Hubungan antara Komunikasi Word Of Mouth (WOM) dengan Minat Mengunjungi Cafe Jus Kuphi Medan Part 10 Tamansari Bandung

Wina Puspita Sari, Nurrahmawati Nurrahmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara komunikasi Word of Mouth (WOM) dengan  minat mengunjungi cafe Jus Kuphi Medan Part 10. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode korelasional. Sumber data dalam penelitian ini termasuk dalam data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada konsumen yang mengunjungi café Jus Kuphi Medan Part 10 sebanyak 98 orang. Setelah data terkumpul kemudian dilakukan analisis dan uji hipotesis menggunakan korelasi ranks spearman dan koefisien determinansi.  Berdasarkan hasil pengujian statistik diketahui bahwa terdapat hubungan antara komunikasi Word of Mouth (WOM) dengan  minat mengunjungi cafe Jus Kuphi Medan Part 10 menunjukkan hasil yang positif. Word of Mouth (WOM) mempengaruhi minat mengunjungi sebesar 64,64% dan sisanya sebesar 35,6% dipengaruhi faktor lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa volume dan dispersion mempunyai hubungan yang positif terhadap sub variabel minat mengunjungi. Disarankan perusahaan hendaknya meningkatkan citranya melalui pelayanan yang baik dan memberikan kepuasan pelanggan, sehingga konsumen akan merekomendasikan kepada konsumen lain untuk berkunjung ke Cafe Jus Kuphi Medan Part 10. 


Keywords


Promosi, Word of Mouth dan Minat

References


Alma, Buchari. 2004. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta

Octaviantika Benazir Kumala, 2012. Pengaruh Word of Mouth Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Tune Hotels Kuta Bali. Fakulitas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Program Studi Ilmu Administrasi Niaga Depok.

Godes, David dan Dina Mayzlin. 2004. Using Online Conversations to Study Word of mouth communication. Marketing Science Vol 23 No 4.

Kotler dan Keller, 2007. Manajemen Pemasaran, Edisi 12, Jilid 1, PT.Indeks, Jakarta.

Kotler, P. 2003. Manajemen Pemasaran. Edisi ketujuh. Jakarta: Prenhallindo. Saidani, Basrah., dan Samsul Arifin. 2012. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Konsumen dan Minat Beli pada Ranch Market. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI), 3 (1): 1-22.

Schiffman, leon. And Kanuk, Leslie Lazar. 2004. Perilaku Konsumen (edisi ketujuh). PT. Indeks, Jakarta

Silverman, George, 2001. The Secrets of Word of Mouth Marketing: How to Trigger Exponential Sales Through Runaway Word of Mouth. New York: AMACOM

Stowe & Johnston, 2010 dalam Yermias J.I Leuhoe, , Alb. Joko Santoso, Eduard Rusdianto, 2013. Pengembangan e-kuliner Kota Kupang. Program PascaSarjana Jurusan Teknik Informatika, Universitas Atma Jaya Yogyakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.7412

Flag Counter   Â