Proses Produksi Program Siaran Favorite di Radio Anak Muda Bandung

Bambang Ismaya, Dede Lilis Chaerowati

Abstract


Abstract. This article to understand the Production Process of the Cipaganti Program in Radio Ardan 105.9 FM Bandung, Cipaganti comes from the name of the street in the city of Bandung, Cipaganti is a program that has entertainment and information in the city of Bandung with the aim to awaken the community among young people in Bandung city for creativity its own locality, so that the hopes of the Cipaganti team after listening to the Cipaganti program at Radio Ardan 105.9 FM Bandung, the people of Bandung City can be aware and know that creativity and information in the city of Bandung are very numerous. The author uses 5 (five) informants as sources of obtaining data, people who play an important role in a production process, namely: producers, broadcasters, music directors and reporters. 5 (five) people are people who need each other in a production process. The research method used by the writer is descriptive with qualitative data which is research that has or has the characteristics that the data is stated in a state of fairness or as is natural setting without being changed in the form of symbols or numbers. The data collection that the writer did was by interview, observation and documentation. The author can conclude that in a production process the Cipaganti program requires 3 (three) stages of the production process, namely the pre-production process with stages such as idea discovery, planning, and preparation, then the production process on the On Air process begins, and the post-production process is all done for evaluation and reports

Keywords: production process, pre-production, production process, and post production Ardan Radio 105,9 FM Bandung

Abstrak.  Artikel ini untuk memahami Proses Produksi Program Cipaganti di Radio Ardan 105,9 FM Bandung, Cipaganti berasal dari nama jalan di kota Bandung, Cipaganti adalah program yang berunsur hiburan dan informasi di Kota Bandung dengan tujuan untuk menyadarkan masyarakat kalangan muda di kota Bandung akan kreatifitas lokalnya sendiri, sehingga harapan tim Cipaganti setelah masyarakat mendengarkan program Cipaganti di Radio Ardan 105,9 FM Bandung, masyarakat Kota Bandung bisa sadar dan tahu kalau kreatifitas dan informasi di Kota Bandung sangat banyak sekali. Penulis menggunakan 5 (lima) orang informan sebagai sumber memperoleh data, orang-orang yang berperan penting dalam sebuah proses produksi, yaitu : produser, penyiar, music director dan reporter. 5 (lima) orang tersebut adalah orang-orang yang membutuhkan satu sama lain dalam sebuah proses produksi. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah deskriptif dengan data kualitatif yaitu penelitian yang bersifat atau memiliki karakteristik bahwa datanya dinyatakan dalam keadaan kewajaran atau sebagaimana adanya (natural setting) dengan tidak dirubah dalam bentuk simbol atau bilangan. Pengumpulan data yang penulis lakukan adalah dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Penulis dapat menyimpulkan bahwa dalam sebuah proses produksi program Cipaganti memerlukan 3 (tiga) tahap proses produksi yaitu proses pra produksi dengan tahapannya seperti penemuan ide, perencanaan, dan persiapan, lalu proses produksi melakukan proses On Air dimulai, dan proses pasca produksi proses semuanya sudah selesai untuk evaluasi dan laporan

Kata  kunci : proses produksi, pra produksi, proses produksi, dan pasca produksi Ardan Radio 105,9 FM Bandung


Keywords


proses produksi, pra produksi, proses produksi, dan pasca produksi Ardan Radio 105,9 FM Bandung

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.12829

Flag Counter   Â