Representasi Budaya Organisasi dalam Film The Internship

Arif Rachmansyah, Anne Maryani

Abstract


Abstract. The Internship film (2013), displayed scenes that represent corporate culture . The corporate culture adopted in this film is Google. The scenes represented are related to the organizational culture within the Google enterprise. The Internship fim tells of two friendly central figures. They just lost their job as salesman then tried to apply to Google companies, and accepted as an internship. That figures are played by Vince Vaughn (Bill Mcmahon) and Owen Wilson (Nick Campbell). The background is located at Google company, and the  film directly represent what is inside the company. The research objective is to find out the representation of organizational culture in The Internship film in terms of reality, representation and ideology. This research method is qualitative with John Fiske's semiotic approach to Google's corporate culture in The Internship Film. Data collection techniques using textual analysis with The Internship film as the object, interviewing two informants and the literature studies. The results of the research explain that in terms of reality, representation and ideology, the film visualized Google to create an organizational culture that can cooperate with the team, not individually. Because Google is basically expecting new recruits based on team building rather than individual work.               

Keywords: Reality, Representation, Ideology, The Internship Film

 

Abstrak. Film The Internship (2013), menampilkan banyak adegan-adegan yang merepresentasikan budaya perusahaan. Budaya perusahaan yang diangkat dalam film ini adalah Google. Adegan yang direpresentasikan terkait dengan budaya organisasi di dalam perusahaan Google. Film The Internship ini menceritakan dua tokoh sentral yang bersahabat. Kedua orang yang baru kehilangan pekerjaan sebagai salesman kemudian mencoba melamar ke perusahaan Google, dan diterima sebagai karyawan magang. Kedua tokoh tersebut diperankan oleh Vince Vaughn (Bill McMahon) dan Owen Wilson (Nick Campbell). Dengan latar atau set di perusahaan Google, film ini secara langsung merepresentasikan apa yang terdapat di dalam perusahaan tersebut. Tujuan penelitian untuk mengetahui representasi budaya organisasi dalam film The Internship ditinjau dari realitas, representasi, dan ideologi. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan semiotika John Fiske mengenai budaya perusahaan Google dalam Film The Internship. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis tekstual dengan objek film The Internship, wawancara dua orang informan dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa secara realitas, representasi, dan ideologi film tersebut secara visual menggambarkan pihak Google menciptakan budaya organisasi yang bisa bekerjasama tim, bukan bekerja secara individu karena pada dasarnya Google mengharapkan penerimaan karyawan baru didasari dengan membangun kerja tim bukan individual.

Kata Kunci : Realitas, Representasi, Ideologi, Film The Internship


Keywords


Realitas, Representasi, Ideologi, Film The Internship

Full Text:

PDF

References


Baksin, Askurifai. 2003. Membuat Film Indie itu Gampang. Bandung: Katarsis.

Fiske, John. 2007. Cultural And Communication Studies : Sebuah Pengantar Paling Komprehensif. Yogyakarta: Jalan Sutra.

Mangkunegara. Anwar Prabu, 2005. Sumber Daya Manusia perusahaan. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Moleong, Lexy. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy. 2008.Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Robbins, S. P. dan Judge. 2007. Perilaku Organisasi, Jakarta: Salemba Empat.

Sobur, Alex. 2009. Semiotika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.12551

Flag Counter   Â