Pengaruh Desain Produk terhadap Tanggapan Konsumen pada Perusahaan Batik Sammy Pekalongan

Wildan Wildan, Ratih Tresnati, Dede R. Oktini

Abstract


Batik Pekalongan sangat khas karena bertopang sepenuhnya pada ratusan pengusaha kecil, bukan pada segelintir pengusaha bermodal besar. Apa yang dihadapi industri batik pekalongan saat ini mungkin adalah sama dengan persoalan yang dihadapi industri lainnya di Indonesia, terutama yang berbasis pada pengusaha kecil dan menengah. Salah satunya adalah masalah desain dari suatu produk telah menjadi salah satu faktor yang perlu mendapatkan perhatian serius dari manajemen khususnya tim pengembangan produk baru, karena sasaran konsumen yang dituju tidak sedikit yang mulai mempersoalkan masalah desain suatu produk yang mampu memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Berdasarkan landasan tersebut, maka permasalahan dalam penelitian ini adalah: Bagaimana pengaruh desain produk terhadap tanggapan konsumen pada Perusahaan Batik Sammy Pekalongan? Peneliti menggunakan metode teknik analisis korelasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi yang dipilih dalam penelitian ini adalah pengunjung toko Batik Sammy Pekalongan. Dengan teknik pengambilan sampel yaitu teknik sampling aksidental. Dengan menggunakan rumus slovin diperoleh jumlah sampel penelitian sebanyak 60 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, wawancara, observasi, dan studi pustaka. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknis analisis deskriptif dan analisis verifikatif. Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh nilai koefisien regresi dari variabel desain produk bernilai 0,780, karena koefisien regresi (0,780) lebih besar dari nol, dan signifikan yang diperoleh sebesar 0,00 lebih kecil dari tingkat signifikannya sebesar 0,05, maka diputuskan untuk menolak Ho sehingga Ha diterima, artinya terdapat pengaruh desain produk terhadap tanggapan konsumen pada Perusahaan Batik Sammy Pekalongan. Dan besarnya pengaruh desain produk terhadap tanggapan konsumen sebesar 0,664 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh desain produk terhadap tanggapan konsumen pada Perusahaan Batik Sammy Pekalongan adalah sebesar 66,4% dan sisanya sebesar 33,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Keywords


Product Design, Consumer Response

References


Enrico, Adrian Ramadhan. 2009. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Fashion (Studi Kasus Pada Droof Recons Clothing di District Side Semarang). Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Fitriyani, Leila. 2011. Tanggapan Mahasiswa Komunikasi Di Makassar Terhadap Progam Siaran Kick Andy di Metro TV. Skripsi: Universitas Hasanuddin. Makassar.

Ilmaya, Fahma. 2011. Analisis Pengaruh Interaksi Harga dan Desain Produk terhadap Keputusan Pembelian Batik di Eka Batik Semarang. Jurnal.

Imam Djati Widodo, 2005. Perencanaan dan Pengembangan Produk. Yogyakarta: Tim UII Press.

Kotler, Philip. 2005. Manajamen Pemasaran, Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Indeks. Kelompok Gramedia.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2012. Marketing Management 13. New Jersey: Pearson Prentice Hall, Inc.

Pradana, Adhitya. 2010. Analisis Pengaruh Harga, Kualitas, Produk, Desain Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota, Skripsi Universitas Diponegoro. Semarang.

Rakhmat, Jalaluddin. 2007. Metode Penelitian Komunikasi: Dilengkapi Dengan Contoh Analistik Statistik. Bandung: Rosdakarya.

Stanton, William J. 1991. Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.




Flag Counter