Daya Tarik Brand Equity Makaroni Ngehe pada Konsumen

Shema Alleysia, Zulfebriges Zulfebriges

Abstract


Abstract. One of the activities that can be done by a company is to make a brand and its products can be favored by consumers. This brand becomes a distinctive feature of a product to be recognized by its name. Brand becomes one of the most popular words in the marketing world. People in general are becoming more aware of a well-managed brand, benefit and brand power. Brand equity is the added value given to products and services. Brand equity can be reflected in the way consumers think, feel and act in relation to brands, as well as the price, market share, and profitability that the brand brings to the company. This research entitled Charm of Brand Equity Ngehe Makaroni. The formulation of this research problem is How is the appeal of Brand Equity Ngehe Macaroni Product to Consumer? The purpose of this research is to find out how the appeal of Ngehe Makaroni brand equity product to consumers by finding how big the appeal of this brand equity to attract customers to remain loyal with Ngehe Makaroni brand. The theory used in this research is Theory of Brand Equity according to David A. Aaker. This research uses quantitative method in descriptive study, research done to know the value of independent variable, either one variable or more (independent) without making comparison, or connect with other variables. Population and samples in this study were taken from consumers Macaroni Shop Ngehe Bandung branch Pungkur Area in Ciateul Street. Using slovin formula with 100 respondents. The sampling technique used is accidental sampling. To calculate descriptive data that is using mean, median, mode, and standard deviation setra percentage calculation. It can be stated that there is a positive appeal about Ngehe Makaroni brand equity to consumers with the result that consumers prove brand strength faithfully in purchasing their products.

Keyword: Brand, Brand Equity, Product

 

Abstrak. Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan oleh perusahaan adalah membuat sebuah merek dan produknya dapat disukai oleh konsumen. Merek ini menjadi ciri tersendiri dari sebuah produk agar dapat dikenali sesuai dengan namanya. Merek menjadi salah satu kata yang paling populer dalam dunia pemasaran. Masyarakat pada umumnya menjadi lebih sadar terhadap suatu merek, manfaat, dan kekuatan merek yang dikelola dengan baik. Brand equity atau ekuitas merek merupakan nilai tambah yang diberikan pada produk dan jasa. Ekuitas merek dapat tercermin dalam cara konsumen berpikir, merasa dan bertindak dalam hubungannya dengan merek, dan juga harga, pangsa pasar, dan profitabilitas yang diberikan merek bagi perusahaan. Penelitian ini berjudul Daya Tarik Brand Equity Makaroni Ngehe. Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana daya tarik Brand Equity Produk Makaroni Ngehe terhadap Konsumen? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana daya tarik brand equity produk Makaroni Ngehe terhadap konsumen dengan mencari seberapa besar daya tarik ekuitas merek ini untuk menarik pelanggan untuk tetap setia dengan merek Makaroni Ngehe. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Theory of Brand Equity (Ekuitas Merek) oleh David A. Aaker. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yaitu dalam studi deskriptif, penelitian yang dilakukan untuk mengetahui nilai variabel mandiri, baik satu variabel atau lebih (independen) tanpa membuat perbandingan, atau menghubungkan dengan variabel yang lain. Populasi dan sampel pada penelitian ini diambil dari konsumen Toko Makaroni Ngehe cabang Bandung Daerah Pungkur di Jalan Ciateul. Dengan menggunakan rumus slovin dengan jumlah 100 responden. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah accidental sampling. Untuk menghitung data deskriptif yaitu menggunakan mean, median, modus, dan standar deviation setra perhitungan persentase. Dapat dinyatakan bahwa terdapat daya tarik yang positif mengenai brand equity Makaroni Ngehe terhadap konsumen dengan hasil yang menyatakan bahwa konsumen membuktikan kekuatan merek dengan setia dalam pembelian produknya.

Kata kunci: Merek, Ekuitas Merek, Produk


Keywords


Merek, Ekuitas Merek, Produk.

Full Text:

PDF

References


Aaker, A. David. 2008. Manajemen Ekuitas Merek. Alih bahasa oleh Aris Ananda. Jakarta: Mitra Utama.

Rangkuti, Freddy, 2002. The Power of Brands, Teknik Mengelola Brand Equity dan Strategi Pengembangan Merek. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Sutisna. 2003. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Verdianti, Vera dan Ahmadi, Dadi. 2015. Hubungan antara Kegiatan Komunikasi Pemasaran dengan Membangun Ekuitas Merek.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.11942

Flag Counter   Â