Komunikasi Interpersonal Driver Gojek
Abstract
Â
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi interpersonal driver Go-jek untuk kepuasan konsumen . sehingga untuk menjawab masalah di atas peneliti menganalisa peneliti menggunakan lima sikap positif yang mendukung komunikasi interpersonal yaitu sikap keterbukaan (opennes), empati (empathy), sikap mendukung (supportiveness), sikap positif (positiveness), dan kesetaraan (equality) antara pegawai dengan konsumen. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah mahasiswa Universitas Islam Bandung yang pernah menggunakan transportasi Gojek, jumlah populasi mahasiswa yang aktif periode 2017-2018 adalah 12.767. Metode penelitian yang digunakan adalah survey dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Unit sampling adalah mahasiswa aktif Universitas Islam Bandung periode 2017-2018 yang berjumlah 100 orang. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukan bahwa komunikasi interpersonal driver Go-jek untuk mendapatkaan kepuasaan pelanggan di nilai baik oleh responden, dengan Skor rata-rata keterbukaan yaitu 3,85, skor rata-rata Empati (emphaty) yaitu 3,958, skor rata-rata Dukungan (supportiveness) yaitu 4.028, skor rata-rata Rasa Positif (positiveness) yaitu 3,954 dan skor rata-rata Kesetaraan (aquality) yaitu 4,018 yang artinya sebagian besar driver Go-jek memiliki komunikasi interpersonal yang baik karena driver Go-jek telah memenuhi Lima sikap positif dari hal tersebut maka di harapkan akan terciptanya kepuasan pelanggan.
Kata Kunci : Komunikasi Interpersonal, Keterbukaan, Empati, Sikap Mendukung, Sikap Positif, Kesetaraan
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arni, Muhammad. 2005. Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.
A. Devito, Joseph. 1997. Komunikasi Antar Manusia. Jakarta: Prossional Books.
Cangara , Hafied. 1998. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta. Rajawali Pers.
C.Mowen, Jhon Michael.2002. Prilaku Konsumen. Jakarta. Erlangga.
Effendy, Onong Uchjana. 1992. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Munandar, Utami, 2004. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta. Rineka Cipta.
Lili Weri,A. 1992. Komunikasi Antar Pribadi. Yogyakarta: Kanisius.
Barnes, James G. 2003. Secret Of Customer Relationship Management. Yogyakarta. Andi.
http://www.merdeka.com/jakarta/sudah-ugal-ugal-driver-go-jek-ini-bentak-penumpangnya.html.di akses pada 25-07-2018. 08:14
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.11514
  Â