Persepsi Mahasiswa terhadap Kualitas Pelayanan e-Library Unisba

Mia Yuniati, Indri Rachmawati

Abstract


Abstract.  The rapid development of information and communication technology supports various fields to equip facilities to run better systems. One of them in the field of education is in conventional libraries by pioneering digital libraries, or what we usually call e-Library as a support for conventional library presence. Collection of information and list of collections from a library can be accessed through a computer with internet support through the e-Library.Technical Service Unit of Bandung Islamic University’s Library has a library information system that is e-Library including borrowing and return also repository to document scientific work of Bandung Islamic University academic community. e-Library Unisba collects library collections in digital form, enabling to search the existing collections in Bandung Islamic University library before searching for books directly. Users perception of the quality of service can be entered in improving the quality of services provided by the site provider to its users. The purpose of this research is to find out how the perception of students to ease of use, appearance, reliability, customization, communication, incentives of the e-Library. This research uses quantitative research type with descriptive approach. This research resulted in the blessed conclusion of quality service of the e-Library. Student perceptions of ease of use "Good", with score of 70%; appearance "Good", with score of 67%; reliability "Good", with score of 66%; customization "Good", with score of 68%; communication "Good", with a score of 66%; incentives "Good", with a score of 67%.

Keywords: E-Library, Quality Service, Electronic Quality Service

 

Abstrak. Pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi mendukung berbagai bidang untuk melengkapi fasilitas guna menjalankan sistem yang lebih baik. Salah satu nya di bidang pendidikan ialah pada perpustakaan konvensional dengan merintis perpustakaan digital, atau yang biasa kita sebut e-Library sebagai penunjang kehadiran perpustakaan konvensional. Kumpulan informasi dan daftar koleksi dari suatu perpustakaan dapat diakses melalui komputer dengan dukungan internet melalui e-Library tersebut. Unit Pelayanan Teknis (UPT) Perpustakaan Unisba memiliki sistem informasi perpustakaan yakni e-Library termasuk peminjaman dan pengembalian dan repository untuk mendokumentasikan karya ilmiah civitas akademika Unisba. e-Library Unisba menghimpun koleksi-koleksi perpustakaan dalam bentuk digital, memungkinkan untuk melakukan pencarian koleksi yang ada di perpustakaan Unisba sebelum mencari buku secara langsung. Persepsi pengguna terhadap kualitas pelayanan tersebut dapat menjadi masukkan dalam meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan penyedia situs kepada para penggunanya. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana persepsi mahasiswa terhadap kemudahan penggunaan, penampilan,  kehandalan, kustomisasi, komunikasi, insentif e-Library Unisba. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan terkait kualitas pelayanan e-Library Unisba. Persepsi mahasiswa terhadap kemudahan penggunaan “Baikâ€, dengan skor sebesar 70%., penampilan “Baikâ€, dengan skor sebesar 67%, kehandalan “Baikâ€, dengan skor sebesar 66%, kustomisasi “Baikâ€, dengan skor sebesar 68%, komunikasi “Baikâ€, dengan skor sebesar 66%, insentif “Baikâ€, dengan skor sebesar 67%.

Kata kunci: E-Library, Kualitas Pelayanan, Kualitas Pelayanan Elektronik 


Keywords


e-Library, Kualitas pelayanan, Kualitas pelayanan elektronik

Full Text:

PDF

References


Anggraini S., Lia & Kirana Nathalia. 2014. Desain Komunikasi Visual. Bandung: Nuansa Cendekia.

Applebaum, Ronald L. et. al. 1973. Fundamental Concepts in Human Communication. New York: Joanna Cotler Books.

Bungin, Burhan. 2005. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana.

Devito, Joseph A. 2011. Komunikasi Antarmanusia Edisi Kelima. Alih bahasa: Agus Maulana. Tangerang Selatan: Karisma Publishing Group.

Darmawan, Deni. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Laxman Pendit, Putu et al. 2007. Perpustakaan Digital: Perspektif Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia. Jakarta: Sagung Seto.

Mann, Chris & Fiona Stewart. 2000. Internet Communication and Qualitative Research: A Handbook for Researching Online. London: Sage.

Mulyana, Deddy. 2014. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rakhmat, Jalaluddin. 2011. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Silalahi, Ulber. 2015. Metode Penelitian Sosial Kuantitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Refika Aditama.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. 2017. Service Management: Mewujudkan Layanan Prima Edisi III. Yoyakarta: ANDI.

e-Book

Fathmi. 2016. Kajian Kualitas Pelayanan Perpustakaan Nasional RI. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI. http://www.pnri.go.id/webforms/uploads/files/17083109203351H7rqMLEV.pdf diakses pada 8 Juli 2018 pk. 20.30WIB.

Jurnal

Alifah, Siti. 2016. “Kajian Efektivitas Penerapan e-Library: Studi Kasus Perpustakaan Nasional RIâ€, dalam Faktor Exacta 9(3): 247-256. http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Faktor_Exacta/article/viewFile/811/898 diakses pada 5 Juli 2018 pukul 14.50WIB.

Maryani, Anne. 2016. “Karakteristik Hyperpersonal Communication dalam Internet Relay Chat sebagai Bagian dari Computer Mediated Communicationâ€, dalam Jurnal MediaTor Vol.7,No.1,Juni.2006. https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/mediator/article/viewFile/1216/778 diakses pada 4 Agustus 2018 pada 19.45WIB.

Ojasalo, J. 2010. E-Service Quality: A Conceptual Model. International Journal of Arts and Sciences 3(7): 127 – 143. https://pdfs.semanticscholar.org/f7b8/8d088ceca75554a4a7bb9aeaf5013789ab31.pdf, diakses pada 2 Maret 2018 pukul 16.05WIB.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.11789

Flag Counter   Â