Perancangan Peta Strategi pada Perusahaan 7summits Travel dengan Menggunakan Metode Balanced Scorecard

Gagah Yongki Prayoga, Nugraha Nugraha, Djamaludin Djamaludin

Abstract


Abstract. The world of the tourism industry in Indonesia has grown and developed in its journey. This development is inseparable from the role of successful development in the tourism sector, one of them is a tour. Business travel agents (travel agents) are businesses that attract the interest of the tourist and are needed by visitors or tourists who want to travel. For this tour and travel agency will help in planning and organizing a tour that is packaged into a tour package. One of the travel services company that provides domestic and international tourism services, namely 7Summits Travel. 7Summits Travel is engaged with the service industry, especially in the field of tour and travel. Travel 7Summits companies must have a development strategy that can maintain the continuity and development of the company in the future, so that a plan for measuring all of the company's performances is carried out. To measuring the company's performances they use the Balanced Scorecard method which is used to determine whether the company has carried out its vision, its mission in appropriate or not appropriate way using the design of a strategy map as a proposed for an improvement in the company performance. The Balanced Scorecard measurement system analyzes four perspectives, which are, financial perspective, customer perspective, internal business perspective, and learning and growth perspective. Based on the results of data processing and analysis from four BSC perspectives, for financial perspectives based on profit margins and percentage of company revenue and company targets, the annual net income increases but the target of the company has not been achieved. For the customer perspective based on market share, customer retention and consumer acquisition, the company can retain old customers and increase new customers by adding travel package destinations while for growth and learning perspectives based on employee productivity, employee retention and employee satisfaction it is found that companies must add more employees and employees' welfare to increase company revenue and company targets.

Keywords: Tourism Travel Package, Balanced Scorecard, Strategy Map.

 

Abstrak. Dunia industri pariwisata di Indonesia telah tumbuh dan semakin berkembang dalam perjalanannya. Perkembangan ini tidak terlepas dari peranan keberhasilan pembangunan dibidang pariwisata salah satunya yaitu perjalanan wisata. Bisnis biro perjalanan wisata (travel agent) merupakan usaha yang sangat diminati dan sangat dibutuhkan oleh pengunjung atau wisatawan yang ingin berwisata. Untuk itu biro perjalanan wisata inilah yang akan membantu dalam merencanakan dan menyelenggarakan suatu perjalanan wisata yang dikemas menjadi sebuah paket wisata. Salah satu perusahaan jasa perjalanan wisata yang memberikan layanan wisata domestik maupun internasional yaitu 7Summits Travel. 7Summits Travel  bergerak di bidang industri jasa, tepatnya di bidang tour and travel. Perusahaan 7Summits Travel harus mempunyai strategi pengembangan yang dapat mempertahankan kesinambungan dan perkembangan perusahaan di masa mendatang, maka dilakukan suatu rencana pengukuran kinerja perusahaan secara menyeluruh. Untuk mengukur kinerja perusahaan menggunakan metode Balanced Scorecard yang digunakan untuk mengetahui apakah perusahaan sudah menjalankan visi, misinya yang sesuai atau belum sesuai dan menggunakan rancangan peta strategi sebagai usulan perbaikan kinerja perusahaan. Sistem pengukuran Balanced Scorecard menganalisa empat perspektif yaitu, perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif bisnis internal, serta perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Berdasarkan hasil pengolahan data dan analisis dari empat perspektif BSC, untuk perspektif keuangan berdasarkan prifit margin dan persentase pendapatan perusahaan dan target perusahaan mengalami kenaikan pendapatan bersih pertahun tetapi target perusahaan masih belum tercapai, untuk perspektif pelanggan berdasarkan pangsa pasar, retensi pelanggan dan akuisisi konsumen didapatkan bahwa perusahaan dapat mempertahankan pelanggan lama dan meningkatkan pelanggan baru dengan menambahkan destinasi paket perjalanan wisata sedangkan untuk perspektif pertumbuhan dan pembelajaran berdasarkan produktivitas karyawan, retensi karyawan dan kepuasan karyawan didapatkan bahwa perusahaan harus menambahkan jumlah karyawan dan kesejahteraan karyawan lebih diperhatikan agar dapat meningkatkan pendapatan perusahaan dan target perusahaan.

Kata kunci : Paket Peralanan Wisata, Balanced Scoorecard, Peta Strategi.


Keywords


Paket Peralanan Wisata, Balanced Scoorecard, Peta Strategi

Full Text:

PDF

References


Damardjati, R. (2001). Istilah-istilah Dunia Pariwisata. Jakarta: PT. Pradyna Pramitha.

Hasibuan, M. (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Ismayanti. (2010). Pengantar Pariwisata. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Junaedi. (2002, September 6). Jurnal Unpand. Dipetik November 30, 2017, dari Balanced Scorecard: Pengukuran Kinerja Pada Pemerintah Daerah: http://jurnal.unpand.ac.id/index.php /dinsain/article/download/52/49.

Jurnal Selasar. (2016, Februari 28). Wisata Syariah. Dipetik November 12, 2017, dari Transformasi Kebudayaan: http://jurnal.selasar.com/ekonomi/wisata-syariah-transformasikebudayaan-untuk-semua

Kaplan, R. S., David, P., & Norton. (2000). Balanced Scorecard: Menerapkan Strategi menjadi Aksi (terjemahan). Jakarta: Erlangga.

Kementerian Pariwisata. (2016, September 27). Pariwisata. Dipetik Desember 10, 2017, dari Kajian Pengembangan Pariwisata: http://www.kemenpar.go.id/userfiles/2015%20Kajian%20Pengembangan%20Wis ata%20Syariah.pdf

Meyer, W.M. dan Gupta, V.1994. “The Performance Paradoxâ€, Research in Organisational Behavior, Vol. 16, pp. 309-69.

Mulyadi. (2009). Balanced Scorecard: Alat Manajemen Kontemporer untuk Pelipat ganda Kinerja Keuangan Perusahaan (2 ed.). Jakarta: Salemba Empat.

PPID Kota Bandung. (2015, Februari 5). PPID. Dipetik Desember 25, 2017, dari Data Kunjungan Wisata yang datang ke Kota Bandung 2010-2015: https://ppid.bandung.go.id/knowledgebase/data-kunjungan-wisatawan-yang-datang-ke-kota-bandung-tahun-2010-2015/




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/ti.v0i0.12763

Flag Counter    Â