Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan Shafira

Wempy Shidiq Purwadi, Anne Maryani

Abstract


Abstract. The development of the current era makes the competition in the business world become increasingly tight. Shafira as a Muslim fashion company, from the beginning has realized the competition. Therefore Shafira tried to develop its divisions to gain their loyalities, Division of Customer Relationship Management & Customer Centric by doing a variety of different programs with other companies.The purpose of this thesis are about to learn how the marketing communication strategy by Shafira, the planning and preparation,the implementation of the program and the obstacles and faced by CRM & Customer Centric Division Shafira and Evaluation. The method used in this research is qualitative method with obsarvation approach. The data is obtained through direct interviews with Chief and Staff of CRM & Customer Centric Division Shafira and also documentation.Based on the results of research, we can conclude that Shafira conducted marketing communication strategy so they can keep innovate from the other competitors.CRM & Customer Centric Division in Shafira also makes various work program plans with a perfect readiness. Evaluation becomes the benchmark of the company's target achievement on maintaining customer loyalty.

Keywords : Strategy, Marketing Communication, Shafira, Competitors and Customer Loyalty

Abstrak. Perkembangan zaman saat ini membuat persaingan di dunia bisnis menjadi semakin ketat. Shafira sebagai perusahaan fashion muslim yang sudah berdiri sejak lama sampai saat ini, telah menyadari persaingan tersebut. Shafira berusaha mengembangkan salah satu divisinya yaitu Divisi Customer Relationship Management & Customer Centric dengan melakukan berbagai program yang berbeda dengan perusahaan lain. Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui dilakukannya Strategi komunikasi pemasaran oleh Shafira, mengetahui perencanaan dan persiapan, pelaksanaan programnya serta mengetahui Hambatan dan yang dihadapi oleh Divisi CRM & Customer Centric Shafira dan Evaluasinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan observasi. Data yang diperoleh didapatkan melalui wawancara langsung dengan Kepala dan Staff Divisi CRM & Customer Centric Shafira dan juga dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa Shafira melakukan Strategi komunikasi pemasaran agar tidak kalah saing dengan kompetitornya. Divisi CRM & Customer Centric Shafira juga membuat berbagai rencana program kerja dengan kesiapan yang matang. Dalam pelaksanaannya, evaluasi menjadi tolak ukur target pencapaian perusahaan dalam mempertahankan loyalitas pelanggan.

Kata Kunci : Strategi, Komunikasi Pemasaran, Shafira, Kompetitor, Loyalitas Pelanggan


Keywords


Strategi, Komunikasi Pemasaran, Shafira, Kompetitor, Loyalitas Pelanggan

Full Text:

PDF

References


Angipora, Marius P. 2002. Dasar – dasar Pemasaran Edisi 2. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Dharmestha, Basu Swastha, dan Hani Handoko. 1997. Manajemen Pemasaran Analisa Perilaku Konsumen.Edisi Pertama, Yogyakarta: BFE.

Dharmmesta, Bashu, Swastha. 1999. “Loyalitas Pelanggan: Sebuah Kajian Konseptual Sebagai Panduan Bagi Penelitiâ€, Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, Vol. 14, No.3

Kotler, Philip. 1994. Marketing management : Analysis, Planing, Implementation, control. Ed. 8, New jersey L Prentice Hall, Inc.

Kottler, Philip dan Keller. 2012. Marketing Management edisi 14, Global Edition. Pearson Prentice Hall.

Kottler, Philip and Gary Armstrong. 2012. Prinsip – prinsip Pemasaran. Edisi13 jilid 1. Jakarta: Erlangga.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.11706

Flag Counter   Â