STUDI DESKRIPTIF MENGENAI DERAJAT KESABARAN PADA MAHASISWA HIPMI UNIV TELKOM BANDUNG

RENI ANGGRAENI YUNITA, UMAR YUSUF

Abstract


Terdapat sejumlah mahasiswa di Universitas TELKOM yang cukup berhasil di bidang akademisnya dan juga dalam bidang wirausaha. Keberhasilan dalam menjalankan kedua bidang yang berbeda tersebut dibutuhkan suatu ketahanan mental yang mendukung, oleh karena itu saya tertarik untuk melakukan penelitian tentang seberapa besar derajat kesabaran sebagai Psychological Traitt’s untuk mencapai kesuksesan pada mereka dan aspek manakan yang paling memberikan kontribusi pada mereka.

Berdasarkan hal tersebut peneliti ingin mengetahui gambaran mengenai kesabaran pada mahasiswa pengusaha yang tergabung dalam HIPMI Univ TELKOM dalam menjalankan perannya sebagai mahasiswa dan pengusaha. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan jumlah subjek penelitian 30 orang mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan alat ukur Kesabaran yang dikembangkan oleh peneliti berdasarkan teori Kesabaran dari Umar Yusuf. Berdasarkan hasil penelitian terhadap validitas melalui uji Rank Spearman diperoleh hasil sebanyak 68 item valid serta memiliki nilai reliabilitas sebesar 0,977.

Hasil penelitian yang di dapat adalah bahwa 80% subjek penelitian memiliki kesabaran yang tinggi. Selain itu, dari hasil penelitian diperoleh gambaran 77% subjek penelitian memiliki keteguhan tinggi, 83% subjek penelitian memiliki ketabahan tinggi dan 70% subjek penelitian memiliki ketekunan tinggi. Kontribusi aspek kesabaran terhadap kesabaran pada subjek penelitian menujukkan 95,5% pada aspek teguh.


Keywords


HIPMI Univ TELKOM Bandung , Kesabaran, Kesuksesan

References


Sumber Buku:

Al-Jauziah. Ibnu Qayyim. (2010). Sabar & Syukur, Menguak Rahasia di Balik Keutamaan Sabar & Syukur. Semarang : Pustaka Nuun.

Alwisol. (2009). Psikologi Kepribadian. Malang : UMM Press.

Amiruddin, Aam. (2012). Al-Qur’an Al-Mu’asir, Terjemah Kontemporer. Bandung : Khazanah Intelektual.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Fakultas Psikologi Universitas Islam bandung. 2014. Metode Penelitian III Dan Skripsi. Bandung : Fakultas Psikologi Unisba.

Halimi, Agus. (2010). Sabar Dalam Al-Qur’an: Sebuah Peta Konsep. Kumpulan Bahan Kuliah Kapita Selekta Perilaku Islami Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung.

Kamil, Parihat. (2010). Sabar Dalam Al-Qur’an: Sebuah Peta Konsep. Kumpulan Bahan Kuliah Kapita Selekta Perilaku Islami Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung.

Noor, Hasanudin. (2009). Psikometri, Aplikasi Dalam Penyusunan Instrumen Pengukuran Perilaku. Bandung : Fakultas Psikologi UNISBA.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

W. Sarwono, Sarlito. (2003). Psikologi Remaja. Depok : PT. Rajawali Press.

________________ . (2003). Teori-Teori Psikologi Sosial. Depok : PT. Rajawali Press.

Yusuf, Umar. (2010). Sabar (Konsep, Proposisi, Dan Hasil Penelitian). Bandung : Fakultas Pskologi Unisba.

Jurnal:

Subandi, Desember 2011. Sabar Sebuah Konsep Psikologi. Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada. Vol. 38, No. 2.

Skripsi:

Ella Almeria. (2012). Studi deskriptif mengenai derajat kesabaran pada ibu yang memiliki anak cereebal palsy di SLB-D YPAC Bandung. Bandung: Fakultas Psikologi Unisba.

Anggara Respati. (2011). Hubungan antara derajat kesabaran dalam kegiatan belajar dengan prestasi akademik pada siswa angkatan 2009-2010 sekolah bertaraf Internasional di SMPN 2 Bandung. Bandung: Fakultas Psikologi Unisba.

Internet:

http://www.infobdg.com/v2/hipmi-pt-im-telkom-menciptakan-mahasiswa-yang-bisa-menghasilkan-lapangan-pekerjaan/ Diunduh pada 10 Oktober 2014

http://www.bukitazzikrasentul.com/Hikmah/sabar.htm diunduh pada 10 November 2014.

http://ekonomi.kompasiana.com/wirausaha/2011/04/20/ketika-mahasiswa-harus-berwirausaha-358169.html diunduh pada 13 November 2014.

http://ekonomi.kompasiana.com/wirausaha/2012/11/16/jadi-pengusaha-itu-harus-sabar-503683.html diunduh pada 15 November 2014.

http://rumahbelajarpsikologi.com/index.php/kepribadian-mainmenu-61 diunduh pada 18 Februari 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.985

Flag Counter