Analisis Sistem Antrian Pendaftaran Pasien Bpjs Pada Instalasi Rawat Jalan Dengan Menggunakan Metode Multi Channel - Multi Phase Untuk Meminimumkan Waktu Tunggu Di Rumah Sakit Jiwa Provinsi Jawa Barat

Venny Veonita, Tasya Aspiranti, Poppie Sopiah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk menentukan jumlah loket pendaftaran pasien BPJS di Instalasi Rawat Jalan Rumah sakit Jiwa Provinsi Jawa Barat. Penelitian ini merupakan Deskriptip Kuantitatif, data yang diperoleh dari sampel pupulasi menggunakan teknik pengumpulan data riset lapangan, wawancara dan pengamatan dianalisa. Dengan sistem antrian mengunakan model Multi Channel-Multi Phase yaitu sistem antrian yang terdiri dari server yang tersusun secara seri atau terdiri dari beberapa phase. Penelitian dalam skripsi ini diawali dengan menentukan jumlah loket pendaftaran loket Pasien BPJS. Sistem antrian yang digunakan oleh Rumah Sakit Jiwa saat ini mengunakan sistem antrian  Single Phase. Kemudian dilakukan pengambilan data tiap loket pendaftaran berupa banyak kedatangan dan keberangkatan tiap 30 menit, dengan waktu penelitian 5 hari Senin sampai dengan Jumat. Penelitian ini menerapkan model Antrian Multi Channel-Multi Phase dengan model pelayanan ganda kinerja loket pendaftaran Pasien BPJS di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Jiwa, menunjukan situasi kesibukan antrian yang cukup sibuk terutama hari Senin dan Kamis. Tingkat kesibukan terlihat pada waktu menunggu pasien dalam sistem antrian (Ws) berkurang dari 6,25 menit menjadi 4,25 menit pada hari senin, sedangkan pada hari kamis yaitu 5 menit menjadi 4,25 menit. Oleh karena itu dengan didapatkan waktu menunggu pasien di bawah 4 menit, maka didapatkan jumlah loket yang optimal berdasarkan tingkat aspirasi.


Keywords


Model Antrian Multi Channel, Multi Phase, Model Pelayanan ganda dan Efisiensi

References


Barata, Atep Adya. 2004. Dasar-dasar Pelayanan Prima. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Heizer, Jay dan Barry Render. 2010, Operations Management, 10th ed. New Jersey : Pearson Prentice Hall Internatinal Inc.

Heizer, Jay dan Barry Render. 2005. Manajemen Operasi. Jakarta: Salemba Empat.

Heizer, Jay dan Render, B. 2006. Manajemen Operasi. Jakarta: Salemba Empat..

Heizer, Jay dan Render, B. 2011. Manajemen Operasi. Jakarta: Salemba Empat.

Kolter, Philips dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1dan 2. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Krajewski, Lee P. and Larry P. Ritzman. 2010. Operations Managemen: Processes and Value Chains. New Jersey: Prentice Hall.

Mulyono, S. 1996. Teori Pengambilan Keputusan. Edisi Revisi. Jakarta: Lembaga Penerbit Erlangga.

Render, B. dan R.M. Stair M.E. 2012. Quantitative Analysis For Managemen 11th

Edition. United States: Person Eduction Limited.

Slack, N., S. Chambers & R. Johnston. 2010. Operation Managemen. 6th. Edition

United Kingdom: Pearson

Sugiono. 2003. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Pusat Bahasa Depdiknas

Soegito, Eddy Soeryatno. 2007. Marketing Research: Panduan Bagi Manajer, Pemimpin Perusahaan Organisasi. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Taha, Hamdy A. 2007. Operations Research: An Inroduction, 8th ed, Upper Saddle River, New Jersey: Prentice Hal.

Undang-Undang

Undang-Undang No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.7843

Flag Counter