Analisis Regresi Ridge Robust (RR) Untuk Mengatasi Masalah Multikolinearitas dan Pencilan Pada Data Proksimat di Muara Niru, Jelawatan, dan Enim

asti rahmatika, Suliadi Suliadi, Teti Sofia Yanti

Abstract


Metode Kuadrat Terkecil (MKT) merupakan salah satu metode penaksiran parameter regresi. Metode MKT mudah terpengaruh terhadap kehadiran pencilan dan terjadinya multikolinearitas. Metode ridge digunakan untuk mengatasi masalah multikolinearitas. Sedangkan metode robust digunakan untuk mengatasi masalah pencilan. Pada skripsi ini dilakukan penggabungan antara metode regresi ridge dan robust agar dapat menangani masalah multikolinearitas dan pencilan. Dalam skripsi ini akan diterapkan metode regresi ridge robust pada data proksimat. Dari hasil analisis yang telah dilakukan, dapat diambil kesimpulan bahwa metode regresi ridge robust LAV memiliki hasil yang lebih baik dibandingkan dengan regresi ridge robust LMS dan LTS dalam menangani masalah multikolinearitas.

Keywords


Regresi Metode Kuadrat Terkecil (MKT), Pencilan, Multikolinearitas, Regresi Ridge, Regresi Robust, Regresi Ridge Robust

References


Andrews, D. F., (1972). Robust Estimates of Location: Survey and Advances, Princeton University Press.

Chen, C. (2002). Robust regression and outlier detection with the ROBUSTREG procedure. Proceedings of the Twenty-seventh Annual SAS Users Group International Conference. Cary, NC: SAS Institute Inc.

Hoerl, A. E. and R. W. Kennard., (1970). Ridge Regression: Applications to Nonorthogonal Problems. Technometrics.

Holland, P. W., (1973). Weighted ridge regression: Combining ridge and robust regression methods. NBER Working Paper Series.

Lawrence, K. D. & Arthur, J. L. (1990). Robust Regression:Analysis and Application. New York: Marcel Dekker.

Myers, R. (1990). Classical and Modern Regression with Applications. Boston, MA: Duxburry.

Hajarisman, N. (2010). Analisis Regresi Lanjut. Program Studi Statistika Universitas Islam Bandung.

Rousseeuw, P.J. (1984). Least median of squares regression, Journal of the American Statistical Association.

Walpole, R.E & Raymond, H. (1995). Ilmu Peluang dan Statistika untuk Insinyur dan Ilmuwan. Terjemahan: Sembiring, R.K. Edisi 4. Jakarta: Gramedia Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.2183

Flag Counter     Â