Hubungan antara Menonton Film “Filosofi Kopi†dengan Perilaku Penonton dalam Mengkonsumsi Kopi

Ragil Fajar Kurniawan, Aning Sofyan

Abstract


Abstract. Entitled “the corelation between “filosofi kopi†movie watching with viewers behavior in coffee consumingâ€, this research aim is to find out what effect can occur between watching movie with behavior changes in coffee consuming. This research applied in Ruang Film Bandung community. People nowadays still got less information about coffee it self, wether it’s the type of coffee bean or how the process going till it’s become a drink. People usually got information about coffee just by packaging of coffee it self. The movie “Filosofi Kopi†provides many informations about coffee, so that the viewers of the movie will be more easy to understand and get more information about coffee, more of that the output is people’s understanding about coffee content will be increasing. The basis theory that forms this research is Stimulus-Response theory. The movie that become a stimulus devide by two aspects, they are narative and sinematic, then the occur response that will recieved is that the changes of behavior in coffee consuming.This research using cualitative corelation methods. The responden that choosen are 80 members of Ruang Film Bandung community. This 80 amount came from random sampling techniques. This research also went with interviewing one of respondent and relevant lirerature study.The result of this research are : the relation between narrative aspect with coffee consuming behavior is 0.330. it means there is a low correlation but definite relation category ; and the second one is the relation between cinematics aspect with coffe consuming behavior is 0,335, and it also means low correlation but still definite in relation category. The conclution is that the movie “filosofi Kopi†influence viewer’s behavior of coffe consuming.

Keywords: Mass Media Effect, Film “Filosofi Kopiâ€, Behavior of consumsing

 

Abstrak. Penelitian ini berjudul “Hubungan Antara Menonton Film “Filosofi Kopi†dengan Perilaku Penonton dalam Mengkonsumsi Kopi†yang bertujuan untuk mengetahui efek yang terdapat pada menonton film dengan perubahan perilaku dalam mengkonsumsi kopi di komunitas Ruang Film Bandung. Masyarakat masih kurang paham tentang kopi dengan luas, mulai dari jenis biji kopi, cara mengolahnya menjadi minuman dan orang-orang masih banyak mengetahui kopi hanya dari kopi kemasan. Pada film “Filosofi Kopi†ini memberikan informasi seputar kopi, sehingga penonton akan lebih mudah memahami isi cerita dan juga informasi yang diberikan akan mudah diterima sehingga pemahaman tentang kopi akan meningkat. Teori yang menjadi landasan dalam penelitian ini ialah teori Stimulus-Respone. Film yang menjadi stimulus terdiri dari dua aspek yaitu unsur naratif dan sinematik sehingga muncul respone yang akan diterima yaitu perubahan perilaku mengkonsumsi kopi. Menggunakan metode penelitian korelasi kuantitatif. Responden yang dipilih adalah komunitas Ruang Film Bandung sebanyak 80 orang dengan menggunakan teknik random sampling, wawancara dengan salah satu responden dan studi kepustakaan yang relavan. Hasil dari penelitian ini diantaranya adanya hubungan antara unsur naratif dengan perilaku mengkonsumsi kopi sebesar 0,330 termasuk kategori hubungan rendah tapi pasti. Lalu adanya hubungan antara unsur sinematik dengan perilaku mengkonsumsi kopi sebesar 0,335 termasuk kategori rendah tapi pasti. Dapat dikatakan film “Filosofi Kopi†mempengaruhi perilaku penonton dalam mengkonsumsi kopi.

Kata  Kunci : Efek Media Massa, Film “Filosofi Kopiâ€, Perilaku Konsumsi


Keywords


Efek Media Massa, Film “Filosofi Kopi”, Perilaku Konsumsi

Full Text:

PDF

References


Ardianto, Elvinaro, Lukiati Komala, dan Siti Karlinah. 2012. Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Effendy, Onong. 2003. Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikas. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti

Effendy, Onong. 2009. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Feist, Jess Feist, Gregory J. 2016. Theories of Personality. Penerjemah: Smita Prathita Sjahputri Jakarta: Salemba Humanika.

James, Michael. 2001. Pembangunan Ekonomi di Dunia Ketiga. Jakarta: Ghalia.

McQuail, Dennis. 1987. Mass Communication Theory, Second Edition. Penerjemah: Agus Dharma dan Aminuddin Ram. Jakarta: Erlangga.

Mulyana, Deddy. 2014. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Monaco, James. 1977. How To Read a Film. Penerjemah: Asrul Sani. Jakarta: Yayasan Citra.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2010. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Notoatmodjo, Soekidjo. 2012. Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Prastista, Himawan. 2008. Memahami Film. Yogyakarta: Homerian Pustaka

Prastista, Himawan.2017. Memahami Film Edisi 2. Yogyakarta: Montase Press

Purwanto, Ngalim. 1990. Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Rakhmat, Jalaluddin. 2013. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya.

Sumber lain

Karsa, Satya Indra. 2006. Mengenalkan Anak pada Dunia Film dalam jurnal MediaTor

vol.7 no.2, Desember 2006. https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/mediator/article/download/1288/827 diakses pada tanggal 6 Agustus 2018.

“ Indonesia menguasai pasar kopi ritel dunia†https://bisnis.tempo.co/read/853124/indonesia-menguasai-pasar-kopi-ritel-dunia tanggal akses 22 Mei 2018 pukul 19.54 WIB




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.12554

Flag Counter   Â