Peran Brand Attitude dalam Menarik Minat Beli Konsumen Produk Kecantikan Herborist

Tsara Fadhillah, Ike Junita Triwardani

Abstract


Abstract. As the development of the era, cosmetics are not only used by women but also many men use cosmetics with various kinds. Even nowadays there are also cosmetics that are intended for children under the age of five and below. Now, cosmetics are not a common item that is only intended for women. Moreover, cosmetics can penetrated in various ages, both young and old. This study aims to examine and analyze about the role of Brand Attitude in attracting consumers to buy Herborist beauty products, the loyalty of consumers in using the products they already use, the important of attributes in a product and the satisfaction of consumers with the products that they use in daily life. Brand attitude can be formed from credibility about the intrinsic attributes of a brand, the functional benefits and the experience. This research use descriptive research method, descriptive is to finding the fact with proper interpretation. The target population of this research is Economics - Management students. The sample of this research is using purposive sampling technique where the researcher choose the sample based on the appraisal to some characteristic of sample member which is adjusted to research intention. The technique of collecting data is distributing questionnaires to Economics – Management students. Based on the results of the analysis conducted by spreading the questionnaire to the students of Economics – Management, then it can be seen that the students had a good impression towards the Herborist brand and had a good experience so that the product can affect the purchase intensity of the product in the future.

Keywords: Brand Attitude, Consumer Buying Interest

 

Abstrak. Seiring berkembangnya zaman, kosmetik tidak hanya digunakan oleh wanita saja melainkan pria juga banyak yang menggunakan kosmetik dengan berbagai macam. Bahkan di era sekarang terdapat juga kosmetik yang diperuntukan untuk anak usia balita maupun di bawahnya. Kosmetik sekarang bukanlah barang yang lumrah yang hanya diperuntukkan untuk wanita saja. Bahkan kosmetik biasa merambah di berbagai usia, baik yang muda maupun yang tua sekalipun. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis bagaimana peran Brand Attitude dalam menarik minat beli konsumen produk kecantikan Herborist. Seberapa loyal konsumen dalam menggunakan produk yang sudah mereka pakai, bagaimana atribut sangat mempengaruhi dalam sebuah produk dan bagaimana konsumen merasa puas dengan produk yang ia gunakan dalam kesehariannya. Brand attitude dapat dibentuk dari kepercayaan tentang atribut intrinsik dari suatu merek dan juga manfaat fungsional serta pengalaman yang menyertainya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif, deskriptif adalah pencarian fakta dengan interpretasi yang tepat. Populasi yang dituju dari penelitian ini adalah mahasiswa Ekonomi – Manajemen. Sampel penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik purposive sampling di mana peneliti memilih sampel berdasarkan penilaian terhadap beberapa karakteristik anggota sampel yang disesuaikan dengan maksud penelitian. Teknik pengumpulan data dengan menyebarkan angket kepada mahasiswa Ekonomi – Manajemen.  Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan dengan menyebarkan angket kepada mahasiswa Ekonomi – Manajemen maka dapat diketahui bahwa mahasiswa memiliki sikap terhadap merek Herborist yang baik, memiliki pengalaman yang baik, sehingga produk tersebut dapat mempengaruhi dalam intesitas pembelian produk ke depannya.

Kata Kunci: Brand Attitude, Minat Beli Konsumen


Keywords


Brand Attitude, Minat Beli Konsumen

Full Text:

PDF

References


Amalia, Cut Nisa. 2013. Analisis Sikap terhadap Merek Inti & Persepsi Konsumen dalam mempengaruhi minat beli terhadap perluasan merek. Skripsi. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Ashari, Rindy. 2011. Strategi Komunikasi Pemasaran melalui Media Online dan Tingkat Kepuasan Pembeli. Skripsi. Medan: FISIP USU.

Kurniawati, Dyah. 2009. Studi Tentang Sikap Terhadap Merek dan Implikasinya Pada Minat Beli Ulang. Tesis. Semarang: Universitas Diponegoro.

Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.

https://www.herborist.co.id/




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.12220

Flag Counter   Â