Studi Deskriptif Efikasi Diri terhadap SKS Nonakademik pada Mahasiswa Psikologi Angkatan 2015 Universitas Islam Bandung

Hani juwaningsih, Ali Mubarak

Abstract


Abstract. Hani Juwaningsih 10050012068 Descriptive Study of self efficacy against non-academic credits in force in 2015 psychology students Bandung Islamic University. Based on prior research includes a disclaimer that students who attend academic and non academic activities can’t manage the time for studying which resulted in decreased student GPA. The Faculty of Psychology Unisba requires students to participate the activities of Non-Academic as one of the requirements of students for the final exam. Student of class 2015 is now a 5th semester student who has a solid learning activities with their lab work and other tasks. although students have a lot of activity but not decreased GPA student and non academic credits also exceeded credits in charge. The purpose of this study to determine the empirical data on the relationship between attitude and self efficacy against non-academic credits. The method in this research is a correlation study. The samples in this study is based on a formula set by Slovin and bring about 63 research sample. Retrieving data using the measuring instrument derived from the aspect of self-efficacy by Bandura (2001). Validity test of using the Spearman rank that shows 39 item and 10 item invalid statement for self-efficacy aspect. Reliability testing using statistical tests Cronbach alpha coefficient efficacy variables were declared themselves declare a coefficient of 0.890.

Keywords: self-efficacy, SKS Non-Academic

 

Abstrak. Hani Juwaningsih 10050012068 Studi Deskriptif efikasi diri terhadap SKS Non akademik pada mahasiswa psikologi angkatan 2015 Universitas Islam Bandung. Berdasarkan penelitian sebelum terdapat pernyataan bahwa mahasiswa yang mengikuti kegiatan akademik dan non akademik tidak dapat mengatur waktu dalam belajar yang mengakibatkan IPK mahasiswa menurun. di fakultas Psikologi Unisba mewajibkan mahasiswanya untuk mengikuti kegiatan Nonakademik sebagai salah satu syarat mahasiswa untuk sidang. Angkatan 2015 saat ini merupakan mahasiswa semester 5 yang memiliki kegiatan perkuliahan yang padat dengan adanya praktikum dan tugas-tugas lainnya. walaupun mahasiswa memiliki banyak kegiatan namun IPK mahasiswa tidak menurun dan SKS Non akademik pun melebihi SKS yang di tetapkan. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui data empirik mengenai hubungan antara sikap dengan efikasi diri terhadap SKS Non akademik. Metode dalam penelitian ini adalah Studi korelasi. Sampel dalam penelitian ini di tetapkan berdasarkan rumus menurut Slovin dan menghasil sampel penelitian 63 mahasiswa. Pengambilan data menggunakan alat ukur yang diturunkan dari aspek efikasi diri menurut Bandura(2001). Uji validitas menggunakan Rank Spearman yang menunjukan 39 item pernyataan valid 10 item pernyataan tidan valid untuk aspek efikasi diri. Uji reliabilitas menggunakan uji statistik Cronbach alpha yang menyatakan koefisien variabel efikasi diri menyatakan koefisien sebesar 0,890.

Kata kunci : Efikasi diri, SKS Non Akademik 


Keywords


Efikasi diri, SKS Non Akademik

Full Text:

PDF

References


Aminudin. 2016. hubungan antara pengetahuan dan sikap dengan perilaku konsumsi jajanan sehat di mi sulaimaniyah mojoagung jombang.

Anindhitia. 2012. pengaruh keaktifan dalam organisasi BEM dan himpunan mahasiswa jurusan dengan kecerdasan emosional dan prestasi belajar. Universitas sebelas maret

Azwar, S. (2013). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bandura, A. (1997). Self-Efficacy The Exercise of Control New York: W.H Freeman and Company.

Gayatri. 2010. “Sikap dan Ekspektasi Mahasiswa non Kependidikan program profesi keguruan ikip pgri semarang terhadap profesi guruâ€. UNNES

Markelina. 2015. berjudul Hubungan antara Self-Efficacy denga sikap terhadap perilaku menyontek pada siswa SMK Negeri 1 salatiga

Noor. H. (2009). Psikometri, Aplikasi dalam penyusunan instrument pengukuran dengn tingkah laku. Bandung. Jauhar Mandiri

Nurlaelia. 2015. Penyebab kegagalan nilai IPK mahasiswa penerima bantuan bidikmisi UIN sunan kalijaga Yogyakarta periode 2011-2013. UIN sunan kalijaga Yogyakarta

Pendidikan definisi (UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pasal 1)

Perguruan tinggi (UU 2 tahun 1989, pasal 16, ayat (1))

Putra.Surya. 2017.“Hubungan antara sikap terhadap sistem poin dan motivasi berprestasi pada teknisi cv sejahtera mandiriâ€. Fakultas Psikologi. Universitas Sanata Dharma

Sandro Gatra. 2014, “Presiden SBY: Pendidikan Bukan Sekadar Mengirim Anak ke Sekolahâ€. http://www.kompasiana.com

Sugiyono (2012) metode penelitian kuantitatif kualitatif &RND. Bandung. Alfabeta

UU disdiknas pendidikan untuk mengembangkan potensi

Surya. 2017. hubungan antara sikap terhadap sistem poin dan motivasi berprestasi pada teknisi cv sejahtera mandiri.

Undang-Undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (UU Disdiknas). Dalam pasal 3 UU Disdiknas




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.9154

Flag Counter    Â