Penggunaan Selebriti Endorser dalam Menarik Minat Mengunjungi Korea

Putik Fathia Eridwika, Nurhastuti Nurhastuti

Abstract


Abstract. The problem formulation of this research is how using the celebrity 'EXO' in Visit Seoul advertisement, for 10th grade students of SMA Santa Angela Bandung, could be gaining their interest to visit Korea. For now, many companies are switching to YouTube as the media to promote by using endorsers as a supporting attribute. One of the companies is official Tour Guide, which wants to introduce Korean culture and fascinating tourist attractions to visit in Seoul - South Korea, by using EXO a boy group from South Korea as the endorser.  The research population are tenth grade students of SMA Santa Angela Bandung. There were 65 respondents, taken as samples, through questionnaire-based survey using Google form with a method of sampling from a population, that is random sampling. This research used the theory of Celebrity Characteristics by Shimp (2003), and the keys of this theory are Atractiveness, Expertise, and Trustworthiness. The results of this research, based on the calculation table by the researcher, are all the characteristics that EXO have as a Celebrity Endorser got high scores, The Atractiveness, Expertise, and Trustworthiness that EXO have gained interests of respondents or tenth grade students of SMA Santa Angela Bandung to visit Korea.

Keywords: Celebrity Endorser, EXO, interests

 

Abstrak. Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana penggunaan selebriti EXO di iklan Visit Seoul bagi kalangan siswa kelas 10 SMA Santa Angela Bandung dalam menarik minat mengunjungi Korea. Saat ini, banyak Perusahaan yang beralih ke media YouTube sebagai ajang promosi/iklan dengan menggunakan endorser sebagai atribut pendukungnya. Keterlibatan Selebriti atau endorser sangat berperan penting pada penjualan sebuah produk. Salah satu perusahaan yang menggunakna jasa Celebrity Endoser adalah Visit Seoul, dimana Visit Seoul adalah official Tour Guide yang ingin mengenalkan budaya Korea dan tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi yang berada di Seoul, Korea Selatan dengan menggunakan EXO, yaitu boy group yang berasal dari Korea Selatan sebagai endorsernya. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas 10 SMA Santa Angela Bandung. Sampel yang diambil pada penelitian ini sebanyak 65 responden melalui pembagian kuisioner google form dengan menggunakan teknik pengambilang sampel random sampling. Penelitian ini menggunakan konsep teori Karakteristik Selebriti Endoser yang dikemukakan oleh Shimp (2003), yaitu Daya Tarik (Atractiveness), Keahlian (Expertise), dan Kepercayaan (Trustworthiness). Hasil dari penelitian ini berdasarkan pada tabel perhitungan yang dilakukan peneliti adalah semua karakteristik yang dimiliki EXO sebagai Celebrity Endoser berada pada rentang atau skor tinggi. Karateristik Daya Tarik, Keahlian, dan Kepercayaan/Kredibilitas yang dimiliki EXO menumbuhkan minat mengunjungi Korea bagi responden atau siswa kelas 10 SMA Santa Angela Bandung.

Kata Kunci : Selebriti Endoser, EXO, Minat


Keywords


Selebriti Endoser, EXO, Minat

Full Text:

PDF

References


A, Shimp,Terence. 2003. Periklanan Promosi & Aspek Tambahan Komunikasi

Pemasaran Terpadu, Jilid I (edisi 5), Jakarta : Erlangga.

C.P. Chaplin. 2005. Kamus Lengkap Psikologi, Terjemahan Kartini Kartono. Jakarta:

Raja Grafindo Persada.

Hudori, 2010. Analisis Persepsi Konsumen Terhadap Endorser Iklan di Televisi dan Hubungannya dengan Keputusan Pembelian. Skripsi Fakultas Ekonomi. Institut Pertanian Bogor. Skripsi tidak dipublikasikan.

Kismono, Gugup. 2001. Pengantar Bisnis. Edisi Pertama. Yogyakarta : BPFE.

Mahestu, Noviandra. 2006. Analisis Pengaruh model iklan terhadap perilaku

pembelian remaja, kasus pada bintang akademi fantasi indosiar. Jurnal Nirmana

hal 68.

Sumber lainnya:

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20180626175156-269-309163/boyband-exo-jadi-duta-pariwisata-korea-selatan

http://english.visitseoul.net/index

https://exo-l.smtown.com/




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.12532

Flag Counter   Â