIB




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.12863

Flag Counter   Â