Studi Deskriptif Mengenai Kepuasan Kerja pada Karyawan Bagian Produksi Divisi Komponen dan Perakitan PT. Dirgantara Indonesia

Ayu Ghoniyya Nabillah, Ali Mubarak

Abstract


Abstract. The production section is one of the most important parts in the company engaged in aircraft maker industry. Therefore, PT. Indonesian Aerospace seeks to provide several welfare facilities including Regional Miminimum Wage, bonus allowance, meals, holiday allowance, then employees are also given the opportunity to grow in training. This tesebut aims to improve job satisfaction of its employees so that the achievement targer can be fulfilled. Facts obtained in the field based on interviews to some employees, that facilities, superiors, and colleagues they have not enough to make them happy to work in the company. Some employees want more facilities that can be provided by the company. This research is a descriptive research conducted to employees of component and assembly divii totaling 80 people. The results of data processing obtained 7 (8.75%) employees have high job satisfaction and 73 (91.25%) employees have low job satisfaction. Based on the data processing obtained, in the category of low job satisfaction there is the highest aspect of the work itself 97.5% and 97.5% krja colleagues. Meanwhile, in the category of high job satisfaction is in the aspect of opportunity to grow 98.75% and compensation 98.75%.

Keywords : Job Satisfaction, Production, Components and Assemblies

 

Abstrak. Bagian produksi merupakan salah satu bagian terpenting pada perusahaan yang bergerak dibidang industri pembuat pesawat terbang. Oleh karena itu, PT. Dirgantara Indonesia berupaya untuk memberikan beberapa fasilitas kesejahretaraan diantaranya UMR, tunjangan bonus, makan, THR, kemudian karyawan juga diberi kesempatan untuk berkembangdalam mengikuti pelatihannya. Hal tesebut bertujuan untuk meningkatkan kepuasan kerja para karyawannya agar targer pencapaian dapat terpenuhi. Fakta yang didapat dilapangan berdasarkan hasil wawancara kepada beberapa karyawan, bahwa fasilitas, atasan, dan rekan kerja mereka belum cukup membuat mereka puas bekerja di perusahaan tersebut. Beberapa karyawan menginginkan fasilitas yang lebih lagi yang dapat diberikan oleh perusahaan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang dilakukan kepada karyawan divii komponen dan perakitan yang seluruhnya berjumlah 80 orang. Hasil pengolahan data didapatkan 7 (8,75%) karyawan memiliki kepuasan kerja yang tinggi dan 73 (91,25%) karyawan memiliki kepuasan kerja yang rendah. Berdasarkan pengolahan data yang didapat, pada kategori kepuasan kerja rendah terdapat aspek paling tinggi yaitu pekerjaan itu sendiri 97,5% dan rekan krja 97,5%. Sedangkan, pada kategori kepuasan kerja tinggi terdapat pada aspek kesempatan untuk berkembang 98,75% dan kompensasi 98,75%.

Kata Kunci : Kepuasan Kerja, Produksi, Komponen dan Perakitan


Keywords


Kepuasan Kerja, Produksi, Komponen dan Perakitan

Full Text:

PDF

References


Hardiyanti, Ajeng Siti. (2017). Studi Deskriptif Motivasi Berprestasi Perawat Instalasi Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Hermina Arcamanik. Bandung: Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung.

Noor, Hasanuddin. (2012). Psikometri: Aplikasi Dalam Penyusunan Instrumen Pengukuran Perilaku. Bandung: Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung.

Porter, L. W, (1961). A Study of Perceived Need Satisfaction In Bottom And Middle Management Job. New York: International Text Book Company.

Robbins, Stephen P. (2007). Perilaku Organisasi. Edisi Keduabelas. Jakarta : Salemba Empat.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wexley, K. N., Yukl, G.A, (1977). Organizational Behavior and Personal Psychology,. Homewood : Richaed D. Irwin Inc., Inc.

Wibowo, Sugiharto. (2017). Studi Deskriptif Mengenai Derajat Kepuasan Kerja Karyawan Bagian Produksi Pada Perusahaan X di Kota Bandung. Bandung. Universitas Kristen Maranatha

Wirasaputra, Vina Dwiputri. (2015). Studi Deskriptif Mengenai Kepuasan Kerja Karyawan Bagian Access and Service Operation Kantor Witel Jabar Tengah PT Telekomunikasi Indonesia. Bandung : Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.9072

Flag Counter    Â