Analisis Peramalan Penjualan Produk Bandana Multifungsi dengan Menggunakan Metode Exponential Smoothing pada Perusahaan PT.Cemerlang Kencana Bandana

Erik Bahari Rizki

Abstract


Di Indonesia belum ada produsen lain yang memproduksi bandana multifungsi selain PT. Cemerlang Kencana Bandana. Hal ini yang membuat produk bandana multifungsi buatan perusahaan tersebut banyak digemari oleh konsumen, karena di Indonesia tidak ada pesaing dengan pembuatan produk yang sama dengan kualitas bagus dan harga terjangkau. Akan tetapi PT. Cemerlang Kencana Bandana belum menerapkan system peramalan penjualan untuk bulan – bulan selanjutnya. Peramalan penjualan sangat penting dilakukan, karena untuk mengetahui perkiraan penjualan produk bandana multifungsi di bulan yang akan datang. Tujuan penelitian ini adalah untuk membantu perusahaan mengetahui peramalan penjualan produk bandana multifungsi yang di produksi PT. Cemerlang Kencana Bandana di bulan yang akan datang. Peramalan yang dilakukan dengan menggunakan metode Adjusted Exponential Smoothing dan untuk mengetahui tingkat kesalahan terkecil menggunakan Mean Absolute Deviation dan Mean Absolute Percent Error. Tujuan menggunakan tingkat kesalahan Mean Absolute Deviation dan Mean Absolute Percent Error ini adalah untuk memilih tingkat kesalahan terkecil yang akan di ambil sebagai acuan atau perkiraan bandana multifungsi yang akan terjual pada bulan yang akan datang. Jenis penelitian yang dilakukan dengan cara observasi dan wawancara, setelah memperoleh data penjualan pada perusahaan tersebut, kemudian dilakukan analisis menggunakan metode Adjusted Exponential Smoothing. Setelah penulis analisis lalu memperoleh hasil peramalan terbaik untuk bulan selanjutnya dengan metode Adjusted Exponential Smoothing α = 9 dan β = 1 dengan hasil peramalan sebesar 8,047.21 pcs dengan tingkat kesalahan Mean Absolute Deviation sebesar 2,633.20 dan Mean Absolute Percent sebesar 16.59%.

Keywords


Peramalan, Adjusted Exponential Smoothing.

References


Daft, Richard L, 2010. “Era Baru Manajemen”, Edisi Sembilan. Buku kedua. Jakarta: Salemba Empat.

Heizer, Jay & Render, Barry. 2015. “Manajemen Operasi: Keberlangsungan dan Rantai Pasokan”. Edisi Sebelas. Diterjemahkan oleh: Hirson Kurnia, Ratna Saraswati, David Wijaya. Jakarta: Salemba Empat.

Murahartawaty. 2009. Peramalan. Sekolah Tinggi Teknologi Telkom.

Prasetya, Hery & Fitri Lukiastuti. 2009. “Manajemen Operasi”. Cetakan Pertama. Jakarta: PT. Buku Kita Jakarta

Wiliiam J. Stevenson. 2009. “Management Operation”. Prentice Hall. UK




Flag Counter