Perbaikan Proses Penjualan Melalui Media Sosial Berdasarkan Perilaku Konsumen (Studi Kasus di Brodo)

Cahyana Octaviandy, Nugraha Nugraha, Otong Rukmana

Abstract


Abstract. The development of technology, progress businesses through the internet also growing. With the internet, consumers to be more easily in a shop. In addition, goods price that offered cheaper or the same as the price in a shop. This report aims to review the role of social media for marketing, knowing consumer behavior using media social within the purchase of products and set marketing strategy. The population research is consumers Brodo and takes the sample it uses purposive sampling. Methods used in research this is the method quantitative to technique analysis regression test, the normality, and the hypothesis. This research result indicates that in marketing social media also have an important role, is to do with flexible sales, fast respond, providing a solution for consumers, share knowledge with consumers Brodo in the purchase of products, consumers use social media and interaction services to employees Brodo in the process of purchasing products Brodo. In the sales process improvement through social media is based on consumer behavior, Brodo can add social media as a marketing and promotional media added services in the sales process. because at this stage of pre-purchase customers will ask. Services provided will influence the behavior of consumers on post-purchase stage because at this stage of post-consumer purchase intentions will perform in the future.

 

Abstrak. Semakin berkembangnya teknologi, kemajuan bisnis melalui internet juga semakin berkembang. Dengan internet, konsumen lebih mudah dalam berbelanja. Selain itu, harga barang yang ditawarkan lebih murah atau sama dengan harga di toko. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran media sosial terhadap pemasaran, mengetahui perilaku konsumen yang menggunakan media sosial dalam pembelian produk dan menetapkan strategi pemasaran. Populasi penelitian ini adalah konsumen Brodo dan pengambilan sampel penelitian ini menggunakan purposive sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik analisis data uji regresi, uji normalitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pemasaran media sosial juga mempunyai peranan penting, yaitu melakukan penjualan dengan fleksibel, fast respond, menyediakan solusi bagi konsumen, berbagi pengetahuan dengan konsumen. Lebih dari 90% konsumen menggunakan media sosial dalam proses pembelian produk Brodo. Dalam merancang strategi promosi pemasaran, brodo bisa menambahkan media sosial sebagai media promosi karena menurut hasil kuesioner lebih dari 90% konsumen menggunakan media sosial dalam mengidentifikasi kebutuhan dan mencari informasi atau alternative untuk produk yang dibutuhkan konsumen. 


Keywords


consumer behavior, social media, a strategy of promotion

References


Ali Hasan. 2009. Marketing. Jakarta : Media Presindo.

Boyd, Walker dan Larreche. 2000. Manajemen Pemasaran : Suatu Pendekatan Strategis dengan Orientasi Global, Edisi Kedua.Jakarta : Erlangga

Djaslim Saladin. 2002. Manajemen Pemasaran, PT. Linda Karya Bandung.

Fandy Tjiptono, 2009. Strategi Pemasaran Jasa. CV. Andi:Yogyakarta

Kotler, Philip ,2008. Manajemen Pemasaran, edisi millennium diterjemahkan benyamin molan, P.T Prenhallindo, Jakarta

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, 2008. Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Penerbit Erlangga. Jakarta.

Kotler, Phillip dan Gary Armstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12 Jilid 1. Jakarta : Erlangga

Schiffman dan Kanuk. 2008. Perilaku konsumen. Edisi 7. Jakarta: Indeks

Stoner, Freeman, dan Gilbert. Jr. 2001. “Manajemen Strategi, Edisi Imdonesiaâ€. Jakarta: Gramedia

Thoyibie, L. 2010. Psikologi Social Media. http://komunikasi-indonesia.org. Diakses tanggal 21 September 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/ti.v0i0.6085

Flag Counter    Â