Penggunaan Metode Discrete Choice Experiment dengan Desain Alternatif Full Factorial dan Desain Choice Sets Kombinatorial pada Sistem Informasi Akademik di Universitas Islam Bandung

Arka Isma Prawatya, Abdul Kudus

Abstract


Abstract. Academic information system is a system that processes academic data in an educational institution. The academic information system is also an indicator that supports the academic atmosphere at the university. Bandung Islamic University (Unisba) has an academic information system (Siakad), Unisba must know the preferences of student preferences for the services they need. Based on this information, the problem in this study is formulated as follows: (1 What kind of academic information system is in demand by students at the Islamic University of Bandung using the DCE method? (2) What demographic factors affect respondents' interest in choosing each alternative? Researchers use the method Discrete Choice Experiment using aalternative design full factorial and adesign choice set combinatorial. The population chosen in this study were students of the Islamic University of Bandung. The results of this study were: (1) Academic information systems that students are interested in are self-operation, information content. complete and color appearance is not striking. (2) Demographic variables that affect the alternative choices are found in alternatives 1,2,3 and 4, for alternatives 5,6,7 and 8 there are no demographic variables that affect the choice of alternatives.

Keywords: DCE, Full Factorial, Academic Information System.

 

Abstrak. Sistem informasi akademik adalah suatu sistem yang mengolah data akademik pada suatu instansi pendidikan. Sistem informasi akademik juga merupakan salah satu indikator yang mendukung suasana akademis di universitas. Universitas Islam Bandung (Unisba) memiliki sistem informasi akademik (siakad), Unisba harus mengetahui preferensi preferensi mahasiswa terhadap pelayanan yang mereka butuhkan. Berdasarkan informasi tersebut, maka permasalahan dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: (1 Sistem infomasi akademik yang seperti apa yang diminati mahasisawa Universitas Islam Bandung menggunakan metode DCE? (2) Faktor demografi apa saja yang mempengaruhi ketertarikan responden dalam memilih setiap alternatif? Peneliti menggunakan metode Discrete Choice Experiment dengan menggunakan desain alternatif full factorial dan desain choice set kombinatorial. Populasi yang dipilih dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Universitas Islam Bandung. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Sistem informasi akademik yang diminati mahasiswa yaitu pengoperasian dapat dilakukan sendiri, konten informasi lengkap dan tampilan warna tidak mencolok. (2) Variabel demografi yang mempengaruhi pilihan alternatif terdapat dalam alternatif ke-1,2,3 dan 4, untuk alternatif ke-5,6,7 dan 8 tidak ada variabel demografi yang mempengaruhi piliham alternatif.

Kata Kunci: DCE, Full Factorial, Sistem Informasi Akademik.

 


Keywords


DCE, Full Factorial, Sistem Informasi Akademik.

References


Amarusu. (2013). Sistem Informasi Akademik Sekolah. Medan: Andi.

Angraini, Y. (2006). Penentuan Rancangan Optimum Pada CBC (Choice Based Conjoint). Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Collett, D. (2003). Modelling Binary Data. New York: Chapman&Hall/CRC.

Gurkut & Nat. (2016,2018). Student Information System Satisfaction in Higher Education Institutions. Department of Management Information Systems Cyprus International University, 113-117.

Hajarisman, N. (2009). Buku Ajar Analisis Data Kategorik. Bandung: Statistika Universitas Islam Bandung.

Hanan, Mark & Karp, Peter. (1991). How to Maximize Measure and Market your company's Ultimate Product. America Management Association.

Hosmer David W, Jr., Stanley Lemeshow., Rodney X. Sturdivant. (2013). Applied Logistic Regression. (Third Edition). New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Kurniawan, R., Budi Yuniarto. (2016). Analisis Regresi: Dasar dan Penerapannya dengan R Edisi Pertama. Jakarta: Kencana.

Li, William., Christopher J., Nachtsheim., Ke Wang., Robert Reul & Mark Albrecht (2017). Conjoint Analysis and Discrete Choice Experiments for Quality Improvement. Quality Technology, 74-99.

Margono. (2004). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Mossteller, F., Rourke, R.E.K., and Thomas, G.B. (Jr). (1998). Peluang Dengan Statistika Terapannya. (Edisi Kedua). Bandung: ITB Bandung.

Nugraha, J., Suryo Guritno., Sri Haryatmi Kartiko. (2006). Model Discrete Choice dan Regresi Logistik. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.

Peduzzi, P., J Concato., E Kemper., TR Holford., AR Feinstein. (1996). A Simulation Study Of The Number Of Events Per Variable in Logisik Regresion Analysis. Clinical Epidemiology.

Rahmi, W. S., Oktaroza, M. L., Halimatusadiah, E. (2014-2015). Perancangan Sistem Informasi Perwalian Berbasis Web di Unisba. Prosiding Akutansi , 337-343.

Rosalina, N. (2011). Analisis Peubah Respon Kontinu Non Negativ dengan Regresi Inverse Gaussian. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Ryan, Mandy., Karen Gerard., Mabel Amaya-Amaya. (2008). Using Discrete Choice Experiments to Value Health and Health Care. Netherland: Springer.

Santoso, S. (2007). Seri Solusi Bisnis Berbasis TI: Total Quality Management and. Elex Media Komputindo.

Sianturi, R. (2015). Interpretasi Kombinatorial Bilangan Euler. Sumatera Utara: Universitas Sumatera Utara.

Sultono, K. (2015). Analysis On Academic Information System Quality Toward User Satisfaction. Administrative Science and Organization, 122-129.

Sutabri, T. (2005). Diambil kembali dari Sistem Informasi Menurut Para Ahli: www.dosenpendidikan.co.id/sistem-informasi/#ftoc-heading-9

Walpole, Ronald E., and Raymond H Myers. (1995). Ilmu Peluang dan Statistika Untuk Insinyur dan Ilmuwan. (Edisi keempat). Bandung: Institut Teknologi Bandung




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.24595

Flag Counter     Â