Pengaruh Kepuasan Kerja terhadap Disiplin Kerja Pada Pramugari Maskapai “Xâ€
Abstract
Abstract. The flight attendant "X" is the main gate of the airline's service. But the phenomenon that occurs where there is a distance between the desired expectations of the flight attendant to what the reality received by the flight attendant, in the absence of regular supervision from superiors, relationships with colleagues who are not good, the process of liquefying insurance is difficult and there is no chance to opportunities for achievement. It affects the behavior of work discipline. This research uses causality method with multiple linier regression test analysis to find the proportion of influence of job satisfaction to work discipline. The subjects were 261 flight attendants. Measurements are based on Locke's theory of discrepancy theory and the work discipline theory of Lateiner & Levine. Work satisfaction scale, obtained 47 items valid with the reliability coefficient 0.789. On the discipline scale there are 27 valid items with a coefficient of 0.829. The result shows the determination of coefficient (Adjusted R Square) is equal to 0,602 meaning that together aspect of job satisfaction have proportion of influence to work discipline is 60,2% while the rest equal to 39,8%  influenced by other variable not examined in this research. Then the partial aspect of compensation is the most significant aspect effect on the formation of work discipline with the value of contribution coefficient of 2.151 and significant by 0.027.                Â
Keywords: Flight Attendant, Job Satisfaction Discrepancy Theory, Work Discipline
Â
Abstrak. Pramugari maskapai “X†merupakan gerbang utama pelayanan maskapai tersebut. Namun fenomena yang terjadi dimana terdapat jarak antara harapan yang diinginkan pramugari terhadap apa kenyataan yang diterima oleh pramugari, dalam hal tidak ada pengawasan secara berkala dari atasan, relasi dengan rekan kerja yang kurang baik, proses pencairan asuransi yang sulit serta tidak ada kesempatan untuk berprestasi di dalamnya. Hal tersebut berdampak pada perilaku disiplin kerja. Penelitian ini menggunakan metode kausalitas dengan teknik analisis uji regresi linier berganda untuk mencari proporsi pengaruh kepuasan kerja terhadap disiplin kerja. Subjek penelitian adalah 261 orang pramugari. Pengukuran dilakukan berdasarkan teori Locke mengenai discrepancy theory serta teori disiplin kerja dari Lateiner & Levine. Skala kepuasan kerja, diperoleh 47 item valid dengan koefisien realibilitas 0,789. Pada skala disiplin kerja terdapat 27 item valid dengan koefisien 0,829. Hasil menunjukan keofisien determinasi (Adjusted R Square) adalah sebesar 0,602 artinya secara bersama-sama aspek kepuasan kerja memiliki proporsi pengaruh terhadap disiplin kerja sebesar 60,2 % sedangkan sisanya sebesar 39,8 %% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak diteliti di penelitian ini. Kemudian secara parsial aspek kompensasi merupakan aspek paling signifikan berpengaruh pada terbentuknya disiplin kerja dengan nilai koefisien kontribusi sebesar 2,151 dan signifikan sebesar 0,027.
Kata kunci : Pramugari, Kepuasan Kerja Discrepancy Theory, Disiplin Kerja
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amriany, F. (2004). Iklim Organisasi yang Kondusif Meningkatkan Kedisiplinan Kerja. Jurnal Psikologi, 2, 179-193. Surabaya: Fakultas Psikologi Universitas surabaya.
Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta
Davis, Keith, et al. (1985). Human Behavior at work :Organizational Behavior. Edisi 7. New York : Mc. Graw Hill Book
Davis, Keith and Newstroom, Jhon,W. (2002). Organizational Behavior At Work. New York : Mc. Graw Hill Book
Djam’an Satori, dkk. (2007). Profesi Keguruan. Jakarta : Universitas Terbuka
Dwiputri, Dewanti Farah. (2017). Studi Deskriptif Kepuasan Kerja Pegawai Direktorat Sumber Daya Manusia PT. Pos Indonesia (persero) pusat (skripsi). Bandung : Universitas Islam Bandung
French, W. (1994). Human Resaurce Management. Boston : Houghton Mifflin Company
Hackman, J.R., & Oldham, G.R (1975). Development of the job diagnostic survey, Journal of Applied Psychology, 159-170
J. Ravianto. (1985). Produktivitas dan Manajemen. Yogyakarta : UGM Press
J. Supranto M. A. (2000). Statistik Teori dan Aplikasi Jilid 1. Jakarta : Erlangga
Jonathan, Sarwono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta : Graha Ilmu
Kamus Besar Bahasa Indonesia. (1998). Jakarta : Balai Pustaka
Kementerian Perhubungan Direktorat Jendral Perhubungan Udara. 2014. Peraturan Direktorat Jendral Perhubungan Udara Nomor SKEP/87/V/2014 Tentang Kelompok Pelayanan Jasa Angkutan Udara. Jakarta
Korman, Abraham K. (1970). Organizational Behavior. New Jersey : Prentice-Hill, Inc
Lateiner, A. R., & Levine, l. E. (1983). Teknik Memimpin Pegawai dan Pekerja. (Alih bahasa : Imam Sujono). Jakarta : Aksara Baru
Lawler, E.E. (1971). Pay and Organizational Effectiveness : A Psychological View. New York : Mc-Graw Hill
Locke, E.A, (1969), “The Natural and Causes of Job Satisfaction, Handbook of Industrial and Arganizational Psychologyâ€. Chicago : Rand Mc Nally
Malayu S.P. Hasibuan. (1994). Manajemen Sumber Daya Manusia (Dasar dan Kunci Keberhasilan). Jakarta : CV. Haji Masagung
Martono, H.K,. (2009). Hukum Penerbangan Berdasarkan UU RI No. 1 Tahun 2009 Bagian Pertama. Jakarta: CV. Mandar Maju
Nazir, Moch. (2003). Metode Penelitian. Jakarta : salemba empat
Noor, Hasanuddin. (2012). Psikometri: aplikasi dalam penyusunan instrumen pengukuran perilaku. Bandung : Jauhari Mandiri.
Oxford Advanced Learner’s Dictionary. (2005). Oxford: Oxford University Press
Porter, L.W. (1961). “A Study of Percieved Need Satisfactions in Bottom and Middle Management Jobs†Journal of Applied Psychology, February,1-10
Prasetyaningrum K.A & Nicholas (2016). Efikasi Diri dan Kecerdasan Emosional dengan Perilaku Kewargaan Organisasi pada Pramugari Pramugara Maskapai X. Universitas Udayana. Bali.
Robbins, Stephen P. (2007). Perilaku Organisasi. (Alih bahasa : Drs. Benyamin Molan). Jakarta : Salemba empat pengukuran perilaku. Bandung: Jauhar Mandiri.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. Bandung: PT. Alfabet
Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra, (2012). Pemasaran Strategik. Yogyakarta: ANDI
Werther, William B & Keith Davis. (1996). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Jakarta : Erlangga
Wexley, Kenneth N., Yukl, Gary A. (1977). Perilaku Organisasi dan Psikologi Personalia. Jakarta: Rineka Cipta
Wirasaputra, Vina Dwiputri. 2015. Studi deskriptif mengenai kepuasan kerja karyawan bagian access and service operation kantor witel jabar tengah pt. Telekomunikasi indonesia (Skripsi). Bandung: Universitas Islam Bandung
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.9169
  Â