Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Fleksibilitas Keuangan

Mochamad Rezky Febryansyah, Nurdin Nurdin, Azib Azib

Abstract


 Abstract. This study aims to determine the factors that affect the financial flexibility in the consumer goods industry companies listed on the Stock Exchange. The research method used in quantitative research, while the type of this research is descriptive and verification research. Population in this research is industrial company of consumer goods which have and still listed in BEI year 2012-2016. Data collection techniques in this study is secondary data in the form of financial statements of consumer goods industry companies listed on the Stock Exchange during the period 2012-2016. Analysis of data used by using multiple regression analysis. Multiple regression analysis in this research is used to know the effect of Leverage and Growth Opportunity tehadap Cash Holding. To be able to perform multiple regression analysis required a classical assumption test. The results of this study indicate that Leverage and Growth Opportunity have significant effect to Cash Holding of pharmaceutical sub sector. This shows that Cash Holding is influenced by Leverage and Growth Opportunity of 0.295 or 29.5%, while the rest of 70,5% is influenced by other factors not examined in this research.

Keywords: Leverage, Growth Opportunity, Cash Holding, Net Working Capital, Cash Conversion Cycle.

 

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi fleksibilitas keuangan pada perusahaan industri barang konsumsi yang terdaftar di BEI. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian kuantitatif, sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan verifikatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan industri barang konsumsi yang sudah dan masih terdaftar di BEI tahun 2012-2016. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa laporan keuangan perusahaan industri barang konsumsi yang terdaftar di BEI selama periode 2012-2016. Analisis data yang digunakan dengan menggunakan analisis regresi berganda. Analisis regresi berganda dalam penelitian ini digunakan untuk mengetahui pengaruh Leverage dan Growth Opportunity tehadap Cash Holding. Untuk dapat melakukan analisis regresi berganda diperlukan uji asumsi klasik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Leverage dan Growth Opportunity berpengaruh signifikan terhadap Cash Holding perusahaan sub sektor farmasi. Hal ini menunjukkan bahwa Cash Holding dipengaruhi oleh Leverage dan Growth Opportunity sebesar 0,295 atau 29.5%, sedangkan sisanya sebesar 70,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kata Kunci: Leverage, Growth Opportunity, Cash Holding, Net Working Capital, Cash Conversion Cycle.


Keywords


Leverage, Growth Opportunity, Cash Holding, Net Working Capital, Cash Conversion Cycle

Full Text:

PDF

References


Ferreira, Miguel A, dan Antonio S. Vilela. (2004). Why Do Frims Hold Cash? Evidence from EMU Countries. European Financial Management, Vol.10, No. 2

Fahmi, Irham, (2011), Analisis Laporan Keuangan, Cetakan Pertama, PT Bumi Aksara, Jakarta

Gill, Amajit, dan Shah Charul. (2012). Determinant of Coorporate Cash Holdings : Evidence from Canada. International Journal of Economics and Finance, Vol 4, No 1, January 2012. College of Business Administration, Trident University Internasional.

Jinkar, Rebecca Theresia. (2013). Analisa Faktor – faktor Penentu Kebijakan Cash Holding Perusahaan Manufaktur di Indonesia. Jurnal Departemen Akunantansi Fakultas Ekonomi. Universitas Indonesia

Kasmir. 2009. Pengantar Manajemen Keuangan . Jakarta: Kencana

Marfuah, dan Ardan Zulhilmi. (2014). Pengaruh Growth Opportunity, Net Working Capital, Cash Conversion Cyrcle, dan Leverage Terhadap Cash Holding Perusahaan. Jurnal Universitas Islam Indonesia.

Nazir, Moh. 2005. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Opler, T., L. Pinkowitz, R. Stulz, and R. Williamson. (1999). The Determinants and Implications of Corporate Cash Holding. Journal of Financial Economics, 52 (1), 3-46

Rahmawati, Zahrotul Auliya. (2013). Faktor – faktor yang Mempengaruhi Keputusan Cash Holding pada Perusahaan Food and Beverages yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Brawijaya.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif,dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Syafrizaliadhi, Adhitya Dasha. (2014). Faktor – Faktor yang Memengaruhi Perilaku Cash Holding pada Perusahaan Besar dan Perusahaan Kecil. Skripsi. Universitas Diponegoro.

Umar, Husein. (2011). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

William, dan Syarief Fauzi. (2013). Analisis Pengaruh Growth Opportunity, Net Working Capital, dan Cash Conversion Cyrcle terhadap Cash Holdings Perusahaan Sektor Pertambangan. Jurnal Ekonomi dan Keuangan, Vol 1, No. 2.

www.idx.co.id




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.10355

Flag Counter   Â