Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Eiger Menggunakan Regresi Probit Biner

Erik Maulana Yusup, Siti Sunendiari

Abstract


Abstract. Many consumers buy Eiger products, the reason is because they are quality goods and use the best ingredients for their products. In addition, the service system applied to its employees is also very good and friendly, and the price of each item also varies. The packaging used for the product is also very good and quality. Promotions carried out by Eiger are always diverse and can attract customers. All of these factors are fundamental for every customer to consider his decision to buy an Eiger product. In this study, we want to see how consumer decisions on Eiger products, where consumer decisions consist of two categories, namely buying and not buying. The purpose of this study is to identify and model the factors that affect the Eiger product purchase decision using binary probit regression. The data used are primary data that has been done by distributing questionnaires to 308 people in Bandung. Based on data analysis and discussion, it can be seen that the factors that influence purchasing decisions are motivation, service, consumer attitudes, promotion and location. The classification accuracy is 90.26 percent and the Pseudo R2 McFadden value is 42.2 percent.

Keywords: Eiger, Purchasing Decisions, Pseudo R2 McFadden and Binary Probit Regression.

Abstrak. Banyak konsumen yang membeli produk Eiger, alasannya karena barangnya berkualitas dan menggunakan bahan-bahan terbaik untuk produknya. Selain itu, sistem pelayanan yang diterapkan pada karyawannya juga sangat baik dan ramah, dan harga setiap barangnya pun beragam. Dari packaging yang dipakai untuk produknya juga sangat baik dan bermutu. Promosi yang dilakukan Eiger selalu beragam dan dapat menarik pelanggan. Semua faktor-faktor tersebut merupakan hal yang mendasar untuk setiap pelanggan mempertimbangkan keputusannya untuk membeli produk Eiger. Pada penelitian ini ingin dilihat bagaimana keputusan konsumen pada produk Eiger, dimana keputusan konsumen terdiri dari dua kategori yaitu membeli dan tidak membeli. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui dan memodelkan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian produk Eiger dengan menggunakan regresi probit biner. Data yang digunakan adalah data primer yang telah dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 308 masyarakat Kota Bandung. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat diketahui bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian adalah motivasi, pelayanan, sikap konsumen, promosi dan lokasi. Ketepatan klasifikasi sebesar 90,26 persen dan nilai Pseudo R2 McFadden sebesar 42,2 persen.

Kata Kunci: Eiger, Keputusan Pembelian, Pseudo R2 McFadden dan Regresi Probit Biner.


Keywords


Eiger, Keputusan Pembelian, Pseudo R2 McFadden dan Regresi Probit Biner.

Full Text:

PDF

References


Aldrich, John H dan Nelson, Forrest D. 1984. Linear Probability, logit and Probit models. Californea: SAGE Publications.

Greene, W. H. (2008). Econometrics Analysis (6th ed.). New Jersey: Prentice Hall, Inc.

Hosmer, D. W., Lemeshow, S., & Sturdivant, X. R. (2013). Applied Logistic Regression (3rd ed.). New Jersey: John Wiley & Sons.

Johnson, R. A., & Wichern, D. W. (2007). Applied Multivariate Statistical Analysis (6th ed.). New Jersey: Prentice Hall, Inc.

Kotler, P. (2008). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Prenhallindo.

McFadden, D., & Lerman, S. R. (1981). Econometric Models of Probabilistic Choice, Structural Analysis of Discrete Data with Econometric Applications. Cambridge, MA: The MIT Press.

Ratnasari, V. (2012). Estimasi Parameter dan Uji Signifikansi Model Probit Bivariat. Disertasi Jurusan Statistika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Wahyudi, Handri Dian. (2005). Pengaruh Atribut Produk terhadap Keputusan Konsumen Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Jurnal Eksekutif, Volume 2, Nomor 3, Desember 2005.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.25709

Flag Counter     Â