STUDI DESKRIPTIF TENTANG PROFIL KEPRIBADIAN BIG FIVE DAN COLLECTING BEHAVIOUR PADA KOLEKTOR PIRINGAN HITAM

Destianty Arista, Eni N Nugrahawati Dra,. M.Pd

Abstract


Abstrak: Kegiatan mendengarkan musik merupakan salah satu rekreasi dalam kehidupan manusia. Musik dapat didengarkan melalu media pemutar yang berkembang dari zaman ke zaman. Salah satu media pemutar alat musik yang tertua adalah piringan hitam, dan masih banyak orang yang tertarik untuk menggunakan media tersebut dibandingkan media lainnya yang lebih canggih. Piringan hitam sudah jarang  diproduksi, sehingga harga piringan hitam tersebut melonjak tinggi dan hanya orang-orang tertentu saja yang dapat mengoleksinya. Berdasarkan perilaku-perilaku yang ditampilkan, kolektor memiliki kekhasan yang merupakan gambaran dari kepribadian kolektor piringan hitam. Seperti memiliki ikatan emosional dengan koleksinya, memiliki kegigihan dalam memburu koleksi dan ketekunan dalam merawat, merupakan aktivitas yang menimbulkan kecemasan akan kerusakan koleksi dan kehilangan koleksi yang dianggap tidak ada lagi benda yang sama. Perilaku-perilaku tersebut diasumsikan sesuai dengan lima faktor yang ada pada teori Five Factor’s Model of Personality Costa & McRae.Penelitian ini juga melihat bagaimana collecting behaviour pada kolektor piringan hitam menggunakan teori McIntosh and Schmeichel. Subjek penelitian ini adalah kolektor piringan hitam yang  berusia 30-39 tahun dengan status sosial menengah. Kolektor status sosial menengah menghabiskan banyak biaya untuk melengkapi koleksinya sehingga banyak kebutuhan utama yang dikesampingkan. Mereka Bahkan harus berhutang untuk dapat membeli koleksi. Setelah dilakukan analisis faktor dengan menggunakan kuesioner International Item Pool Representation (IPIP-NEO) yang disusun oleh Goldberg, diketahui tipe yang paling banyak muncul pada kolektor piringan hitam adalah trait extraversion tinggi, agreeblenees tinggi, Counscientiousness tinggi, Neuroticsm rendah, dan Openess to experience tinggi (O↑C↑E↑A↑N↓). Selain itu didapatkan tipe collecting behaviour pada kolektor piringan hitam yaitu tipe passionate tinggi, inquisitive rendah, hobby tinggi dan expressive tinggi (P↑I↓H↑E↑).

Kata Kunci: Big Five Personality, collecting behaviour, Kolektor Vinyl.

Keywords


Big Five Personality, collecting behaviour, Kolektor Vinyl.

References


Belk. Russell.W. 1994. Collecting as Luxury Consumption: Effects on Individuals and Households. Journal of Economic Psychology, 16(1995). 477-490.

Goldberg, L. R. 1999. A broad-bandwidth, public-domain, personality inventory measuring the lower-level facets of several five-factor models. In I. Mervielde, I. J. Deary, F. De Fruyt, and F. Ostendorf (Eds.), Personality psychology in Europe (Vol. 7, pp. 7–28).

McCrae, R. R., & Costa, P. T. Jr., (2004). A contemplated revision of the NEO Five-Factor Inventory. Personality and Individual Differences, 36, 587–596.

McIntosh, W. D., & Schmeichel, B. 2004. Collectors and Collecting: A Social Psychological Perspective. Leisure Sciences, 26(1), 85–97.

Miller, Hugh M. TanpaTahun. Pengantar Apresiasi Musik (Introduction to Music a Guide to Good Listening). Terjemahan dari Bahasa Inggris oleh Triyono Bramantyo PS.

Muensterberger, W. 1994. Collecting, an unruly passion. Psychological perspectives. Princeton University Press, Princeton.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.905

Flag Counter    Â