Hubungan antara Promosi Penjualan dan Shopping Lifestyle dengan Impulse Buying

Chintya Maulidina, Udung Noor Rosyad

Abstract


Abstract. Nowadays, globalization's influence goes very fast and involves various fields of life, one of them in the field of shopping. The influence of increasingly modern life makes appearance to always look elegant, and fulfill the desire to always look stylish. This is certainly used by the H&M to conduct sales promotion. The purpose of this study is to find out whether there is a relationship between sales promotion and shopping lifestyle with impulse buying on H M fashion product. Researcher using correlational analysis technique using a quantitative approach. Selected population in this study is Student of Faculty of Business and Management of Widyatama University 2014. The sampling technique used is using simple random sampling technique (random sampling sample). Data collection techniques used in this study were questionnaires and literature. Based on the results of the study, it was proven that there was a relationship between sales promotion and shopping lifestyle with impulse buying on H&M products, with the attractive point of purchase being able to attract respondents to impulse buying on H&M products, and discounted prices given by H&M with impulse buying have meaningful relationship. Furthermore, it can be seen that the H&M brand has a significant relationship with impulse buying so as to attract respondents to impulse buying, and product models that are always marketed by diverse H&M can attract respondents to impulse buying.

Keywords: Sales Promotion, Shopping Lifestyle, Impulse Buying


Abstrak. Dewasa ini pegaruh globalisasi berjalan dengan sangat cepat dan menyangkut berbagai bidang kehidupan, salah satu contohnya dalam bidang berbelanja. Peningkatan pengaruh kehidupan yang semakin modern membuat penampilan ingin selalu terlihat elegan, dan memenuhi keinginan untuk selalu tampil gaya. Hal ini tentunya dimanfaatkan oleh H&M dalam melakukan promosi penjualan untuk meningkatkan penjualnnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara promosi penjualan dan shopping lifestyle dengan impulse buying pada produk fashion H&M. Peneliti menggunakan metode teknik analisis korelasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Bisnis dan Manajemen Universitas Widyatama Angkatan 2014.  Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah menggunakan teknik pengambilan sampel acak sederhana (sampel random sampling). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan studi pustaka. Berdasarkan hasil penelitian, terbukti adanya hubungan antara promosi penjualan dan shopping lifestyle dengan impulse buying pada produk H&M, dengan adanya point of purchase yang dilakukan dengan menarik mampu menarik responden untuk melakukan impulse buying pada produk H&M, dan potongan harga yang diberikan H&M dengan impulse buying mempunyai hubungan yang cukup berarti. Selanjutnya dapat diketahui bahwa merek H&M memiliki hubungan yang cukup berarti dengan impulse buying sehingga mampu menarik responden untuk melakukan impulse buying, dan model produk yang selalu dipasarkan oleh H&M yang beragam mampu menarik responden untuk melakukan impulse buying.

Kata Kunci: Promosi Penjualan, Shopping Lifestyle, Impulse Buying


Keywords


Promosi Penjualan, Shopping Lifestyle, Impulse Buying.

Full Text:

PDF

References


Buku

Kotler, P., dan K. L. Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat.

Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. 2014. Marketing an Introduction Edisi 10. Indonesia: Perason.

Schiffman, L. dan Kanuk Leslie Lazar. 2010. Perilaku Konsumen Edisi 10. PT. Indeks: Jakarta.

Solomon, M.R. & Rabolt, N. 2009. Consumer Behavior in Fashion, 2nd Edition. USA: Prentice Hall.

Sumarwan, Ujang. 2013. Perilaku Konsumen (Edisi Kedua). Bogor: Gahlia Indonesia.

Jurnal

Prastia, F.E., (2013), Pengaruh Shopping Lifestyle, Fashion Involvement dan Hedonic Shopping Value Terhadap Impulse Buying Behaviour Pelanggan Toko Elizabeth Surabaya, Jurnal Manajemen & Kewirausahaan, Vol. 7, No. 2.

Rosyad, Udung Noor. 2011. Pengaruh Komunikasi Pemasaran terhadap Perluasan Pangsa Pasar.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.11923

Flag Counter   Â