HUBUNGAN SIKAP TERHADAP CARA MENGAJAR GURU DENGAN PENYESUAIAN SOSIAL DI SEKOLA SISWA SMALB WYATA GUNA BANDUNG

DIMAS ITNA HARYO TETUKO, OKI MARDIAWAN

Abstract


Sikap Terhadap Cara Mengajar Guru dengan Penyesuaian Sosial di Sekolah siswa SMALB Wyata Guna Bandung. Siswa SMALB Wyata Guna memiliki pandangan-pandangan atas cara mengajar guru yang ada. Siswa merasa kesal kepada guru yang tidak konsisten dalam menerapkan peraturan. Sebagai reaksi terhadap cara mengajar guru tersebut, siswa menunjukkan perilaku-perilaku yang dianggap guru menyimpang seperti siswa kerap membolos dan tidak masuk pada jam mata pelajaran tertentu. Dengan sikap tersebut siswa menunjukkan penyesuaian  sosial yang buruk di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh bukti empiris mengenai hubungan sikap terhadap cara mengajar guru dengan penyesuaian sosial di sekolah pada Siswa SMALB Wyata Guna Bandung. Metode yang digunakan adalah korelasional dengan jumlah subjek 21 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan skala Sikap Terhadap Cara Mengajar Guru dengan Penyesuaian Sosial di Sekolah dan hasilnya diolah menggunakan teknik Korelasi Rank Spearman. Berdasarkan hasil perhitungan di dapat  rs = 0.582, ini memberikan pengertian bahwa Sikap Terhadap Cara Mengajar Guru memiliki hubungan yang positif dengan Penyesuaian Sosial di Sekolah, sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin negatif sikap terhadap cara mengajar guru maka semakin buruk penyesuaian sosial di sekolah.


Keywords


Sikap, Cara Mengajar Guru, Penyesuaian Sosial, SMALB.

References


Agustiani, Hendriati. (2006). Psikologi Perkembangan. Pendekatan Ekologi

Kaitannya dengan Konsep Diri dan Penyesuain Diri Pada Remaja. Bandung:

PT. Refika Aditama.

Andriani Purwastuti. dkk. (2002). Pendidikan Pancasila. Yogyakarta: UNY press.

Arikunto, Suharsimi. (2002). Metodelogi penelitian. Yogyakarta: BinaAksara.

Aziz Alimul Hidayat, A. (2007). Metode Penelitian Keperawatan Teknik Analisis

Data. Jakarta : Salemba Medika.hidayat

Azwar, Syaifuddin. (1999). Dasar-dasar Psikometri. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Bandung, slbna. (2013). Sejarah Singkat SLBNA Wyata Guna Bandung.

Diambil dari http://slbnabandung.sch.id.

Crano, W. D,. Prislin, R. (2006). Attitudes and Attitude Change, Psychology

Press : New York.

Daniel P. Hallahan, James M. Kauffman & Paige C. Pullen. (2009). Exceptional

Learner An Introduction to Special Education. United States of America:

PEARSON.

Hurlock, Elizabeth B. (2009). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan

Sepanjang Rentang Kehidupan (terjemahan Istiwidayati dan Soejarwo).

Jakarta: Erlangga.

H. T. Eldo. (2013). “Tunanetra: Dengan Telinga Aku Mengerti Dunia, Dengan

Jari Aku Berkaryaâ€. Diambil dari http://www.academia.edu/4344527/ Tunanetra_Dengan_Telinga_Aku_Mengerti_Dunia_Dengan_Jari_Aku_

Berkarya.

Juang Sunanto. (2005). “Mengembangkan Potensi Anak Berkelainan Penglihatanâ€. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Kosasih, E. (2012). “Cara Bijak Memahami Anak Berkebutuhan Khususâ€. Bandung : Yrama Widya.

Merdeka. (2012).Jumlah tunanetra di Indonesia setara dengan penduduk Singapura. Diambil dari http://www.merdeka.com/peristiwa/jumlah-tunanetra-di-indonesia-setara-dengan-penduduk-singapura.html.

Putri. (2014). “Keunikan Mataâ€. Diambil dari http://www.polimoli.com/a/nih-keunikan-mata-sobat-polimoli-part-1.

Santrock, J. W. (2008). Psikologi Pendidikan, Edisi Kedua. Jakarta:Kencana.

Schneiders, A.A. (1964). Personal Adjusment and Mental Healt. New York : Holt Rineheart & Winston.

Siegel, Sidney. 1997. Statistik Nonparametrik. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Siswoyo, Dwi, dkk. 2007. Ilmu Pendidikan. UNY Press. Yogyakarta.

Slameto. (1998). Belajar dan Factor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta:

Bima Aksara.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D,

Bandung : CV Alfabeta.

Suryabrata, Sumadi. 2003. Metodologi Penelitian, Jakarta : PT.Raja

Grafindo.

Syiful Bahri Djamarah. (1997). Guru dan anak didik dalam interaksi edukatif.

Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Yusuf, Syamsu L.N. (2000) . Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja.

Bandung : Remaja Rosdakarya




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.982

Flag Counter