Pengaruh Kualitas Produk LTHRKRFT Leathergoods terhadap Kepuasan Konsumen di Kota Bandung

Fajar Firdaus, Anne Ratnasari

Abstract


Abstract. Indonesia's economic growth is influenced by the development of industries that create creative economies. LTHRKRFT is one of the brands in the creative industry that creates skin-based products. LTHRKRFT continues to innovate in the quality of its products to create customer satisfaction. This study aims to determine the effect of LTHRKRFT Leathergoods product quality on customer satisfaction in the city of Bandung. There are 9 main dimensions used by product quality that is form, feature, quality performance, quality conformance, durability, reliability, repairability, style, and customization. The research instrument used is questionnaires distributed to 75 respondents with the method of taking simple random sampling. This research uses descriptive analysis and multiple linear regression test. The result of this research can be concluded that form variable, quality conformity, endurance, repair ability, and style influence partially on customer satisfaction of LTHRKRFT in Bandung city. 9 dimensions of product quality simultaneously affect the customer satisfaction LTHRKRFT in the city of Bandung.

Keywords: Product Quality, Leather Products, Customer Satisfaction, LTHRKRFT

 

Abstrak. Pertumbuhan ekonomi Indonesia dipengaruhi oleh perkembangan industri yang menciptakan ekonomi kreatif. LTHRKRFT merupakan salah satu merek di industri kreatif yang menciptakan produk berbahan dasar kulit. LTHRKRFT terus melakukan inovasi dalam kualitas produknya untuk menciptakan kepuasan terhadap konsumennya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh kualitas produk LTHRKRFT Leathergoods terhadap kepuasan konsumen di kota Bandung. Terdapat 9 dimensi utama yang dipakai oleh kualitas produk yaitu bentuk, fitur, kinerja kualitas, kesesuaian kualitas, daya tahan, kehandalan, kemampuan perbaikan, gaya, dan kostumisasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner yang disebarkan kepada 75 responden dengan metode pengambilan simple random sampling. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan uji regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa  variabel bentuk, kesesuaian kualitas, daya tahan, kemampuan perbaikan, dan gaya berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan konsumen LTHRKRFT di kota Bandung. 9 dimensi kualitas produk berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan konsumen LTHRKRFT di kota Bandung.

Kata kunci: Kualitas Produk, Produk Kulit, Kepuasan Konsumen, LTHRKRFT


Keywords


product quality, leather products, customer satisfaction, LTHRKRFT.

Full Text:

PDF

References


Arokiasamy,A., Anantha Raj., Abdullah, G., Abdul. 2013. Service Quality and Customer Satisfaction In The Celuller Telecommunication Service Provider In Malaysia. International Refereed Research Journal, Vol.4(2),1-9.

Ratnasari, Anne., Hamdan, Yusuf., Tandika, Dikdik. 2012. Pelatihan Negosiasi Penjualan Dalam Pemasaran Produk Dan Jasa. Prosiding SNaPP2012: Sosial, Ekonomi, dan Humaniora, ISSN 2089-3590

Buchory, Achmad Herry dan Djaslim, Saladin. 2010. Manajemen Pemasaran. Edisi Pertama. Bandung: Linda Karya.

Kotler, Philip dan Gary, Armstrong. 2014. Principles Of Marketing, 15th Edition. New -Jersey: Pearson Prentice Hall.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2016. Marketing Management 15th Edition. England: Pearson.

Syaparilwadi, Panzy dan Wardhana Aditya. 2015. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Perusahaan Konveksi Fazry. e-Proceeding of Management, Vol.2, No.3.

Tjiptono, Fandy. 2011. Pemasaran Jasa. Yogyakarta: ANDI.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.12783

Flag Counter   Â